Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Penyakit kuning di kalangan bayi yang baru lahir

Posted by Ummu Kautsar pada 13 Februari 2008

Pernyataan:
Lembar fakta ini adalah bagi tujuan pendidikan saja. Silakan bertanya kepada dokter
Anda atau ahli kesehatan lain untuk memastikan agar informasi ini benar bagi anak Anda.
Penyakit kuning di kalangan bayi yang baru lahir merupakan warna kuning pada kulit dan
putih mata. Penyakit kuning yang kelihatan dialami oleh sepertiga sampai separuh dari
bayi normal yang baru lahir. Hal ini biasanya tidak menimbulkan masalah dan pada
umumnya semakin pudar menjelang akhir minggu pertama setelah lahir. Jika penyakit
kuning tidak pudar setelah seminggu, atau masih ada setelah dua minggu, silakan
hubungi dokter Anda atau hospital setempat.
Apakah penyebab warna kuning?
Dalam tubuh manusia, darah yang baru sedang dihasilkan sepanjang waktu dan darah
yang lama sedang dimusnahkan. Salah satu produk darah yang dimusnahkan dikenal sebagai
bilirubin. Biasanya bilirubin masuk ke hati dan kemudian meninggalkan tubuh dalam
bentuk tinja. Selama beberapa hari pertama setelah lahir, hati bayi tidak berfungsi dengan
sama baik dibandingkan waktu kelak, jadi cenderung terjadi longgokan bilirubin dalam darah.
Ini mengakibatkan warna kuning pada kulit dan putih mata.
Apakah penyakit kuning berbahaya?
Jika jumlah bilirubin meningkat terlalu tinggi bayi mungkin mengantuk. Tingkat bilirubin
yang sangat tinggi dapat mengakibatkan masalah pendengaran dan kerusakan otak. Di
rumah sakit, diperhatikan agar tingkat bilirubin tidak terlalu tinggi. Penyakit kuning juga
mungkin disebabkan oleh penyakit hati. Oleh karena ini, penting agar Anda menghubungi
dokter setempat. Salah satu tanda penyakit hati adalah warna tinja bayi yang pucat dan
bukannya kuning tua.
Bayi mana yang lebih sering menderita penyakit kuning?
Bayi yang mungkin lebih sering menderita penyakit kuning termasuk:
• bayi yang prematur
• bayi yang terkena infeksi
• bayi Rhesus atau RH babies – bayi yang mempunyai golongan darah yang berlainan
dengan ibunya. Disebabkan hal ini, suatu reaksi terjadi di mana sel darah
bayi dimusnahkan dengan lebih cepat.
Mengukur berapa parah penyakit kuning yang diderita bayi
Sejenis tes darah memeriksa tingkat bilirubin. Beberapa rumah sakit juga menggunakan
alat yang diletakkan pada kulit sebagai tes pemeriksaan untuk membantu dalam menentukan
apakah tes darah diperlukan. Staf rumah sakit akan melakukan tes darah jika:
• ada faktor risiko seperti prematuritas
• penyakit kuning ditemui dalam beberapa hari pertama hidup bayi
Jaundice in newborn babies
Perawatan
Cukup minum adalah penting sekali untuk bayi yang baru lahir. Penyakit kuning sering lebih
parah karena sedikit dehidrasi. Penyakit kuning yang kurang parah pada minggu pertama
tidak memerlukan perawatan kecuali minuman. Penyakit kuning yang sedang
dirawat dengan meletakkan bayi telanjang (dengan masker perlindungan untuk menutup
mata) di bawah lampu cerah atau cahaya yang berwarna biru. Ini dikenal sebagai
fototerapi.
Cahaya memecahkan bilirubin dalam kulit dan menjadikan penyakit kuning semakin pudar.
Perawatan cahaya ini mungkin mengakibatkan bayi membuang tinja yang cair. Hal ini
ditangani dengan meningkatkan jumlah minuman. Terkena cahaya matahari tanpa perhatian
mungkin berbahaya dan mengakibatkan kulit terbakar. Dengan penyakit kuning
yang parah, bayi mungkin perlu menjalani transfusi darah khusus di mana darah bayi diganti
(ditukar) dengan darah yang bersih untuk membuang bilirubin dari tubuh.
Apakah ada masalah jangka panjang dari penyakit kuning?
Biasanya tidak ada masalah jangka panjang setelah bayi menderita penyakit kuning. Bayi
yang menderita penyakit kuning yang parah harus diperiksa pendengarannya secara berkala.
Hal ini sebaiknya dibicarakan dengan dokter Anda atau perawat anak kecil.
Sekarang ini kerusakan otak akibat penyakit kuning yang parah jarang sekali ditemui
karena tingkat penyakit kuning dipantau dengan teliti pada beberapa hari pertama kehidupan
di rumah sakit atau di rumah dengan program di mana bayi pulang ke rumah secara
dini.
Ingatlah:
• Jika penyakit kuning tidak mulai pudar setelah seminggu, atau berkelanjutan setelah
dua minggu, silakan hubungi dokter Anda atau rumah sakit setempat.
• Penyakit kuning mungkin disebabkan oleh faktor lain seperti penyakit hati. Oleh
karena ini, penting agar Anda menghubungi dokter setempat, jika penyakit kuning
tidak pudar.

36 Tanggapan to “Penyakit kuning di kalangan bayi yang baru lahir”

  1. hady soemarno said

    thanks informasinya ya, itu akan sangat membantu buat orang yang baru memiliki buah hati seperti saya,…

  2. Beni said

    Assalamualaikum wr wb
    Trimakasih atas info nya. Ada pertanyaan tambahan buat sdr. penulis..istri saya baru melahirkan 3 hari yg lalu, tp sampai saat ini air susu ibu (ASI) masih blm juga keluar,(keluar hanya 0.00001%). Sampai membuat seluruh muka anak kami menjadi kuning. Saya bingung, karena ini anak pertama kami. tolong pencerahan nya..Sebelum nya saya ucapkan trimakasih banyak.
    Wassalam

    Wa’alaikumus salam wa rahmatullah
    tentang asi sedikit, barangkali dulu waktu hamil jarang BREAST CARE (pijat payudara)? atau emang kurang makanan hijau/buah-buahan? bisa juga kalau emang semua itu telah dilakukan, namun juga keluar asi, maka bisa juga dengan cara di sedot asi, insya Allah di bidan ada alatnya, BELI!. untuk penyakit kuning coba liat artikel-atikel terkait tentang penyakit kuning. atau download kumpulan artikel kesehatan di blog ini. terimakasih.

  3. HARTONO said

    Assalamu’alaikum….
    Infonya sangat bermanfaat sekali bagi kami yang baru pertama kali memiliki putra yang sekarang sedang di rawat di rumah sakit karena penyakit kuning. Kami cemas, apakah penyakit kuning itu di sebabkan juga karena proses kelahiran anak pertama kami dengan menggunakan bantuan alat yang bernama Vakum (kata dokter) atau istilah orang awam dengan kop seperti alat bantu untuk mengeluarkan bayi..? untuk sementara sekian dulu dan terimakasih atas info dan jawabannya. Sukron katsir.
    Wassalamu’alaikum….

    SALAM DARI:
    KELUARGA SUHARTONO MAHARDIQTA

    MOHON DO’A UNTUK KESEMBUHAN PUTRA PERTAMA KAMI (HADIRUZAIN MAHARDIQTA). MUDAH-MUDAHAN CEPAT SEMBUH, SEHAT JASMANI DAN ROHANI SERTA MEMBAWA BERKAH DAN MANFAAT KHUSUSNYA BAGI KAMI SELAKU ORANG TUA DAN UMUMNYA BAGI DUNIA. AMIIIN..

    Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh
    Jazakumullah khair atas kunjungannya, asalnya artikel ini terposting juga sebagai bentuk keingintahuan kami terhadap penyakit ini karena saat itu juga kami khawatir akan anak kami Kautsar, apabila terkena penyakit ini. Selanjutnya kami posting tulisan ini agar semua orang tua dan semuanya pada umumnya bisa mendapatkan manfaat dan pengetahuan tentangnya, dan juga sayang jika artikel sebagus ini dilewatkan begitu saja.

    Untuk bapak Suhartono sekeluarga, salam kembali dari kami sekeluarga. Baarakallahu lana wa lakum. dan untuk HADIRUZAIN MAHARDIQTA Syafaahullah (Semoga Allah memberikan kesembuhan padanya), Aamiin.

  4. Sumarna.S said

    Terima kasih atas info nya telah berbagi bayi saya pun mengalami penyakit kuning tersebut dan sekarang sedang dalam perawatan..

  5. tanakwagu said

    terima kasih ya. info yg berguna. sekarang ini sedang dalam perhatian pihak klinik

  6. hermawan said

    thx for the informations…good article.

  7. Assalamu’alaikum
    Ukhti ana izin copas ya..
    Jazakillahu khoiron…

  8. ana mulyana said

    assalamualaikum wr wb
    terima kasih atas infonya sebelumnya saya tidak percaya kl jangka panjang penyakit kuning pada bayi menyebabkan kerusakan pada otak, anak saya sekarang dalam perawatan sinar di RS mudah2an cepat sembuh dari kuningnya, sekali lg saya ucapkan terima kasih banyak atas infonya

  9. callista damaris said

    smgo bayi nirina ernest cpet mbaik ya….

  10. Irna said

    Assalamualaikum wr.wb

    Saya punya pertanyaan. Apakah rendahny kadar Hb dlm darah bayi merupakan indikasi penyakit kuning?
    terima kasih.

    • Kautsar said

      Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wabarakatuh
      kadar Hb dalam darah bukan penyebab penyakit kuning, penyakit kuning karena kadar Bilirubin dalam darahnya tinggi.

  11. deni susilowati said

    terima kasih infonya… awalnya saya sangat tidak mengerti penyakit kuning itu apa..sekarang keponakan saya sdg fototerapi..infonya sangat membantu

  12. mala said

    penyakit kuning itu menyebabkan karena keturunan dari seseorang ke orang lain

  13. Ato said

    syukron ‘ala ikhbarikum, tpi alangkah baiknya jka di sertakan obat herbalnya maklum kami tinggal di desa yg jauh dari keramain.

  14. Sri Agustini said

    terima kasih dgn membaca informasi,saya merasa agak tenang…
    karena anak saya di nyatakan oleh dokter,terkena penyakit kuning…
    dan mudah-mudahhan dgn mlaksnkan saran- saran dari informasi ini anak saya akan cepat sehat…..Amin…

  15. reni said

    ponakan saya bru umur 3 hari dan setelah cek darah tnyata tgkat bilirubinya diatas normal 13.38 apakah tu trmasuk tinggi??
    dharapkan untuk d fototerapi,,,papakah penyakit kunug bs membahayakan???

    saya menghrapkan jawabannya…terima kasih

  16. elsa said

    asslm….

    alhamdulillah dengan ini saya tau alasan saya dulu kenapa terkena penyakit kuning,,,,mungkin karena saya lahir prematur…
    tapi bisa sampai dewasa penyakit ini ada, karena dulu juga saya sempat dinyatakan dokter mempunyai penyakit liver…
    saya tunggu informasinya yah…
    terimakasih….

    wasslm…..

    • Zareckh said

      ini emang pengobatan zaman nenek moyang ( tapi sangat manjur sampai sekarang ), kalau sampai besar punya penyakit kuning, dulu pengobatannya adalah dengan memakan kutu rambut… sehari 3 ekor,,, dimakan sama pisang raja mas.( pisang raja buah ),,,, insya’Alloh.. cepet sembuh,,,

  17. aries said

    Saya baru saja punya anak yang baru lahir tanggal 13 Desember kemarin,berat badannya 2kg dan bayi selalu ngantuaak> Waduh jadi takut ni!

  18. farouk said

    salam..
    selain minum air .apa lagi pencegahan nya @ ubat nya.
    air tu berapa byk perlu minum sama ada ibu @ anak nya?

  19. dramkah said

    http://sakitkuningjaundice.blogspot.com/2011/03/nt-jaundice-sakit-kuning.html

    lawat blog ni untuk infomasi

  20. trims, infonya membantu

  21. BAYI SAKIT KUNING
    Neonatal jaundice adalah keadaan yang sangat kerap berlaku pada bayi yang baru lahir. Dianggarkan lebih daripada 50% bayi mengalami keadaan ini. Jaune’ dalam bahasa Perancis bermakna kuning.

    Tanda-tanda. Sakit kuning ini dapat dilihat tanda-tandanya dengan melihat warna kulit bayi yang menjadi kuning. Selain daripada itu, mata putih bayi kelihatan agak kuning juga. Selalunya ia bermula pada hari kedua dan ketiga dan menjadi paling buruk pada hari keempat. Kebanyakannya hilang dalam masa 10 hari.

    Kenapa ini berlaku . Sakit kuning ini disebabkan oleh bahan kumuhan sel darah merah yang dinamakan bilirubin. Bilirubin berwarna kuning. Semasa dalam kandungan, bahan kumuhan bayi dibuang melalui placenta (tali perut) ibu. Setelah seseorang bayi itu dilahirkan, fungsi-fungi badannya bergantung kepada hati (liver) bayi tersebut. Hati penting untuk membuang bahan-bahan toksik, kumuhan dsb. Hati bayi yang baru lahir tidak sempurna sepenuhnya. Oleh itu, pembuangan bilirubin tidak secekap orang yang sudah besar. Hasilnya, bilirubin ini berkumpul di dalam badan bayi dan inilah yang menyebabkan sakit kuning ini.

    Adakah ia merbahaya. Selalunya keadaan ini tidak merbahaya dan ia akan sembuh. Bagaimanapun sekiranya ia semakin teruk atau tidak sembuh, rawatan lanjut adalah diperlukan segera. Ia dapat dikenalpasti sekiranya warna kuning kulit tidak baik selepas beberapa hari atau paling lama dua minggu. Antara tanda lain ialah bila sakit kuning ini semakin merebak dari bahagian kepala ke bahagian-bahagian badan yang lain. Ini mungkin terjadi bila bilirubin semakin banyak dihasilkan dan pembuangannya dari sistem badan lambat. Sekiranya ini terjadi, paras bilirubin di dalam badan akan meningkat ke tahap toksik dan boleh menyebabkan kerosakan pada sel otak.

    Rawatan penyembuhan. Dengan mengunakan PERUBATAN ELEKTRONIK (NT JAUNDICE) dan ECPI dapat mencepatkan pemulihan hati dan seterusnya Bilirubin berwarna kuning iaitu bahan kumuhan bayi dibuang melalui pembuangan najis (kencing, pembuangan air besar, dan tahi mata)
    http://www.sakitkuningjaundice.blogspot.com
    helpline:+6012-3883660

    • Terimakasih atas informasi nya,setelah saya membaca informasi dari anda.kini saya mengerti apa penyebab adik saya sakit.udah lebih dari 2 bulan adik saya menderita penyakit kuning ini.bahkan beberapa dokter sudah ada yang tidak mampu merawat nya,namun kami hanya pasrah.alhamdulilaah kini sudah ber angsur baik,tinggal bagian mata yang masi kuning namu mulai memudar,saya meminta saran sebaik nya kami gimana?masalah nya udah cukup lama penyakit ini?
      Terimakasih.
      Mohon balasanya..

  22. ray said

    assalammualaikum..
    apa cara untuk mengubati penyakit kuning??

  23. Zareckh said

    Bayi saya 3 minggu yang lalu telah lahir,
    Di Rumah Sakit Bersalin dinyatakan kena Sakit Kuning, penglihatan saya memang warnanya bayiku kuning, dan setelah 2 hari proses kelahiran itu dan keluar rumah skt bersalin tsbt, lalu merujuk ke Dokter Spesialis anak, dan aku bawa ke dokter spesialis itu, malah hanya dilihat saja dan dinyatakan PENYAKIT KUNING AKUT…kata dokter tsbt, ( masa’ cuma dilihat dan bilang PENYAKIT KUNING AKUT… gitu aja ongkosnya Rp.100.000,-.) ..dan diputuskan untuk di rujuk ke suatu RS..yg peralatannya lengkap ( ada sinar birunya )…, ahhhhh…. bayiku tidak aku bawa ke rmh sakit yg dirujuk tsbt,
    yaaaa….biasa saja disusi ibunya, dengan aku pantau kencing dan beraknya… normal2 saja, dan kalau pagi antara jam 7 – jam 9… bayiku aku jemur di sinar matahari dengan tanpa pakaian, … tapi tetep kita awasi… takut nanti dibawa kucing…, dan usia 5 hari sudah dikasih makan pisang Gajih ( pisang KEPOK merah ) yaaa alhamdulillah… kuningnya tambah hari tambah hilang… dan di minggu ke 3… ALHAMDULILLAH….. warna kuningnya…benar2 hilang dan bayiku gemuk montok… tanpa harus kost di Rumah Sakit…., inilah pengalamanku tentang bayiku…. yang kuberi Nama ” Aqeela Rofi’ah Safa Yusrina ” 27 – agustus 2011 ”

    gak usah panik klau bayi Anda berwarna Kuning…. itu emang kadang wajar2 saja kok….
    aku mulai kecil sdh sering mengawasi kondisi bayi… walau aku bukan ahlinya… tapi kalau urusan warna kuning pada bayi..gak usah dirisaukan… Salam.

  24. Zareckh said

    RALAT pada TGL BAYIKU LAHIR :

    Bayi saya 3 minggu yang lalu telah lahir,
    Di Rumah Sakit Bersalin dinyatakan kena Sakit Kuning, penglihatan saya memang warnanya bayiku kuning, dan setelah 2 hari proses kelahiran itu dan keluar rumah skt bersalin tsbt, lalu merujuk ke Dokter Spesialis anak, dan aku bawa ke dokter spesialis itu, malah hanya dilihat saja dan dinyatakan PENYAKIT KUNING AKUT…kata dokter tsbt, ( masa’ cuma dilihat dan bilang PENYAKIT KUNING AKUT… gitu aja ongkosnya Rp.100.000,-.) ..dan diputuskan untuk di rujuk ke suatu RS..yg peralatannya lengkap ( ada sinar birunya )…, ahhhhh…. bayiku tidak aku bawa ke rmh sakit yg dirujuk tsbt,
    yaaaa….biasa saja disusi ibunya, dengan aku pantau kencing dan beraknya… normal2 saja, dan kalau pagi antara jam 7 – jam 9… bayiku aku jemur di sinar matahari dengan tanpa pakaian, … tapi tetep kita awasi… takut nanti dibawa kucing…, dan usia 5 hari sudah dikasih makan pisang Gajih ( pisang KEPOK merah ) yaaa alhamdulillah… kuningnya tambah hari tambah hilang… dan di minggu ke 3… ALHAMDULILLAH….. warna kuningnya…benar2 hilang dan bayiku gemuk montok… tanpa harus kost di Rumah Sakit…., inilah pengalamanku tentang bayiku…. yang kuberi Nama ” Aqeela Rofi’ah Safa Yusrina ” 27 – JULI 2011 ”

    gak usah panik klau bayi Anda berwarna Kuning…. itu emang kadang wajar2 saja kok….
    aku mulai kecil sdh sering mengawasi kondisi bayi… walau aku bukan ahlinya… tapi kalau urusan warna kuning pada bayi..gak usah dirisaukan… Salam.

  25. Dok, Saya mau tanya. bayi saya belum ada 2 minggu lahir. namun, kata dokter, ia di vonis mengalami sakit Kuning.
    ia pun sempat di cek darah. namun, apa saja gejala sakit kuning itu, dan bagaimana cara mengetahui nya..?
    Thanks
    Anna- Surabaya

  26. Saya seorang Siswa dari Salah satu SMP RSBI di kota bojonegoro.
    Bagaimana kah cara menyembuhkan Penyakit kuning yang sudah lama..?
    Apa sajakah gejala yang jelas..?
    adakah obat alternatif nya..?

  27. adakah penyakit kuning disebabkan oleh penggunaan barang2 ke atas bayi?contohnya tilam, langsir dan sebagainyai…adakah benar pendapat ini

  28. jaysen wesley said

    kepada semua teman dan sahabat, setelah saya membaca surat dan menyadari bahwa ternyata banyak bayi yang lahir menderita penyakit kuning…disini saya ingin menceritakan juga bahwa anak saya 3 tahun yg lalu terlahir kuning,waktu itu sampai mau dioperasi,bersyukur tuhan berkehendak meyelamatkan anak kami,setelah kami mengkonsumsi jamu akhirnya anak kami sembuh total..bagi siapa yang mengingingkan informasi soal jamu tadi,kami akan memberikan secara gratis dan cara pemakaiaan..jamu itu bisa menyembuhkan penyakit kuning asalkan bayinya minum ASI dan bi bawah 3 bulan, atau menghubungi nomor ini +6707438988, trimakasih

  29. salahudin ahmad said

    assalamu’alaikum..

    saya memiliki seorang bayi yang baru saja mau menginjak 1 bulan, saya mau tanya apakah bayi saya juga mengalami penyakit kuning ini, karena sudah hampir 1 bulan ini matanya masih agak kekuningan serta kulitnya kuning kemerahan..
    istri saya sudah bertanya kadokter tapi katanya “nanti juga hilaang”.. tapi sampai saat ini belum juga hilang..
    mohon pencerahan mengenai hal ini, karena saya sangat khawatir dengan kesehatan anak saya ini..

    terima kasih
    adin – jakarta

  30. assalamualaikum wr wb
    maaf saya ingin bertanya
    kalau penyakit kuning pada bayi apa ada obatnya
    dan campuran ramuan apa yg di beri supaya penyakitnya bisa pulih
    mohon info nya
    wasslam

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.276 pengikut lainnya.

