Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Perselisihan yang masing-masingnya berpegang pada dalil

Posted by Abahnya Kautsar pada 7 Juli 2008

Pasal

Perselisihan yang masing-masingnya berpegang pada dalil

Bagian ini dari bentuk perselisihan, dimana masing-masing dari yang berselisih telah meraih kebenaran dari perselisihan dalamnya tanpa adanya keraguan, dikarenakan berada pada suatu dalil yang menunjukkan suatu pen-syari’atan pada masing –masing yang berselisih, dan dicela bagi seseorang dari dua pihak yang berselisih jika berbuat aniaya pada lainnya.

Danbagian dari perselisihan inilah yang dikenal dikalangan ulama dengan perselisihan tanawwu’[1], tidak ada padanya pertentangan dan juga hal yang bertolak belakang, seperti perselisihan dalam sifat / tatacara adzan, iqamah, do’a-do’a pada bacaan istiftah, dalam tasyahud, shalat Khauf dan bacaan-bacaan Al Qur’an.

Dan dari ‘Abdullah bin Mas’ud – radhiallahu ‘anhu beliau berkata : Saya telah mendengar seseorang membacakan suatu ayat yangmana saya telah dengarkan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam membacanya berbeda dengan bacaan ia. Maka sayapun menari lengannya dan saya datangkan ia kehadapan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam lantas saya sebutkan hal itu. Dan saya ketagui diwajah beliau ada rasa tidak senang dan beliau bersabda : ” Kalian berdua telah berbuat yang yang baik, dan janganlah kalian berselisih, dikeranakan sesungguhnya kaum sebelum kalian mereka itu saling berselisih maka mereka pun dibinasakan.”[2]


[1] Iqtidho’ Shirathal Mustaqim hal. 37

[2] Diriwayatkan oleh Al Bukhari No. 2410

( Judul Asli : Zajr Al Mutahawin Bidhorurah Qaidah Al Ma’dzarah wat Ta’awun. Penulis : Hamd bin Ibrahim Al ‘Utsman. Muroja’ah : Al ‘Allamah Asy Syaikh Sholeh bin Fauzan Al Fauzan. Rekomendasi : Al ‘Allamah Asy Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad. Penerbit : Maktabah Al Ghuraba’ Al Atsariyah. Cetakan Pertama 1419 H / 1999 M. Penerjemah : Abu Zakariya Al Atsary. )

About these ads

2 Tanggapan to “Perselisihan yang masing-masingnya berpegang pada dalil”

  1. jazakallah khair wa barakallahu fik

    وفيك بارك الله

  2. emang perselisihan adlh rahmat….
    bang blog kami menyediakan buku gratis lo… silahkan buka aja di http://masamudamasakritis.wordpress.com/ buka aja dan komentar ya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.308 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: