Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

VLEK PARU TIDAK SELALU TBC PARU

Posted by Ummu Kautsar pada 4 November 2008

Selama ini ada kesalahan persepsi yang telanjur berkembang di masyarakat: vlek paru identik dengan penyakit Tuberkulosis (TBC/TB). Padahal banyak penyakit lain yang juga ditandai dengan adanya flek paru. “Kesalahan persepsi inilah yang harus diluruskan,” ujar dr. Muhidin, Sp.A.

Yang dimaksud dengan vlek paru adalah adanya bercak atau infiltrat pada paru-paru. “Gambarannya bisa dilihat lewat foto rontgen, yaitu pada paru-paru yang seharusnya berwarna hitam karena berisi udara terdapat bercak-bercak putih, baik yang sebesar gabah atau lebih besar lagi.”

Bercak putih bisa merupakan cairan, pemadatan, maupun penguncupan, lanjut spesialis anak dari RSUD Koja, Jakarta Utara ini. Cairan itu sendiri bisa berasal dari darah, nanah, atau lainnya. Tentu saja gambaran ini menegaskan bahwa paru-paru dalam kondisi tidak sehat.

PERJALANAN UDARA

Paru-paru sebagai organ vital dalam tubuh mempunyai fungsi utama menghirup dan menyaring udara. Udara yang kita hirup terdiri atas nitrogen, oksigen, air, karbondioksida dan partikel-partikel lain. Sebelum sampai ke paru-paru, udara yang kita hirup mengalami perjalanan panjang, yakni masuk melalui hidung, kemudian melewati pangkal laring menuju trakea (batang tenggorokan yang bercabang menuju kedua bronki utama). Dari sini, udara disalurkan ke dalam bronkioli (bronki yang paling kecil) dan terakhir masuk ke dalam jutaan kantong udara (alveoli) yang berada dalam paru-paru.

Paru-paru sendiri diliputi oleh pleura, yaitu lapisan yang melindungi dan membantu paru-paru mengembang sekaligus berkontraksi dengan mudah di dalam rongga dada. Paru-paru yang normal pada prinsipnya bisa menghindari diri dari infeksi karena hidung dan sistem pernapasan bisa menjalankan fungsinya dengan baik, yakni menyaring udara secara efektif.

Apalagi secara fisiologis, saluran napas mempunyai sistem eskalasi bulu getar yang dapat mengeluarkan penyakit, kotoran, benda asing serta lendir/riak secara otomatis seperti halnya ban berjalan. “Tapi dengan satu syarat, sistem tersebut masih berjalan dengan sempurna. Selama kondisinya masih seperti itu, tidak ada penyakit yang bisa bersarang di paru-paru,” tandasnya.

ANEKA PENYAKIT DENGAN VLEK PARU

Pada dasarnya vlek paru tidak kenal usia, bisa ditemukan pada orang dewasa, anak kecil, bahkan dengan beberapa kondisi khusus bisa ditemukan pada bayi.

Inilah macam penyakit yang ditandai dengan adanya vlek paru.

* TBC PARU-PARU

Vlek paru oleh awam sering diidentikkan dengan TBC paru-paru, padahal tidak selalu vlek yang muncul di paru-paru itu berarti TBC paru-paru. Perlu diketahui, TBC paru-paru merupakan infeksi akut maupun kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pada orang-orang dewasa, TBC paru-paru dapat menular melalui udara, yaitu saat penderita bersin atau batuk. Selama infeksi awal,biasanya TBC paru-paru menunjukkan gejala-gejala batuk, cepat lelah, lemas, nafsu makan menurun, demam ringan, dan berkeringat pada malam hari. Sementara pada kondisi parah, penderita TBC paru-paru seringkali mengalami batuk darah dan sakit pada bagian dada.

Pengobatan untuk TBC berlangsung lama dan harus dijalani secara intensif, minimal 6 bulan, tergantung berat-ringannya penyakit tersebut. Oleh dokter biasanya akan diberi obat jenis INH, rimphafisin dan pirazinamide.

Seringkali terjadi karena keharusan minum obat dalam jangka waktu lama, si pasien jadi bosan atau merasa sudah sembuh, hingga pengobatannya tidak tuntas. Padahal kalau pengobatannya tidak tuntas, si pasien akan kebal terhadap obat tersebut. Bila suatu saat kembali terserang kuman TBC, di paru-parunya, maka pengobatannya jadi lebih sulit.

* BRONKITIS

Bronkitis bisa terjadi bila ada peradangan di saluran udara yang mengirimkan oksigen keparu-paru. Peradangan tersebut mengakibatkan keluarnya lendir, sehingga memicu tubuh memberikan respons berupa batuk-batuk. Bila seseorang diduga terserang bronkitis, ada beberapa gejala yang ditunjukkan yaitu flu, batuk rejan, radang tonsil, alergi, penurunan daya tahan tubuh dan infeksi saluran pernapasan yang terjadi berulang-ulang.

Bronkitis bisa disembuhkan dengan cara berobat jalan melalui pemberian obat dan antibiotik yang sesuai. Namun bila kondisinya sudah parah atau ada komplikasi, tak ada jalan lain, kecuali pasien harus menjalani rawat inap.

* VLEK PARU PADA BAYI

Biasanya beberapa jam setelah proses persalinan, baru bisa diketahui kalau ada vlek pada paru-paru bayi. Vlek ini sering juga diistilahkan sebagai aspirasi pneumonia. Penyebabnya antara lain kemasukan air ketuban saat proses persalinan, tersedak saat minum susu dan sebagainya.

Gejala yang paling mudah dilihat adalah bayi mengalami sesak napas. Melalui pemeriksaan rontgen dapat diketahui kalau di paru-parunya ada bayangan putih atau vlek. Dokter akan melakukan beberapa tindakan untuk mengeluarkan cairan tersebut dari dalam paru-parunya.

* PNEUMONIA

Pneumonia juga ditandai adanya vlek pada paru-paru yang bisa dilihat dengan foto rontgen. Pneumonia paling banyak disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae, selain oleh jamur dan virus. Pneumonia atau radang paru-paru adalah infeksi yang ditandai dengan mengumpulnya cairan dalam kantong udara (alveoli), sehingga pergantian udara terganggu. Gejala umum yang ditunjukkan adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Deteksi dini dapat dilakukan sendiri, yaitu dengan menghitung frekuensi napas per menit. Bila frekuensinya di atas angka normal, berarti yang bersangkutan mengalami sesak napas dan harus ditangani secara medis. Frekuensi normal yang bisa digunakan sebagai patokan adalah sebagai berikut:

-> bayi umur 0-28 hari/sebulan (bayi neonatus), batas frekuensi tarikan napasnya adalah 60 kali atau lebih sedikit setiap menit.

-> anak usia sebulan sampai setahun, batasnya adalah 50-60 tarikan napas per menit.

-> anak di atas 1 tahun adalah 40-50 tarikan napas per menit.

-> Sedangkan orang dewasa batasnya sampai 20 tarikan napas per menit.

PENANGANAN VLEK PARU

Walaupun penyebabnya bisa berbeda, penyakit-penyakit yang ditandai dengan vlek pada paru-paru mempunyai gejala umum yang hampir sama, yaitu batuk, sesak napas dan beberapa kasus ditandai dengan demam.

Karena itulah perlu pemeriksaan intensif oleh dokter untuk memastikan apa sebenarnya penyakit yang diderita. Salah satunya adalah penegasan dari foto rontgen. Jika sudah diketahui penyebabnya, tentu bisa ditentukaan pula penanganannya yang tepat.

Penanganan dini memperbesar peluang kesembuhan secara totaldengan pemberian obat maupun antibiotik yang tepat. Namun bila terlambat, apalagi bila sudah disertai komplikasi, tentu penanganannya jadi lebih sulit.

HIDUP SEHAT, PARU-PARU SEHAT

Orang-orang yang tinggal di kota besar, hampir bisa dipastikan tidak ada yang mempunyai paru-paru yang benar-benar sehat. Hal ini disebabkan tingginya tingkat polusi udara. Walaupun begitu, beberapa hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru kita, sehinggahidup pun menjadi lebih sehat. Berikut beberapa di antaranya:

* Pola Makan Sehat

- Amat dianjurkan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin lengkap, terutama vitamin C, E, B kompleks, B6, B12, dan makanan yang mengandung protein.

- Jadikan buah dan sayur selalu masuk dalam daftar menu utama keluarga.

- Hindari konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, penyedap rasa, zat pewarna atau zat-zat aditif/tambahan lainnya.

* Olahraga Teratur

- Lakukan olahraga secara teratur agar daya tahan tubuh prima.

* Hindari Rokok dan Zat Berbahaya Lain

- Jangan merokok dan jangan pula menjadi perokok pasif. Itulah sebabnya orang tua hendaknya tidak merokok di dekat anak karena asap rokok akan memposisikan anak-anak jadi perokok pasif.

- Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang yang dapat menimbulkan efek kecanduan seperti narkoba.

- Hindari stres yang dapat memicu konsumsi alkohol danpemakaian obat berbahaya.

* Hindari Polusi

- Pilihlah lingkungan tempat tinggal yang tingkat pencemaran/polusi udaranya rendah. Hindari lingkungan perumahan yang terus-menerus terpapar zat polutif seperti asap pabrik dan asap kendaraan bermotor.

* Lekas Periksa

- Bila sudah muncul keluhan batuk dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh, sesak napas apalagi kalau disertai demam, jangan buang-buang waktu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Artikel Terkait:

About these ads

10 Tanggapan to “VLEK PARU TIDAK SELALU TBC PARU”

  1. Johan Firdaus said

    Waduh bos saya dah 2 bulan lebih neh menderita bronkitis, tapi ndak sembuh2x. Batuknya si dah jarang, tapi reaknya masih terasa, and kalo makan gorengan sedikit aja langusng batuk lagi.

    Gimana ya solusinya, ini asal usul kenapa saya kena bronkitis bisa di lihat di sini dan di sini.

    Mohon bantuannya and solusinya ya.

    Terima kasih

  2. johar said

    flek pada paru memang susah di hilangkan, saya sudah 4 tahun yang lalu ada flek putih di dada dan sampe sekarang masih terdeteksi dengan foto rongen, padahal sudah pernah minum obat selama 6 bulan dan sudah dikatakan sembuh dari penyakit paru. dan sekarang sudah tidak ada keluhan penyakit paru-paru, berat badan setabil malah agak gemukan tapi tetap saja flek paru terdeteksi. apa solusiunya yah untuk menghilangkan flek di paru apa lagi saya mau bekerja di luar negeri yang mengharuskan tidak ada flek paru.
    kalau ada solusi minta bagi-bagi ya…..ok.

    • rosita said

      setahu saya memang meninggalkan bekas, ibarat orang terluka dikulit begitu sembuh pasti masih ada bekasnya. begitu pula di paru-paru, wlpun msh terlihat flek, tapi dokter bisa membedakan mana ynag bekas dan mana yang aktif. maaf saya hanya belajar dari pengalaman yang sering saya temuai. tks

      • anas said

        coba agan minum air kelapa muda pagi dan sore,,slama 2-3 mggu
        isyaAllah hilang gan, saya tau dr baca googling gan

  3. iman said

    saya punya problem dgn anak saya yang kedua, perempuan usianya skrg 4,8 th lahir th 2005 berat badannya terakhir 12,5 kg.menurut DSA spesialis paru anak,anak saya menderita asma dan ibunya kurang telaten menyuapi anak shg berat badannya relatif stagnan berkisar 13 kg dan paling tinggi cm 14 kg.karena setelah di tes mantoux hasilnya negatif meskipun liat rontgennya memang ada infiltrat.tapi setelah sy pindah keluar kota dan otomatis pindah DSA nya maka DSA yang satu ini bukan spesialis paru anak hanya DSA biasa meminta untuk tes darah dan rontgen lagi.dan katanya positif flek paru disamping asma jg.jd bingung nih apa yg hrs sy lakukan.anak sy memang kadang2 batuk dan batuknya agak sesak berdahak.tapi kalau kena udara dingin baru batuk.kalau asmanya sdg kambuh apalagi. dan anak sy susah sekali makannya,dan sy sadari memang sejak mulai makanan padat sy tidak telaten dan hanya mengandalkan minum susu shg makannya sulit sekali.disamping sy memang jg tidak bs memasak,parah ya.dan kalau mkn hanya paling byk 5 suap sesudah itu kenyang sepertinya perutnya kecil? sering mengeluh sakit perut tapi kata DSA yg pertama karena gak ada isi perut jdnya sakit perut.sy bingung dan sedih liat kondisi anak sy yang kurus sekali.gmn dong udah dikasih obat tb dari DSA nya tp blm sy kasih minum msh nyari-nyari info coz blm yakin.

    • Kautsar said

      Apa dikota Anda yang skrg ga ada DSA yang spesialis paru? Karena Anda ga yakin, baiknya Anda coba cek atau periksa ke DSA yang lain, kalau bisa DSA yang lebih kompeten. Kalau memang pemeriksaan ke DSA yang lain mengatakan anak Anda positif TB, baiknya anda meminumkan obat TB pada anak Anda.

      Dengan BB anak Anda yang segitu, bisa dikatakan , gizi anak Anda kurang. Anda skrg harus mulai lebih telaten menyuapi anak Anda, coba tanya makanan kesukaan anak Anda apa? Kasih pengertian pada anak Anda atau pujian ataupun hadiah jika dia bisa makan banyak. Mungkin makanannya divariasi, anak kecil memang makannya agak lama, tapi kita harus telaten, seperti anak saya (Kautsar) baru bisa makan nasi umur 15 bulan, tapi Alhamdulillah skrg makannya dah bisa makan apa saja, dan makannya banyak walaupun saya harus menyuapi Kautsar bisa sampai 1 jam atau kadang lebih. Tapi kita juga ga boleh terlalu memaksa anak untuk makan, takutnya dia malah trauma.

      Untuk masalah isi perut anak anda yang kecil, baiknya anda konsultasi ke DSA karena mereka lebih kompeten dibanding saya. Maaf saya hanya bisa membantu sedikit untuk masalah anda.

  4. setahuku kalo flek ada flek berarti itu perokok

  5. Chocochipz said

    Sewaktu umur saya krng lbh 8th pernah menjalani pengobatan flek selama 6 bulan,tapi karena merasa lelah saya tidak menyelesaikan pengobatan tsb,
    skrng umur saya 15th,
    semenjak itu berat bdan saya susah untk naik smpai skrng wlwpun porsi makan n brbagai obat penambah brat bdan saya konsumsi.
    Itu bgmna solusinya??
    Trimakasih untk jwbnnya.
    Buat yg tau share d facebook : Princess chocochipz
    twitter : @cechocochipzz

  6. antox said

    mungkinkah tertular TBC , tanpa gejala batuk & demam ??

  7. antox said

    poto rongent menunjukan paru-paru saya tumpul di bagian kanan bawah dan hasil USG tidak menunjukan adanya cairan.
    dan hasil tes dahak juga negatif ( – ) . apa itu penyakit TBC ?? mungkinkah TBC tanpa gejala batuk-batuk pada penderita ??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.302 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: