Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Flek Paru Pada Anak

Posted by Ummu Kautsar pada 7 November 2008

Flek paru biasanya ditandai dengan panas tinggi dan batuk-batuk. Penyakit ini muncul akibat tertular dari orang lain.

Tidak nyaman rasanya, kalau kita terserang batuk yang tak henti. Apalagi bila yang terserang batuk adalah si kecil. Batuk, merupakan indikasi dari berbagai penyakit yang bisa dialami oleh anak. Tetapi bila batuk disertai dengan gejala sesak nafas, bisa jadi ini pertanda ia terkena flek paru.

Istilah Vlek , sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti bercak. Secara medis, istilah ini umum digunakan dokter untuk menunjukkan kelainan yang terlihat pada hasil foto rontgen. Istilah flek paru biasanya digunakan sebagian dokter untuk memperhalus istilah TBC. Menurut literatur, bercak ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lendir karena infeksi atau alergi, proses radang seperti pada infeksi akibat TBC atau kuman yang lainnya.

Hindari Penderita TBC

Menurut Dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A. MTroPaed., flek di paru-paru, yang belakangan ini banyak sekali menimpa bayi dan balita, umumnya karena tertular orang. “Penyebab flek di paru-paru adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis . Bakteri ini ditularkan melalui percikan ludah, batuk, bersin, udara pernapasan dari penderita tuberkulosis (TBC) kepada bayi ataupun balita,” jelas dokter anak dari RSUPN Cipto Mangunkusumo ini.

Tuberculosis merupakan bakteri infeksi menular. Ia dapat menyerang anak-anak di bawah usia 2 tahun, orang dewasa, orang-orang dengan sistem imunitas yang sangat rendah dan mereka yang hidup dilingkungan orang-orang yang terinfeksi bakteri ini. Jika anak tertular TBC paru, gejala yang dapat dilihat awam adalah serangan demam yang tak begitu tinggi selama 3 bulan berturut-turut. Namun, demam ini tidak turun meski bayi diberi obat penurun panas.

Anak yang kurus atau berat badannya tidak naik-naik seiring usianya yang bertambah (meski Anda telah memberinya banyak makanan bergizi), juga mesti diwaspadai telah terjangkit. “Diare kronik, meski tak tergolong berat, tetapi berlangsung terus-menerus dan tak dapat diobati dengan obat diare biasa, juga bisa merupakan pertanda bayi terjangkit TBC paru. Segeralah periksa ke dokter,” tutur Hindra.

Dokter biasanya akan melakukan tes Mantoux , rontgen, dan darah untuk mengetahui apakah ada kemungkinan TBC atau tidak. Kemudian dokter juga akan menentukan pengobatannya. Perlu diketahui, meskipun si kecil positif terinfeksi TBC, namun bukan berarti bakteri tersebut sudah berkembang menjadi penyakit TBC atau TB aktif. Hanya sekitar 10% saja, anak-anak yang terinfeksi TBC akan terjangkit penyakit ini.

Menghindari kontak fisik dengan penderita TBC ataupun yang sedang dalam taraf pengobatan, lanjut Hindra, adalah cara yang paling aman agar anak terhindar dari penyakit ini. “Ini karena penularan bakteri TBC paru mudah sekali. Bisa lewat udara. Karena itu bayi memang harus dijauhkan dari orang dewasa yang kita tahu mengidap TBC,” ujarnya lagi, seraya menambahkan pemberian imunisasi BCG juga wajib hukumnya agar bayi memiliki imun (pertahanan) terhadap serangan bakteri ini.

TBC Terselubung dan Aktif

Bakteri TBC termasuk bakteri yang pertumbuhannya termasuk lamban, dan biasanya bakteri ini hanya menyerang pada area tubuh yang mempunyai banyak pasokan oksigen dan aliran darah, seperti pada paru-paru. Di Amerika, hampir sebanyak 85% penderita TBC, merupakan TBC paru. Secara medis, TBC dibagi dalam dua jenis, yaitu infeksi TBC laten dan TBC aktif.

Infeksi TBC yang bersifat laten, muncul saat bakteri TBC masuk ke dalam tubuh, namun tidak disertai dengan gejala atau tanda-tanda yang mengindikasikan adanya TBC. Saat bakteri masuk ke paru-paru, sistem imunitas tubuh akan melawan adanya infeksi dengan mengisolasi bakteri ke dalam kapsul kecil yang disebut tubercles . Hampir 90% orang yang terinfeksi bakteri TBC, berhasil dilawan oleh imunitas tubuh tanpa sempat memunculkan gejalanya.

Meskipun telah terinfeksi, namun orang tersebut tidak akan mampu menyebarkan bakteri TBC ke orang lain yang ada disekitarnya. Sayangnya, karena bakteri tersebut telah ada di dalam tubuh, ada kemungkinan bakteri tersebut akan berkembang menjadi penyakit TBC aktif. Keberadaan bakteri yang terselubung inipun, hanya bisa diketahui bila kita melakukan tes kulit.

Sedangkan TBC aktif, biasanya akan langsung terlihat dari gejala-gejala yang timbul. Sekitar 10% orang yang terinfeksi bakteri TBC, akan berkembang menjadi pengidap TBC aktif. Mereka juga akan dengan mudah menulari orang-orang dilingkungan sekitarnya, jika tidak mendapatkan perawatan yang baik, pengidap TBC aktif mengalami kerusakan pada paru-paru atau organ lainnya, dan juga bisa membahayakan jiwa.

Lebih Berat Pada Bayi

Lantaran kondisi tubuh bayi yang masih rentan, akibat kekebalan tubuh alaminya belum sempurna, jika terjangkit TBC risikonya lebih berat dibanding orang dewasa. “Umumnya TB pada orang dewasa akan terlokalisasi hanya di paru-paru, karena tubuh orang dewasa telah memiliki kekebalan penuh. Sedang pada bayi dan anak-anak, penyebaran bakteri tak hanya di paru-paru, tapi juga ke seluruh tubuh melalui aliran darah. “Itulah sebabnya pada bayi dan anak-anak, kita bisa menjumpai kasus TB tulang, TB hati dan limfa, TB selaput otak atau meningitis,” ungkap Hindra.

Dengan alasan itulah, TB paru pada bayi harus segera diobati setelah terdeteksi. Pengobatan biasanya berupa oral (obat yang dimakan) menggunakan obat anti-TB atau obat kombinasi selama 6 bulan, atau 9-12 bulan bagi TBC paru berat yang sudah menjalar ke otak hingga mengakibatkan meningitis.

Agar bayi tak terkena TBC paru, pencegahan memang penting. Yang juga penting adalah memberi bayi zat-zat kekebalan tubuh sejak lahir, seperti zat-zat yang terkandung dalam ASI dan makanan bergizi lainnya. “Tak semua bayi yang menderita TBC akan jatuh sakit. Ini tergantung pada daya tahan tubuhnya juga. Bisa saja bayi terjangkit bakteri TB tetapi basil itu mati atau hanya bersarang di dalam tubuh, tidak aktif dan tidak mengganggu,” demikian Hindra.

Menangani TBC Pada Anak

Jika anak Anda terinfeksi, namun belum berkembang menjadi pengidap TBC aktif, ia akan diberikan obat antibiotik, seperti isoniazid . Obat ini biasanya harus di minum setiap hari selama 6-9 bulan untuk mencegah berkembangnya bakteri TBC menjadi aktif. Penderita TBC terselubung, kerap harus mengkonsumsi lebih dari satu antibiotik. Umumnya, mereka akan bisa disembuhkan.

Penanganan penderita TBC aktif, juga akan diberikan tiga sampai empat obat yang harus diminum setiap hari selama 6 bulan, atau tergantung pada seberapa serius sakit yang dialami. Selain itu diperlukan juga pemeriksaan lanjutan, untuk melihat berapa besar keberhasilan pengobatan yang diberikan, juga untuk mengetahui efek samping dari obat tersebut, yang kerap menyertai.

Meskipun setelah beberapa minggu mengkonsumsi obat-obatan tersebut, si kecil akan terlihat lebih baik dan gejala-gejala yang timbul perlahan menghilang, namun sangat penting bila obat yang diberikan dokter diminum hingga habis. Karena jika tidak, bakteri akan kembali aktif dan malah berkembang menjadi kebal dengan obat-obatan yang diberikan.

Bila memang anak sudah terinfeksi bakteri TBC, vaksinasi mungkin sudah tidak mampu bekerja menahan bakteri ini. Meski demikian, The Centers for Disease Control and Prevention , Amerika menyarankan vaksinasi diberikan pada kondisi tertentu saja. Misalnya, bila memang dilingkungan rumah ada orang yang telah positif mengidap TBC aktif, dan belum mendapatkan pengobatan yang seharusnya, maka si kecil harus diberi vaksinasi TB.

Penularan TBC Melalui Udara

TBC merupakan penyakit yang mudah menular melalui udara, namun begitu, biasanya penyakit ini akan menjangkiti lingkungannya, apabila:

  1. Orang-orang yang tinggal di tempat yang kondisinya ramai. Orang yang terlalu sering terinfeksi bakteri TBC, dan tinggal di tempat yang ramai, seperti tempat penitipan anak, rumah sakit, rumah singgah, sekolah, barak militer dan penjara, merupakan tempat yang beresiko bisa menularkan penyakit TBC.
  2. Orang-orang yang tinggal di satu rumah dengan penderita TBC aktif. Keadaan ini akan meningkatkan kemungkinan seseorang tertular bakteri TBC dan sangat besar kemungkinannya untuk berkembang menjadi infeksi.

Komplikasi Akibat TBC

Para penderita TBC aktif, harus segera mendapatkan perawatan. Jika tidak, bakteri TBC aktif akan berkembang dan menyebabkan terjadinya komplikasi serius, seperti:

  1. Kerusakan paru-paru yang bisa membuat paru-paru berlubang dan menderita cavities . Area yang rusak, mungkin juga akan menyebabkan terjadinya pendarahan di paru-paru atau terinfeksi bakteri lainnya dan kemungkinan besar terjadi abscess .
  2. Berlubangnya saluran pernafasan di paru-paru.
  3. Terblokirnya aliran udara di dalam paru-paru.

 

Artikel Terkait:

 

About these ads

103 Tanggapan to “Flek Paru Pada Anak”

  1. syamsul muarif said

    selamat pagi…

    mohon penjelasannya untuk mengobati flek pada anak 1 tahun dan pencegahannya, untuk pengobatan mohon petunjuk pengobatan yang tidak menggunakan obat yang diminum karena anak saya susah sekali untuk minum obat.
    terimakasih atas penjelasannya.

    mohon penjelasannya dikirmkan via email ke aam_ho@yahoo.com

    • kautsar said

      Maaf baru sempat membalas pertanyaan Anda. Secara medis ada obat TB semuanya diminum, tidak ada alternatif obat lain (yang tidak diminum). Mungkin kalau dengan pengobatan herbal, mungkin ada. Hanya saja, kami kurang tahu. Mungkin sebagai orang tua, bisa memberikan trik-trik tertentu dalam pemberian obatnya, misalnya dengan makanan / minuman kesukaan anak, seperti misalnya pemberian obat dicampur dengan madu, susu, jus atau makanan kegemaran anak. Berkaitan dengan pertanyaan ini silakan baca juga artikel tentang TB dan obatnya serta efek sampingnya

      Salam,
      Ummu Kautsar

  2. rani wirani said

    mohon penjelasannya

    anak saya berusia 5 tahun pernah divonis dokter terkena flek paru-paru dan telah menjalani pengobatan selama 9 bulan namun setelah di foto rontgen flek itu masih ada katanya baru akan hilang setelah 3 tahun benarkah demikian ?
    bagaimana jika obat itu diminum setelah makan apakah bereaksi atau tidak ?
    apakah batuk kering dan berkeringat di bagian punggung ketika tidur serta tidak naiknya berat badan dalam beberapa bulan merupakan tanda-tanda terkena flek paru-paru pada anak ?

    • Setau saya, anak yang sudah menjalani pengobatan flek, biasanya sudah sembuh, kecuali anak anda oleh dokter diharuskan melakukan pengobatan jangka panjang. Sebaiknya anda tanya dan minta penjelasan kepada dokter anak anda, kenapa harus 3 tahun baru sembuh? Jika anda kurang puas, anda bisa pindah ke dokter anak yang lebih kompeten.

      Selain itu juga perlu diperhatikan waktu pemberian obat, apakah anda selalu rutin memberikan obat, apakah semua obat yang harus diminum anak anda sudah di minum, selain itu juga kondisi lingkungan, apakah ada penderita TB aktif disekitar rumah anda? kalau ada sebaiknya anda harus menghindari anak anda dari penderita TB tersebut, juga dilihat daya tahan tubuh anak anda, selain itu diperhatikan asupan makanannya karena penting sekali untuk makan-makanan yang bergizi.

      Biasanya obat TB diberikan setelah makan, kecuali ada penjelasan lain dari dokter anak. Jadi bereaksinya suatu obat, tergantung waktu pemberian (jadwal yang rutin dan teratur) dan dosis obat. Selama anda konsekuen dengan hal tersebut, Insya Allah, obatnya akan bereaksi.

      Batuk kering, berkeringat di bagian punggung dan tidak naiknya berat badan dalam beberapa bulan bukan tanda-tanda pasti kena flek paru, tapi ssebagai antisipasi, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter anak jika ada gejala tersebut, apalagi jika gejalanya berulang kali. Untuk kepastian terkena flek paru tergantung dari hasil pemeriksaan sputum, tes Mantoux, pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan darah.

      Semoga anak anda lekas sembuh.

      Salam
      Ummu Kautsar

  3. putri said

    anak saya umur 9 bln dan terkena flek paru, apakah setelah pengobatan selama 6 bulan akan sembuh?

  4. putri said

    anak saya umur 9 bln dan terkena flek paru, apakah setelah pengobatan selama 6 bulan akan sembuh?klo sudah sembuh apakah flek paru akan timbul lg?sy sangat khawatir. mohon penjelasannya.terima kasih

    • Kautsar said

      Insya Allah dengan pengobatan yang rutin dan sesuai jadwal (pemberian obat yang sesuai jadwal dan dosis yang diberikan) maka anak Ibu akan sembuh. Diusahakan juga agar anak ibu tetap makan makanan yang bergizi, lingkungan selalu bersih dan menghindari dari orang yang terkena TB aktif.

      Jika sudah sembuh, diusahakan agar anak ibu, menghindari faktor-faktor pencetus flek paru, Insya Allah anak Ibu tidak akan terkena flek paru lagi.

  5. Sundari said

    Ass. Anak sy 11 mnrt hsl ronsen ada flek paru dan hrs mnjln pngbtn slm 6bln. Kbtulan drmh yg mnjg by sy yaitu nenekny,dia mndrt asma bronkial sdngkn ayahny mndrt bronkts kronit. Apa pnybb anak sy mndrt flk paru dr sna? Bgmn pncghan slnjutny sdngkn org trdktny mndrt bronkths? Trmksh

  6. Sundari said

    Ass. Anak sy 11 bln mnrt hsl ronsen ada flek paru dan hrs mnjln pngbtn slm 6bln. Kbtulan drmh yg mnjg by sy yaitu nenekny,dia mndrt asma bronkial sdngkn ayahny mndrt bronkts kronis. Apa pnybb anak sy mndrt flk paru dr sna? Bgmn pncghan slnjutny sdngkn org trdktny mndrt bronkths? Trmksh

    • Kautsar said

      Kemungkinan ya. Sebaiknya anda konsultasikan ke dokter, supaya penyakit suami dan ibu anda bisa disembuhkan dan tidak menular ke anak anda

  7. Fatimah said

    Anak sy 3th 5bln BB 11kg kmrn btuk pnas tp dah smbuh tp brat bdan d gris merah apa it jg da indikasi flek mgingt BB Yg tdk knjung naik

    • Kautsar said

      BB tidak naik bisa karena asupan makanan yang kurang baik secara kuantitas maupun kualitas, aktivitas anak yang berlebihan, dan faktor lainnya. BB tidak naik memang salah satu indikasi bisa terkena flek, tapi bukan diagnosa pasti. Untuk lebih pastinya, anda sebaiknya memeriksakan anak anda ke dokter atau RS, untuk menjalani pemeriksaan-pemeriksaan TB. Jika bukan flek, dokter akan memberi masukan tentang makanan yang bergizi dan mungkin memberi tambahan vitamin. Tapi jika flek, maka anak anda akan menjalani pengobatan TB, selama kurang lebih 6 bulan.

  8. ekamas said

    Terima kasih onformasinya pak..
    Mesti periksa ke Doskter SPA ya untuk lebih detail

  9. Telah banyak yang membuktikan bahwa mengonsumsi susu kambing dapat menyembuhkan penyakit TBC ini. Mau bukti silahkan dicoba.

  10. Sri Wahyuningsih said

    Biasanya kt m’beli susu kambing yg sdh dikemas & dlm keadaan beku.
    Sebaiknya dipanaskan dahulu atau dibiarkan saja mencair utk kt minum.
    Apakah susu kambing bs diberikan utk anak yg b’usia blm genap 2 thn?
    Trm ksh sblmnya

    • Kautsar said

      Maaf sebelumnys kami belum pernah mengkonsumsi susu kambing, hanya sebaiknya kalau susu dalam keadaan membeku, baiknya kita tunggu sampai cair sendiri, kalau dipanaskan takutnya ada zat gizi tertentu yang hilang, tapi susu yang ibu beli sudah matang kan atau susu mentah karena kami ga terlalu paham dengan susu kambing. Untuk anak umur sebelum 2 tahun mungkin bisa diberikan, tapi baiknya Ibu tanya ke penjual susu kambingnya.

  11. riza said

    saya punya teman yg tinggal ditempat kos. teman saya menderita suspect bronchitis dan dia punya teman serumah yg juga sakit flek baru. karna teman saya itu mendengar tetanngga yg sakit flek paru menbuat dia yg juga sakit suspect bronchitis menjadi ietakutan takutnya bakal terjangkit penyakit yg sama . apa yg hatus dilakukan keduanya sebenarnya apa gejala penyakit tersebut dan bagaimana menghilangkan penyakkit itu,apa benar dia mesti menngempel kamarnya itu dg densol dan menyemprotkan dg baygon bakal mebunuh kumannya? apa yg harus dia lakukan tolong dibaas secepatnya karna teman saya sudah ketakutan banget dg hal itu

    • Kautsar said

      Sebaiknya teman anda yang kena suspect bronchitis menghindari dulu kontak langsung atau kontak fisik dengan teman yang kena flek paru, karena teman anda rawan/rentan tertular (karena kondisinya ga sepenuhnya sehat) apalagi flek paru bisa menular lewat ludah, makanya orang yang kena flek mulai dari tempat makan, tempat minum, alat mandi, pakaian harus disendirikan dengan orang yang sehat. Setelah teman yang kena flek paru sudah sembuh, baru bisa kontak lagi. Terus Sirkulasi udara dan sinar matahari di rumah harus baik. Hindarkan kontak dengan percikan batuk penderita, jangan menggunakan alat-alat makan/minum/mandi bersamaan.

      Tanda-tanda orang yang dicurigai terkena penyakit TBC yaitu secara umum dapat dilihat dari gejalanya terlebih dahulu yaitu, demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Penurunan nafsu makan dan berat badan. Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah). Perasaan tidak enak (malaise), lemah. Dan untuk memberikan kepastian maka orang tersebut harus diperiksa lebih lanjut, jadi tidak selalu bahwa orang batuk-batuk lama pasti menderita TBC, harus dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium dan foto rontgen.

      Untuk pengobatannya bawa teman yang menderita TBC ke dokter, nanti akan diberi obat dan harus diminum setiap hari secara rutin dalam jangka waktu tertentu serta beri makan makanan yang bergizi.

      Untuk masalah mengepel, memang baiknya yang bisa membunuh kuman.

  12. bayu said

    apa yang harus di perhatikan bagi seorang penderita penyakit vlek paru paru dari segi makanan dan aktivitas dan apakah benar tidak boleh makan minuman dingin karena dapat berpengaruh

    • Kautsar said

      Untuk mengurangi reflek batuk coba hindari dari asap rokok sekitar, kurangi makan yang manis2 seperti permen, dan makanan jajanan lainnya yang dapat merangsang reflek batuk. Untuk aktivitas jangan yang terlalu berat, dan jangan stess. Usahakan olahraga teratur

  13. Joko Purnomo said

    Apakah flek paru-paru pada anak balita dengan indikasi kurang tuntasnya penyedotan air ketuban yang terminum oleh bayi juga dapat menular pada anak lain ?

    • Kautsar said

      TB pada orang dewasa memang bisa menular, dari dahak/ludah, makanya diusahakan tempat makan, minun dan mandi orang yang terkena TB terpisah. Sedangkan TB pada anak kecil tidak menular karena TB pada anak bersifat tertutup, jadi anak tidak perlu dikucilkan, tapi harus dicari orang dewasa mana yang terkena TB, supaya dia cepat diobati sehingga tidak ada orang lain yang tertular lagi terutama anak-anak karena daya tahan tubuhnya lebih rentan tertular penyakit TB

  14. Rita Santi Astuti said

    Anak saya ada pembengkalan kelenjar kata dokternya di perkirakan mengarah ke flek paru..Saat ini diberi obat Pyravit diminum 1 hari 1 kali selama 3 bln. Memang anak saya umur 2 th 4 bln BB cuman 11 kg. tp nafsu makan, minum baik..
    Apakah flek paru pada anak bisa menular juga??
    Apakah ada efek dari minum obat dalam jangka waktu lama?

    • Kautsar said

      TB pada anak tidak menular, jadi anak tidak perlu dikucilkan yang menular TB pada orang dewasa dimana menular bisa melalui ludah/dahak, jadi jika ada orang dewasa yang positif TB sebaiknya alat makan, minum dan mandi dipisah dengan orang yang sehat dan orang serumah, baiknya anak yang sehat menghindari kontak fisik secara langsung karena anak-anak lebih rentan tertular TB dari orang dewasa . Dan sebaiknya jika anak terkena TB, kita harus tahu kira-kira orang dewasa mana yang menularkan TB, supaya bisa cepat diobati dan tidak menular ke orang lain atau anak-anak lain apalagi anak-anak lebih rentan terkena TB. Minum obat secara teratur dan rutin, memberikan makan makanan yang bergizi termasuk usaha-usaha agar penyakit tersebut cepat sembuh. Untuk efek obat ibu bisa melihat artikel http://kautsarku.wordpress.com/2009/09/11/tuberkulostastik-obat-dan-efek-sampingnya/nya, tapi asalkan diminum sesuai dengan dosis yang dianjurkan Insya Allah smg tidak menimbulkan efek samping dan kalau memang anak ibu alergi/tidak cocok dengan obat yang diberikan, ibu baiknya konsultasikan ke dokter

  15. Muhammad said

    Bismillahirrahmanirrahim.

    saya pernah baca artikel dan bertanya pada dokter spesialis paru-2 ataupun dokter yang lainnya “bahwa flek pada paru-2 anak tidak menular” mohon dijelaskan bahwa flek pada paru-2 anak itu menular tentunya dengan ilmiah.

    Jazakumullahu khairan katsira.

    Muhammad

    • Kautsar said

      Kami mohon maaf sebelumnya, ternyata memang sebenarnya istilah flek paru pun salah karena dalam medis tidak ada istilah flek paru, yang ada adalah penyakit TB. Terus yang menular adalah TB pada orang dewasa sedang pada anak-anak tidak menular karena TB pada anak-anak sifatnya tertutup, jadi anak tidak perlu dikucilkan, mereka sebenarnya hanya korban dari orang dewasa yang terkena TB. Sebaiknya jika anak kita memang divonis TB, kita mencari orang dewasa yang menularkan TB tersebut, supaya bisa cepat diobati dan tidak menulari orang lain, terutama anak-anak lain karena anak-anak lebih rentan tertular TB.

  16. wiwin said

    sy memiliki anak usia 3,6 tahun…sdh hampir 3 bulan ini tiap pagi pasti batuk,,itu terjadi hanya dipagi hari kna kebetulan kami tinggal diderah yg dingin (malang)…tanda2 lain pd penyakit TB seperti demam,tengkuk leher yg berkeringat dan benjolan pd leher juga diare gak ada samasekali,,apakah anak saya ini termasuk penderita fleg paru? perlu diketahui kami kedua orang tuanya punya alergi,,terimakasih

  17. sanusi said

    slmt malam ..saya punya anak 11 bln berat 8 kilo ,,anak saya terkena flek,,1 bln yg lalu,,setelah minum obat suara anak saya jadi serak,,seraknya itu akibat apa ya,,?? karna nangis trus saat minum obat tau efek dari obat..trima kasih,,

  18. poppy said

    Apakah anak yg sudah imunisasi BCG bisa kena flek paru juga? Anakku umur 2th Berat 13 kg (sudah setahun tdk segitu aja). Susah makan, sering muntah, bbrp kali demam tinggi tp Dr bilang radang tenggorokan.

  19. ERNA said

    Anak saya 6 th terkena flek paru dan ini dalam kondisi penyembuhan apakah dapat menular pada adiknya yang berumur 21 bulan karena hampir semua aktifitas selalu bersama.

  20. nova amelia said

    anak saya umur 3thn, makannya mau dan berat badannya tidak bertambah. ada plek paru2nya di sebelah kiri, kt dokter itu dikarenakan polusi udara. apakah anak saya bisa di bilang terkena tbc, apa obatnya? dan berat kah penyakit anak saya?

  21. artini said

    anak saya 2 tahun 6 bln dan sudah hampir 6 bln menjalani pengobatan flek paru2…tp kok keringat yg membentuk besar2, biasanya disekitar lengan, sikut, bawah hidung, mata, pipi kiri dan kanan saat tidur blm juga hilang ya…apa itu pertanda flek parunya masih ada dlm tubuhnya…

  22. Khansa said

    2 hari yg lalu khansa (11bulan) tes darah, ronsen, dan hasil dari DSA menyatakan khansa terkena flek, tp gejala batuk2 pun tdk ada dan lingkungan pun tdk ada yg perokok, yg saya mau tanyakan :
    1. apa saja gejala2 dari terkena flek?
    2. apa iya khansa terkena flek? sedangkan flek itu kan hanya akan tertular dari orang dewasa yg terkena TBC.
    tolong info lengkapnya..thx’s

  23. dono wasito said

    Putra saya umur 2 tahun, beberapa minggu ini batuk pilek yang hampir sembuh..lalu kambuh lagi sampai beberapa kali.mrmang pengobatan hanya obat batuk pilek ansk saja. aktivitasnya sama enerjik….tapi memang agak sedikit rewel…apakah batuk seperti ini bisa dikatakan awal dari gejala flek,

  24. anak sya skrg berusia 7bln 8hari, di vonis doktr mempunyai gejala flek paru, yang sy mau tanyakan adalah apakah flek paru pada anak sy dapat di sembuhkan secara total? dan apa bisa menular atau tidak? bgm cara penyembuhan nya? terimakasih

  25. irtiza said

    anak saya umur 22 bulan pada umur 12 bulan di diagnosis flek dokter menyarankan 4 bulan pengobatan tp setelap 4 bulan kok anakku masih sering batuk dan pilek ya… kemarin saja anakku baru saja smbuh dari batuk & pilk kok sekarang sudah kena lagi.. apa fleknya belum hilang atau kekebalan tubuhnya kurang..benjolan dilehernya juga masih ada. (mohon bantuan dan sarannya) terimakasih..

  26. endah silawati said

    anak saya batuk sudah 3 minggu, berat badannya sulit naik,tapi tidak panas dan tidak ada benjolan di kelenjar lehernya. apakah ada kemungkinan terkena tb? di lingkungan sekitar tidak ada orang dewasa yang terinfeksi tb, tapi ada teman bermainnya yang terkena tb, apakah tb bisa menular dari anak ke anak?

    • Kautsar said

      Menurut pendapat sebagian dokter, tb tidak menular melalui anak kecil. Kemudian batuk pada anak Anda, berat badan yang tidak naik, dan dari data yang ibu sebutkan adalah lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter sehingga dokter dapat melihat secara langsung keadaan anak ibu sehingga diagnosis yang diberikan pun lebih tepat, terimakasih.

  27. Dessi said

    anak saya usia 1 tahun beratnya tdk naik-naik, badannya kurus, hanya 7 kg apakah anak saya terkena vlek paru?

    • Kautsar said

      belum tentu, karena banyak faktor yang menjadikan berat badan anak tidak naik, coba konsultasikan ke dokter SPA terdekat, insya Allah akan diperoleh jawaban yang lebih memuaskan dan juga solusi yang bagus.

  28. ayya&karti said

    saya punya tmn dia itu menderita pnyakt flek paru2 dia sering kali batuk2 sampe2 mukanya merah[nahan sakit di bagian dada],setelah batuk muntah dan nafasnya jga beda sprti habs lari kncng,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, sbnarnya cra penyembhannya gmana?

    apa yang harus dia lakukan untk mengurangi rasa skitnya

  29. tika said

    Makanan apa yang perlu diberikan dan yang perlu dihindari bagi anak saya yang terkena TB dengan usia 19 bulan, nafsu makannya cukup baik, dan saya tidak mengetahui siapa orang dewasa yang telah menularkannya, apakah dia bisa terinfeksi lagi nantinya setelah pengobatan per oral selama 6 bulan? dan bagaimana bisa diketahui bahwa bayi saya sudah bebas dari kuman tsb setelah pengoibatan 6 bulan?

  30. Rini Yulianti said

    Anak saya usia 3th 3 hari lalu baru saja periksa & diagnosa dokter anak saya kena flek paru…meskipun hasilnya belum pasti…dan skrg dlm pengobatan. Dokter bilang klo memang positif flek paru maka hrs pengobatan lg slama 6bl. Apakah ada pengobatan scr herbal untuk seusia anak saya yg tdk butuh wktu yg lama? thx utk penjelasanya

    • Kautsar said

      coba anak Ibu diberikan madu secara rutin tiap pagi dan malam hari, bisa dengan ditambahkan air hangat.

    • Kautsar said

      Untuk obat herbal, bisa diberikan madu pada anak secara rutin pagi dan malam hari, dengan dosis awal seujung sendok teh, jika tidak ada reaksi negatif seperti diare dan sebagainya, bisa ditambah dosisnya sedikit demi sedikit sampai rutin maksimal satu sendok makan tiap pagi dan malam hari.
      Demikian semoga membantu.

  31. Rikha said

    Anak saya usia 3th6bln sudah play group,temennya ada yg menderita TB msh dalam masa pengobatan. Anak saya sering kontak dg temannya itu misal minum dg gelas yg sama,berbagi mknan(tanpa sepengetahuan saya),padahal tmnnya itu sering sekali flu,bapil.Akhirnya anak saya terkena TB juga.Dari artikel2 yg pernah saya baca TB pada anak tidak menular,tp klo dokter saya bilang TB bisa menular dari orang yg sebaya (anak ke anak yg lbh muda,dewasa ke anak),tp tidak bisa menular dr anak ke dewasa.Mohon informasi kebenaranya ya…trimakasih.

    • Kautsar said

      Memang kata Dokter TB HANYA bisa menular dari penderita dewasa ke sesama dewasa/anak-anak. TB yang diderita anak2 TIDAK bisa (belum bisa) menular.

      kalau menurut saya sebaiknya segera dilakukan rontgen karena dari hasil rontgen akan terlhat jelas apakah paru2nya berkabut atau tidak, jika berkabut berarti positif terkena TB anak. TB anak tidak akan menular seperti TB pada orang dewasa, memang untuk pengobatannya harus telaten.

  32. fina said

    saya berusia 23th.kemaren saya memang mengalami batu dan demam hilang timbul selama 1 minggu setelah diperiksakan saya dibilang terkena flek paru-paru tapi dalam keluarga saya tidak ada yang mengidap penyakit tersebut dan saya dianjurkan untuk minum obat flek paru-paru. tapi saya tidak begitu yakin karena didalam kelurga saya tidak ada yang mempunyai penyakit tersebut.
    tolong saya dikasih penjelasan lagi dan klo memang saya mempunyai penyakit tersebut bagaimana cara pengobatannya dan saya harus bagaimana.
    terima kasih

    • Kautsar said

      Ada baiknya jika segera saja Ibu berkonsultasi dengan dokter terkait, karena merekalah yang lebih tahu tentang masalah ini, seseorang akan mampu mendiagnosa penyakit yang diderita oleh orang lain yang paling efektif adalah dengan melihat langsung, dengan demikian, kami apalagi yang tidak mengetahui kondisi Ibu secara langsung juga tidak bisa memvonis hanya dengan membaca ciri-ciri yang Ibu sebutkan.
      Jadi sekali lagi konsultasikan dengan dokter terdekat, insya Allah mereka akan memberikan jalan keluar terbaik atas keluhan yang Ibu rasakan.
      Demikian penjelasan kami, maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan semoga membantu. terimakasih.

  33. zulhijriani said

    Aslkm..anak saya 7 tahun menderita flek paru..kata dokter pengobatan rutin selama 6-9 bulan,dengan waktu pemberian/minum obatnya jam 24.00(12 malam teng)…dan sekarang pengobatan dah bulan ke-5..kemarin malam(mngkin krn lelah)kmi terutma saya ketiduran,jam minum obatnya terlewat 2 jam..yg seharusnya jam 12 malam menjadi jam 02.00 dini hari..yang menjdi pikiran saya apakah keterlambatan pemberian obat/minum obat, pengobatan hrs kembali ke awal lagi???mksh

    • Kautsar said

      keterlambatan pemberian obat tidak tepat jika dijadikan alasan apa yang Anda keluhkan. Cobalah bawa ke SPA terdekat dan konsultasikan, itu adalah lebih baik bagi Anda dan Anak Anda. Terimakasih.

  34. Diyah ayu said

    Selamat siang…
    Saya mau tanyakan apakah untuk mengetahui sakit flek pada paru harus dilakukan tes pantul (saya dijelaskan dokter anak yg merawat anak saya. apa itu tes pantul???

  35. tika said

    suami saya kena TBC, bagaimana cara saya mencegah agar tidak tertular?

  36. junaidin opg said

    hasil pemeriksaan lab, rontgen, dan konsultasi dokter pada 16 peb 2011, pkl 21.43 wib, di palangka raya-kalteng, putri saya (25 bln) disimpulkan mengidap flek paru/Tb/TBC. sy kaget dan istigfar. diberi obat sampai 6 bulan, minum tiap hari 2 biji. anak sy tidak mau makan selain minum susu. berat badan tidak kunjung naik sejak usia 1 thn. sy sebagai bapaknya perokok, meskipun tidak tinggal serumah setiap hari, karena tempat kerja jauh 400an KM. kami ketemu per 2 minggu. berat badan sy juga stabil alias tidak nambah amat, 58-60 kg sejak 6 tahun lalu. tinggi 174 cm. usia 34thn.

    apa saja yang harus kami lakukan??? mohon kerelaannya untuk menjelaskan cara-cara pengobatan, agar lekas sembuh.

  37. Nugi said

    Anak saya berumur 13 bln, di vonis dokter kena TB,dikarenakan awalnya batuk2x dan flue, dan sdh melakukan test dgn ronsen, lalu test suntik di kulit lengan yg katanya klau berwarna merah bentol maka positive TBC, dan ktnya hrs diobati dgn minum obat rutin selama berjalan 6 bln,apakah anak usia 13bln tdk ada efek dgn mengkomsumsi obat tersebut?,sedangkan anak saya tdk sama sekali terlihat seperti anak yg sakit,dia maknnya kuat,susunya kuat,lincah dan seperti normal,sedangkan ketika di cek kedokter anak kondisi batuknya pd saat itu sdh berkurang malah sekarang sdh tdk batuk lagi,tapi disarankan berobat seperti yg saya jelaskan tadi diatas.
    Mohon penjelasannya,krn resep dokter yg diberikan belum saya tebus,mengingat mempertimbangkan kondisi si anak yg normal saat ini.
    Thanks

  38. ummu zahy said

    assalamualaikm
    ank sy usia 1,5thn tlh didiagnosa terkena TB kelenjar,apa flek paru2 termasuk ciri2 dari TB kelenjar?selain dari orang dewasa yang punya sakit TB,apa perokok jg bs mengakibatkan TB kelenjar & Flek paru2?
    trmkasih untuk penjelasannya

  39. rizal said

    Anak saya umur 15 bln dah 4 hari panasnya ga turun” dan sering batuk” apalagi kalau waktu malam hari jadi kasiahan tidurnya keganggu.Apakah anak saya sudah terjangkit Flek paru ?

  40. pratiwi widiari said

    anak saya berumur 3 tahun 3 bulan,,, sudah satu bulan ini panasnya naik turun,,,setelah periksa kedokter ternyata berat badanya di bawah garis normal lalu dokter menganjurkan untuk tes darah dan hasilnya anak saya terkena flek paru paru,,, dmn dokter yg bagus untuk penyakit anak saya ini,,,terima kasih

  41. niestitis said

    boleh saya tambahkan sedikt untuk cara minum obat TB yg benar. karena obat2 TB itu jenisnya antibiotik maka sebaiknya minum pada waktu yg konstan (maksudnya misal minum tiap jam 7 pagi ya jam 7 pagi trus) sedang cara terbaik untuk minum obat TB yaitu saat perut kosong (i jam sebelum makan atau 2 jam stelah makan) hal ini untuk mencegah interaksi obat dengan makanan yang akan mempengaruhi efektifitas obat TB dalam membunuh kuman.

  42. irvan said

    Assalamu’alaikum…
    Anak saya berumur 1th 9bln, setahun yang lalu divonis dokter terkena flek paru dan kami telah memberi obat secara rutin selama 6 bulan dan ditambah 3 bulan (sesuai saran dokter SPA). Setelah periode tersebut dokter menyatakan anak saya sudah sehat, namun belakangan ketika saya bawa anak saya ke dokter karena sakit panas dan flu, dikatakan bahwa kemungkinan anak saya kembali kena flek paru atau flek sebelumnya belum sepenuhnya hilang.
    Yang jadi pertanyaan saya, apakah anak saya bisa terkena flek paru lagi? Dan tanda-tanda fisik apa saja yang dapat menjadi indikator awal seorang anak bisa dianggap lepas dari flek paru?
    terima kasih informasinya.

  43. Meta said

    Selamat sore,

    Apa ada makanan yang dilarang untuk penderita flek paru-paru?

  44. Nonon said

    Anak saya berusia 8bln BB 7,7 kg.perutnya sering kembung dan mencret,apakah mencretnya itu sebab dr kembung atau gejala tb?trus kaki nya sering dingin pdahal anggota badan lain terasa hangat.serta kalau tidur siang ataupun malam dia mengeluarkan keringat banyak?mohon penjelasannya.terima kasih..

  45. yerysa said

    ank saya yg berumur 5 th, d diagnosa sebelumnya terkena flek paru. tetapi setelah saya priksakan kmbali melalui tes manthux(tes kulit)ternyata tidak terinfeksi kuman TB dan di diagnosa ke-2 oleh dokter spesialis paru ternyata bukan flek melainkan bronkitis. yg ingin saya tanyakan apakah bronkitis membutuhkan pengobatan rutin sama halnya dengan pengobatan flek paru??

  46. Hartini said

    Anak saya berusia 2 th 10 bln di lehernya ada benjolan. Kalau kecapean batuk demam nafasnya terengah2. Apakah penyakit anak saya mohon penjelasanya trima kasih

  47. sri herawati said

    Ass. anak saya berumur 3 tahun 1 bulan. di diagnosa terkena flek paru. dari hasil ronsen di nyatakan Primer kompleks TB duplex. apakah anak saya sudah di nyatakan terinfeksi oleh kuman TB? mohon penjelasannya. terima kasih.

  48. susi said

    saya kan seneng banget mengkonsumsi minuman dingin, es teh manis, es jeruk dsb, apakah itu juga bisa menyebabkan flek paru.

  49. Tyara said

    anak sy ad benjolan uk. 1cmx1cm di leher sebelah kanan, setelah dites mantoux hasilnya negatif tp setelah dites PA kt dokter hasil nya positif TB, yg ingin sy tanyakan kenapa obat yg diberikan bukan obat yg sy baca diartikel ini nama obat yg diberikan dokter RIMCURE PAED. sy merasa kasihan dg anak sy krn obat tersebut tdk boleh keluar melalui feses nya (warna fesesnya Tdk boleh berwarna merah)krn obat nya berwarna merah keorange nan.apakah seperti itu aturan dlm memakan obat bagi penderita TB sebab setiap makan obat itu fesesnya pasti berwarna merah. apakah penderita asma dapat menyebabkan anak menderita TB, sebab adik sy tinggal serumah dgn sy dan dia sdh lama menderita asma.mohon penjelasannya.terimakasih

  50. emi said

    selamat pagi…
    anak saya sekarang 3 tahun dulu sewaktu usia 1 tahun terkena gejala flek dan menjalani pengobatan rutin, setelah 6 bulan pengobatan rontgen, krn hasil rontgent yang pertama hilang pengobatan mundur sampai 9 bulan, kondisi anak saya sangat sehat dan berat badannya sudah ideal seusianya dan SPAnya jg bilang sudah sehat tinggal dilihat perkembangannya…
    yang saya tanyakan apakah setelah selesai menjalani pengobatan ada obat penuntasan?krn anak saya belum saya periksakan lagi….dan apakah anak saya bisa terserang flek lagi?
    mohon penjelasannya.
    mohon dikirim balasannya ke alamat email saya terimakasih….

  51. nanda said

    selamat siang….

    kalau boleh tanya kenapa setelah saya terserang penyakit flek paru-paru rongga pada dada saya tidak lagi lurus seperti biasanya, melainkan timbul rongga kedalam, sehingga tidak seperti anak-anak yang lain [normal] apakah itu karena efek dari obatnya / apa dari efek penyakit itu?
    mohon penjelasannya……..

  52. ujang hidayatulloh said

    saya mau bertanya anaksaya umurnya 3 thn dengan bb 12,5-13kg ada keluhan panas badan dan batuk dah diobati ma antibiotik selama satu minggu dan kemudian sembuh selama 10 hari sembuh spt biasa dan kemudian panas lagi kadang ada batuknya,,selama 3 hari panas badan lalu di periksa lab cell counter ma segmen,monosit n limposit hasilnya normal trus di rontgen thorak hasilnya memang ada vlek di paru kanan, hailnya suspek peradangan aktif, yg ingin saya tanyakan
    1.apakah anak saya positif mengidap TBC
    2.kalau melihat hasil lab dan berat badan anak saya kurang menunjukkan kearah penyakit TBC
    3. pemeriksaan apalagiuntuk menentukan bahwa anak itu positif terkena TBC

    terima kasih atas jawabanya

  53. Mama dedek said

    Anak sy berumur 6thn 3bln BB 15kg,saat badannya panas sy bw kedokter anak. Ada bercak bercak sprti mau kena sakit ‘CAMPAK’,,dan ada tanda tanda mau batuk.Dan dileher kanan kiri serta belakang telinga ada benjolan benjolan kecil,dokter bilang harus Leb darah dan ronsen. Kata dokter ada gejala TBC.
    Apa benjolan tersebut bisa menjadi tanda anak terkena infeksi paru? melihat BB jg kurang,krn memang anak saya susah makan,dan banyak bergerak.
    Selama in anak saya jg tidak pernah menderita batuk yg berkepanjangan. Mohon infonya terimakasih.

  54. anie said

    anak saya 2,5thn, dari hasil pemeriksaan terdeteksi flek paru2 ringan, pengasuhnya menderita bronkitis, apakah itu ada kaitannya atau bisaterjadi penularan terhadap anak saya, selain penobatan dengan obat selama 6bulan adakah pengobatan alternatif yang bisa membantu penyembuhan anak saya,,,, terimakasih

  55. eka hermiyati said

    anak sya umur 1thn 10 bulan, apakah klw sering keluar keringat walaupun udara dingin bisa dibilang flek, anak sya berat badannya 10 kg, dia juga susah makan & susu juga tidak banyak. trs rambutnya juga tipis… apakah ini termasuk gejala flek????
    tolong dibalas

  56. Reza said

    anak saya 5 tahun, batuk2 terus, setelah ke dokter dinyatakan ada flek, tapi selama batuk berat badan tdk berkurang, malah nafsu makan bertambah.. demam juga tidak.. anaknya juga aktif sekali.. apakah gejala penyakit flek itu tidak kelihatan?

    • nayuda sadhu sadhana said

      Anak saya umur 18bln dia didiaknosa trkena flek sejak umur 8blan,sudah melakukan terapi selama 6bln tapi tidak ad perubahan berat badannya 10,5kg,sering keluar keringat dalam kondisi udara apapun,nafsu makan normal,yang saya tanyakan adalah apakah pada saat terapi obat tidak boleh kelewatan atau anak saya harus mengulang lagi terapinya? yang di minum sekarang adalah zandoz(rimcure’paed) itu selama 3bln trus diteruskan dengan zandos (rimactaid’paed)
      terimakasih..

  57. moie said

    asalamualaikum,,
    mohon penjelasannya mengenai pantangan2 makanan apa aja unatuk anak usia 9bln yg terkena flek paru…
    dan susu formula jenis apa yg direkomendasikan krn disarankan yg tidak mengandung susu sapi,,
    mohon penjelasannya,, terima kasih banyaak,,,

  58. Nurqamariah said

    Ass. Anak sy usia 2,8 BB 10kg, nafsu mkn n susu baik,aktif, tp sejak usia 1thn BB ga naik2. Sy dah melakukan tes darah tp hsl tdk mengarah ke flek paru.perlukah di rontgen?apa efek samping sinar x pd balita?makasih jawabanx

  59. Zamra said

    Ass, Anak saya umur 1th, berat 7,9kg. Sudah 3 bulan terakhir ini berat badan hanya naik 1-2 ons tiap bulannya. Terakhir beberapa hari yang lalu demam tinggi tanpa sebab. Stelah konsultasi ke dokter di anjurkan tes mantux dan rontgen. Untuk hasil rontgen normal semua, tetapi hasil mantux menyatakan bahwa terkena flek paru2. Saya masih ragu2 akan keputusan dokter. Apakah benar anak saya terkena Flek Paru2, mengingat tidak pernah demam lebih dari seminggu, atau batuk dalam waktu yang lama. Mohon penjelasannya! Terima kasih atas jawabannya.

  60. Imas Ratna Melati said

    Benarkah flek paru terjadi bukan hanya tertular dr lingkungan saja,ada yg mengatakan jika flek paru bisa terjadi jg akibat air ketuban pecah terlebihi dahulu tp bayi blm dlahirkan,sehingga air ketuban terminum oleh bayi apakah itu benar?tolong beri penjelasan

  61. Erma Yanti said

    Ass, Anak saya berumur 3th, 8 bln yg lalu anak sy dirawat dirumah sakit karena panas tingginya yg turun naik selama hampir 3 minggu, sudah 3 rumah sakit sy datangi dan sempat dites darah dan tidak ada penyakitnya, smpi akhirnya tiba2 tangan & kakinya sebelah kanan lemas tidak bisa digerakkan dan dirawat selama 1 minggu. setelah diadakan beberapa tes, diketahui anak saya mengalami flek paru dan harus minum obat selama 1 th, dan alhamdulilah setelah tepat 1 bln keluar dr rmh sakit tangan dan kaki nya sudah mulai bisa digerakan dan berangsur2 berat badannyapun bertambah dr 11 kg naik smp sekarang 16 kg. yg ingin sy tanyakan apakah minum obat dlm jangka waktu lama (1 th) tidak mengganggu fungsi hatinya, dan bagaimana kita mengetahui sembuh/belumnya penyakit flek paru ini, atau harus diadakan tes2 lg untuk mengetahuinya? dan apakah kelumpuhan sementara yg dialami anak saya itu juga merupakan efek dari flek paru itu sendiri/karena penyebab yg lain? karena selama mengadakan serangkaian pemeriksaan sampai anak saya di skan kepalanya tidak menunjukan penyakit apapun dan hanya flek paru penyakit yg diketahui oleh dokter, sampai detik inipun saya belum mendapatkan penjelasan yg memuaskan dr dokter yg menangani anak sy ini, apa penyebab pastinya. tolong beri penjelasan, terima kasih.

  62. Wahyu said

    Ass,Anak Saya ber umur 11 bln Di vonis dr Anak A Terkena Flek Paru2 lalu saya langsung ke dr Anak B dan katanya hasil matouk dan Rontgennya tidak menunjukan Flek paru2,tapi anak saya nafsu makan nya baik dan sangat aktif terlihat sehat,dan tidak adanya Kelenjar dibagian leher seperti yang saya baca gejala2 Flek paru2 ,Memang 2 bulan ini anak saya jika pagi2 bangun tidur suka batuk2,tapi hanya pagi saja batuknya,Memang agak kurus,apa gara2 tidurnya selalu pakai AC tolong beri solusi,terimakasih.

  63. ares said

    ank sya umur 2th 2bln sering terkena batuk pilek dan rentan sakit yang lain.pernah diperiksa ke DSA dan menjalani tes mantouk dan rontgen tp hslny negative flek paru.kenapa anak sya mudah sakit y?minta solusinya dok…

  64. Ery Iswanto said

    apakah anak nafasnya terdengar grok-grokan terkena flek juga dok?

  65. billy suldi said

    Usia anak saya 8 bln berat badannya cuma 6,5 kg karena badanya terlalu kecil pada umur sekian saya bawa ke dokter dianjurkan dokter untuk dirontgen setelah dirontgen dinyatakan ada flek putih diparu-parunya, kata dokter itu dikarenakan pada saat bayi sering gumuh mengakibatkan flek tersebut, sekarang dikasih obat untuk menghilangkan flek tersebut diminum selam 3 bulan, namun dokter tersebut tidak menyatakan bahwa anak saya ke TB. pertanyaan saya apa bear terlalu sering gumuh menyebabkan flek dan apakah dengan flek tersebut anak saya kena TB, dengan begitu dengan obat apa supaya flak tersebut bisa cepat sembuh, terima kasih

  66. lisa said

    Anak saya usianya 2,5 thn..pernah dinyatakan terkena flek, dan melakukan pengobatan selama 6 bln, setelah selesai pengobatan, dan dinyatakan sembuh, ada perubahan sedikit pada BB nya, tetapi beberapa bulan ini, masih ada keringat pd punggungnya ketika tidur mlm, saya periksa lehernya..masih ada benjolannya, nafsu makannya pun menurun, Apakah anak saya terjangkit flek lagi? mengingat gejalanya yg sama,saat dahulu sebelum berobat,
    saya sudah konsultasi ke dokter, dan di anjurkan melakukan pengobatan lg.
    saya ragu, kemungkinan ada efek sampingnya kelak, jika mengkonsumsi obat dalam jangka panjang,
    mohon sarannya…
    Dan apakan minum madu di pagi dan mlm hr bisa menyembuhkan flek pada anak saya?
    daripada hrs kembali mengkonsumsi obat selama 6 bln.
    Saya menunggu penjelasannya, Terima kasih…

  67. Munawwaroh said

    Anak sy sjk umur 11 bln kt dkter kena flek krn sy tunjukkan hsl rontent.skrg dah brbt slm 1 bln tdnya perkembangan sgt bagus,kmrn krn mual obat yg dah masuk keluar lg tp ga sy ulangi minum obat lg.n skrg da batuk di sertai dahak yg ga bs keluar di dada,apakah sy hrs mengulang pengobatan dr awal lg atau gmn?mhn blsnnya,mksi.

  68. ir. eka darma satya indarta said

    apakah hasil rontgen adanya penebalan hilus kiri itu menandakan flek paru-paru? dan apakah dokter sp anak sanggup membaca hasil rontgen tersebut?
    wass eka

  69. upiek kurniawan said

    Ass. Anak saya usia 9 bln oleh dokter didiagnosa flek, setelah pegobatan s/d usia 16 bln dinyatakan dokter sudah sembuh dari flek, sekarang anak saya usia 2 tahun dan mengalami batuk pilek kurang lebih 2 minggu belum juga sembuh dan berat badan anak saya turun 3 kg.. apakah flek bisa timbul kembali? apakah anak saya ada kemungkinan terkena flek lagi dan apa penyebabnya.. mohon jawaban… saya kasiahan melihat anak saya harus minum obat setiap hari dan dalam waktu yang lama… terimakasih banyak..

  70. yuni said

    dulu, saat saya usia 1 tahun, kata orangtua saya saya terkena flek paru-paru, dan di rawat jalan 1tahun sampai sembuh. dan saat saya menginjak kelas 5sd, saya terkena asma.
    apa saya sudah sembuh betul? ataukah masih terkene flek?
    bagaimana kalau saya bertukan minum dengan teman saya, apakah teman saya tertular?

  71. iwo karno said

    Ank sy brbadan tinggi kurus, nafsu makannya kurang namun tdk tampak adanya gejala flek paru-paru pd umum nya hanya memang setiap tidur baik tidur siang ataupun tidur malam dia berkeringat, apakah anak2 sy sdh trmsuk penderita flek paru-paru?

  72. ina said

    saya sdh skt dr bayi akibat air ketuban,umur sari saya sdh brumur 29th tp penyakit saya tdk sembuh2.rmh skt sdh sprt rmh saya sndri,alternatif jg sdh saya coba,obat herbal jg sdh saya coba.saya sempat putus asa,tp skrng saya cuek aj,yg penting saya sdh brusaha,tiada hari tnp obat,hdp saya sdh kyk mainan aja,kl lp minum obat y bakalan ngedrop

  73. ferdy said

    Mohon bantuannya.. Saya kurang mengerti tentang penyakit flek paru paru.. Adik saya yg berumur 13 thn terkena flek pada paru parunya.. Pengobatan yg baik itu seperti apa?

  74. A.Simon.Jarisetouw said

    Anak sy baru berumur 11 bulan pada tgl 22 maret kmrn,yg mau sy tnykan apakah anak yg terkena flek pada paru” biasa terkena mencret yg b’panjangan atau tdk klu memang iya apa obat yg terbaik utk Flek Paru”.

  75. Mhon obt apa yg bagus untuk mengobati plek yg ada dianak sya,hampir 11bln ank sya sdh diobati,cmn skrg kambung lgi,tolong minta sarannya…

  76. bambang said

    anak sy umur 4,5 tahun klu lg batuk smpi tunduk,kemarin dah cek lab leukosit nya tnggi.apa itu vlek?mksh.

  77. adigunawan said

    ass….saya adhi gunawan saya mau tau lbh identik ciri-ciri anak terkena fleg terkadang dokter memfonis tanpa bukti identik hanya karna mendengar nafas nya

  78. Rahmah said

    Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69).
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  79. Ita ristiana said

    Ass.. Sy mau tanya .. Anak sy umur 2,5 thn .. Sdh 3 minggu ini pilek g smbuh2 dan 2 hr ini disertai batuk .. Apakah itu termasuk gejala flek paru2 .. Trimakasih

  80. eka kania dewi said

    ass,,,,,,, saya mau minta penjelasan,,,,
    di bagian dada sebelah kiri saya selalu terasa sakit ketika saya demam tinggi disertai flu dan batuk,,, apalagi saat menarik nafas jantung saya terasa sangat sakit,,,, apa itu ada hubungan.a dengan flek paru” yang saya punya????
    trimakasih sebelum.a :)

  81. gia said

    maaf saya mau tanya apakah memelihara burung di dlm rumah bsa menyebabkan vlek pda bayi ….mohon penjelasan detail nya terimakasih

  82. putri moen said

    anak saya umur 2thun krg 10 hr brt badan’y 12 kg pa bsa kna penyakit vlek

  83. lince abdullah said

    anak sy 9bln +Tb tp kata dokter msh skala ringan,krna kabut putih yg trdpt di paru2 bayi sy sdikit,tp dokter ttp malkukan Test mantoux dan minum obat TB,kata dokter jgn heran bila pipis nya berwrna merah,tp yg sy heran kan koq malah pup nya yg merah,berbutir sprti pup nya kambing,paling cm 6-8butir sj,sy sdh mmberikan makanan yg bergizi jga buah agar pup nya tdk lg sprti itu,berjalan hampir 1 bln ini tetap tdk ada peningkatan BB byi sy,mengingat BB bayi sy hanya berkisaran antara 6-6,5kg sja,,mohon penjelaasan kenapa pup nya bayi sy sprti itu,trkhir malah kulit nya memerah sprti biang kringat,tp bayi sy tetap lincah n mkn nya byk,,,di tggu balasan nya ,,trimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.304 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: