Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

20 Pertanyaan Seputar Bayi

Posted by Ummu Kautsar pada 2 Desember 2008

Bagi pasangan yang baru pertama kali dikaruniai seorang bayi, pastilah muncul banyak pertanyaan seputar perawatannya. Nah, inilah jawaban dr. Hadjat S. Digdowirogo, Sp.A., dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta, terhadap 20 pertanyaan yang paling kerap dilontarkan orang tua.

1. Apakah bayi saya normal? Seperti apa sih ciri-ciri bayi normal itu?

Bayi bisa dikatakan normal jika:

- Tangisannya keras juga nyaring.

- Warna kulit kemerahan, dari muka, bibir, hingga tangan dan kaki.

- Lengan dan tungkai kaki bergerak aktif, tangan mengepal dan menekuk di siku, tungkai setengah tekuk di sendi paha dan lutut.

- Napas teratur dan tenang, dinding dada dan dinding perut bergerak teratur.

- Semua anggota badan lengkap dan sempurna, dari ujung kaki hingga ujung rambut. Tak terkecuali lubang mulut, lubang dubur, pusar.

- Tinja pada hari pertama sampai ke-7 berwarna hijau, hari berikutnya berubah jadi kuning. Sedangkan warna urin jernih atau kekuningan.

- Warna putih mata tetap putih, tidak kuning.

- Jika di usia 4 minggu dinilai semua fungsi tubuh baik berarti normal.

2. Apakah bayi saya cukup makan dan minum susu?

Kecukupan makan dan minum dapat dilihat dari kurva pertumbuhan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala. Kalau perlu dapat dihitung berapa nilai nutrisi yang dimakan/diminum bayi.

3. Ciri bayi lapar dan haus seperti apa?

Bisa kita lihat dari bibir dan mulutnya yang kering. Kalau diberi minum terlihat nafsu sekali, dan bisa minum banyak. Begitu juga kalau bayi lapar, terlihat rakus saat diberi makan, juga rewel. Sebaiknya berikan si kecil minum dan makan saat belum begitu lapar/haus.

4. Apa tanda-tandanya kalau si kecil sudah merasa kenyang?

Kalau bayi sudah puas minum ASI, biasanya tertidur selama sekitar 3 jam. Ciri lainya, kalau dia sudah kenyang, tidak mau makan lagi. Di sini paling penting ibu harus tahu persis porsi makan anaknya. Sebab tidak baik jika bayi kelebihan atau kekurangan makan/minum.

5. Kenapa bayi saya menangis melulu?

Bayi menangis banyak sebabnya. Bisa karena lapar/haus, bisa karena merasa tidak nyaman, sakit, mual, mulas, terlalu gerah, gatal, digigit serangga, dan lainnya. Untuk menghentikan tangisnya, cari penyebabnya dan hilangkan.

6. Saat tidur bayi saya selalu berkeringat, normalkah?

Bayi tidur berkeringat normal, sebab proses pertumbuhan badannya terjadi pada saat tidur. Jumlah keringat bisa dipengaruhi oleh udara sekitar.

7. Bayi saya kok enggak rewel dan jarang menangis ya, normalkah? Habis dia anteng sekali.

Kalau bayi anteng, coba ukur BB-nya dan bandingkan dengan kurva BB ideal atau normal bayi seusianya. Pasifnya bayi bisa juga dikarenakan kurang gizi dan saat itu otak tidak tumbuh secara optimal. Biasanya anak yang kurang gizi dan pasif seperti ini disertai penyakit anemia dan sakit lainnya.

8. Kenapa bayi saya cenderung pasif. Adakah kelainan padanya?

Bayi sehat harus ada interaksi dengan lingkungan. Pasifnya bayi harus dicurigai adanya gangguan pada proses tumbuh kembangnya.

9. Kok, bayi saya cuek kalau dipanggil namanya?

Bayi bisa menoleh saat dipanggil di usia 4-5 bulan. Tentu dengan catatan pendengarannya harus normal. Jika tetap cuek di usia 9 bulan, perlu diwaspadai kemungkinan ada gangguan perkembangan sosial.

10. Bolehkah bayi selalu mengenakan pospak (popok sekali pakai)?

Pospak sesuai fungsinya, sebaiknya dikenakan saat diperlukan, semisal ketika bepergian. Kenapa? Karena bayi perlu diperkenalkan dengan proses BAB dan BAK, seperti halnya makan dan minum.

11. Sudah digunduli berulang kali, kok rambutnya tetap tipis ya?

Jika sudah bakatnya atau bawaannya berambut tipis, digunduli sesering apa pun juga, rambutnya tidak akan banyak. Belum tentu juga bayi yang rambutnya tipis, saat besar nanti rambutnya tetap tipis atau jarang.

12. Kenapa bayi saya suka melihat ke atas?

Kalau di atas tidak ada objek yang dilihatnya, perlu diperiksa mata atau otaknya. Sebab mungkin terjadi kelainan pertumbuhan.

13. Bagaimana cara menggunting kuku yang benar?

Harus dilakukan sangat hati-hati. Sebaiknya dilakukan saat bayi tidur dengan menggunakan gunting kuku khusus, di ruangan terang, di tengah suasana tenang. Menggunting kuku harus dimulai dari bagian tengah, kemudian ke bagian pinggir/sudut.

14. Apakah telinga, hidung, dan lipatan kulit bayi harus dibersihkan setiap hari? Bagaimana caranya?

Daun telinga bagian luar dan dalam harus dibersihkan saat mandi. Tak terkecuali hidung dan semua bagian tubuh si kecil. Apalagi bagian tubuh yang terdapat lipatan dan bagian badan yang tersembunyi.

Saat membersihkan gunakan waslap lembut yang basah. Kalau perlu dengan menggunakan sabun. Kemudian bilas dengan air bersih. Pada bagian lipatan kulit yang sering basah oleh keringat atau air seni juga tinja, bersihkan setiap kali bagian itu basah atau ada kotoran.

15. Bayi saya setiap pagi bersin melulu, padahal tidak sedang pilek. Kenapa ya?

Bersin merupakan tanda hidung bayi menghirup sesuatu yang membuatnya alergi, biasanya debu atau udara pagi.

16. Apa semua bayi kuat divaksin? Katanya ada beberapa bayi yang tidak kuat vaksin tertentu. Apa benar? Lalu apa benar sering divaksin bayi saya bisa menjadi autis?

Kejadian setelah dilakukan vaksinasi disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI bisa merupakan hubungan kausal dengan imunisasi, misalnya terjadi ensefalitis (radang akut otak) pasca imunisasi DPT dengan kemungkinan 1/1 juta dosis.

Sehingga dibandingkan manfaatnya, KIPI sangatlah kecil. Pada penyakit difteri 1 dari 15 pasien meninggal, pada tetanus kematian terjadi 1 di antara 10 kasus, sedangkan pada pertusis kematian terjadi 1 di antara 200 pasien.

17. Bagaimana cara memberikan stimulasi pada bayi, dari motorik hingga penglihatan?

Stimulasi diberikan melalui sistem pancaindra. Suara untuk pendengaran, benda atau adegan untuk penglihatan, dan belaian halus untuk perasaannya. Sedangkan untuk motorik dengan cara merangsang motorik kasar juga halus, memberikan mainan untuk dipegang, dimanipulasi oleh bayi, merangsang supaya mau berusaha menggapai barang, misalnya. Tak lupa selalu ajak bicara bayi meski belum bisa menjawab.

Untuk pendengaran dan penglihatan agar diperdengarkan dan diperlihatkan suara-suara dan adegan yang baik. Jauhkan dari hal-hal yang bermuatan sadisme, kekerasan, dan jorok dalam bentuk apa pun.

18. Ada tidak suplemen untuk bayi supaya tidak gampang sakit dan selalu ceria?

Kalau makanan bayi baik, maka semua nutrien sudah terkandung di dalamnya. Dengan begitu, suplemen tak diperlukan.

Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan fisik dan mental bayi, keadaan gizi hanya merupakan salah satu faktor.

Suplemen bisa diberikan pada bayi hanya untuk membantu pemulihan, sehabis sakit, misalnya.

19. Apa sih ciri-ciri khas bayi yang sedang sakit?

Bayi sakit pasti tidak gembira seperti biasanya. Nafsu makan/minum biasanya menurun, rewel, juga akan terjadi perubahan-perubahan dari kondisi biasanya, seperti tidur tak bisa pulas, muntah, mencret.

20. Perbedaan bayi sakit karena mencret, panas, pilek, kembung, alergi seperti apa?

Membedakan sakitnya bayi bisa kita lihat dari organ atau sesuatu dari tubuh yang diserang penyakit. Contoh: kalau mencret, kembung, berarti usus yang sakit; kalau pilek hidung yang diserang; kalau alergi berarti sistem alergi-imunologi yang terserang.

Tapi itu bukan patokan baku. Sebab bisa juga sakit tertentu karena penyebab sesuatu yang tidak kita duga, contoh mencret disebabkan radang telinga. Oleh karena itu perlu konsultasi dengan dokter jika setelah dua hari menangani si kecil yang sakit di rumah tak kunjung mengalami kemajuan.

Gazali Solahuddin

About these ads

25 Tanggapan to “20 Pertanyaan Seputar Bayi”

  1. iwa ramadhani said

    Selamat sore Dokter, saya mau tanya, anak saya 3,5 bulan. dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore, berapa mili susu formula dan berapa jam sekali deberikan pada si bayi tersebut, berhubung saya bekerja dari pagi sampai sore. Terimakasih atas sarannya Dokter.

    • Kautsar said

      Maaf nih saya bukan dokter, saya hanya bidan. Saran saya karena bayi Ibu masih berumur 3,5 bulan baiknya diberikan ASI, karena untuk bayi sampai umur 6 bulan sebaiknya hanya diberi ASI saja (ASI Eksklusif). Ibu bisa memeras/memompa ASI Ibu terus dikasih ke botol susu, sepulang ibu bekerja Ibu bisa langsung menyusui anak Ibu. Untuk memberikan ASI, sesuai keinginan bayi/saat bayi merasa haus, misalnya bayi tidak minta bisa diberikan tiap 2 jam sekali.

      Tapi jika memang ASI ibu tidak keluar/keluarnya sedikit Ibu bisa memberikan susu formula, baiknya dicoba dulu takutnya anak ibu ga cocok. Jika memang cocok, pemberian susu formula bisa diberikan saat bayi minta minum / bayi merasa haus, jika dia tidak minta bisa diberikan tiap 2 jam, untuk takarannya sesuai keinginan bayi, karena bayinya masih kecil, baiknya susu formula dibuat sedikit dulu karena susu formula kalau sudah dibuat dalam 3 jam harus dihabiskan, jika tidak habis susu formula yang sudah dibuat harus dibuang. Demikian semoga dipahami. (Ummu Kautsar)

  2. Ike said

    anak saya berumur 1 bulan, tidur selalu dalam posisi miring seperti mau tengkurap, normal tidak? bahaya tidak untuk tulang nya saat dia tengkurap dini?

    • Kautsar said

      Insya Allah tidak apa-apa dan tidak begitu berpengaruh terhadap bayi Ibu asal benar-benar diawasi kalau-kalau hidungnya tertutup sesuatu (bantal, guling atau selimut). Sepertinya tidak perlu khawatir bayi tdk bisa bernafas, krn biasanya otomatis kepalanya akan bergerak-gerak pindah posisi miring ke kiri atau ke kanan utk bernapas. Mungkin posisi demikian mirip di seperti dlm gendongan & dekapan ibu.

      Tapi… mungkin ada beberapa baby yang punya kasus khusus (misalnya paru2nya kurang baik dll) yg tdk bisa ditidurkan secara tengkurap…

      Jadi.. kalau baby nya nggak bermasalah… ditidurin tengkurap nggak pa2… asal jangan ada bantal guling disekitarnya.. dikhawatirkan menutupi wajahnya.
      Demikian semoga membantu.

      • Ike said

        Sekarang Alhamdulillah anak saya sudah berumur 2bulan,sekarang sudah tengkurap tapi sekarang dia sedang batuk, berat badan nya turun cukup banyak. apakah berbahaya bila berat badan bayi turun drastis?bagaimana menaikan berat badan bayi agar pulih kembali?terimakasih.

  3. mom fadia said

    anak saya sekarang umurnya 2 bulan beratnya 5,65 kg kmren waktu lahir beratnya 3,6 kg..tapi sayang asi saya ga kluar jd pke sufor….yg mau saya tanya kenapa ya lidah anak saya putih pdahal saya ga pernah bikin sufornya panas???

    • Kautsar said

      Sayang sekali ya, anak Ibu nggak minum ASI exclusif. Penyebab putih pada lidah anak/bayi memang karena endapan susu formula (ASI tdk meninggalkan sisa berupa endapan pada lidah bayi).

      Cara menghilangkannya, cukup dengan membersihkan lidah dg kasa steril yg sudah dicelupkan ke dalam air hangat, memberinya air putih setiap kali habis minum (jika tidak ASI exclusif) atau cara terbaik, mencoba memberikan ASI exclusif
      kepada anak Ibu. Coba konsultasikan ke Klinik/dokter terdekat untuk penanganan ASI exclusif ini.

      cara-cara lainnya (rangkuman dari beberapa sumber):

      # Yang menyisakan kerak putih di lidah hanya susu formula, sementara ASI tidak menyisakan kerak. Bila sehabis minum susu formula bayi langsung diberi ASI, kerak berkurang banyak tanpa perlu dihilangkan dengan kain kasa.

      # Kerak di lidah berhasil dibersihkan dengan Daktarin Oral Gel dan Mycostatin
      (Catatan : setiap pemberian obat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter / ahli kesehatan.)

      # Kerak putih di lidah tidak perlu dibersihkan. Setiap habis minum susu, bayi diberi air putih. Kerak putih akan hilang sendiri sejalan dengan perkembangan umurnya.

      # Berdasarkan pengalaman, kerak putih muncul karena endapan susu formula. ASI perah yang ditaruh di botol pun tidak mengendap, jadi tidak meninggalkan kerak putih di lidah. Saran dari DSA, lidah dibersihkan dengan kasa steril dan air hangat, dan untuk mencegah timbulnya kerak putih, maka setiap sehabis minum susu formula, bayi diminumkan satu-dua sendok air putih sekedar untuk membersihkan sisa susu di mulut.

      # Punya pengalaman serupa. DSA diberi Candistin untuk membersihkan jamur dilidahnya. Sebaiknya tanyakan dulu ke DSA apakah perlu diberikan Candistin. (Catatan : belum tentu kerak putih di lidah anak disebabkan oleh jamur. Pemberian obat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter)

      # Bayi diberi air putih sehabis minum ASI atau susu formula, karena air berfungsi untuk membersihkan mulut dan melembekkan feses jika si kecil BAB.

      # Cara yg paling mudah untuk menghilangkan kerak putih adalah dengan memberikan air putih, tidak usah banyak2 cukup dengan 2 sampai 3 sendok kecil, dan dilakukan terus setelah minum susu, dan hal ini tidak mengganggu
      pemberian asi eksklusif. (Catatan : jika bayi masih mendapat ASI Eksklusif, bayi tidak perlu diberi air putih sehabis minum ASI, karena definisi ASI Eksklusif adalah bayi mendapat HANYA ASI SAJA tanpa tambahan apapun – air putih, susu formula, atau madu, apalagi yang terakhir ini, tidak boleh diberikan sebelum si kecil berusia 1-2 tahun, tergantung referensi yang anda gunakan)

      # Bila sehabis minum susu bayi diberi air putih maksimal 2 sendok bayi, ternyata di lidahnya tidak ada kerak putih.

      # Kerak putih dilidah itu memang sisa susu formula yang menempel dan bila dibiarkan terus menerus bisa menjadi jamur. Cara membersihkan dengan kasa yang dibahasi, tetapi bila bayi tidak suka, cukup dengan memberikan air putih sehabis minum susu formula. Bila anak sudah cukup besar, bisa dibersihkan dengan sikat giginya.

      # Bila bayi masih minum ASI, meski tambah campuran susu formula, lidahnya akan bersih dengan sendirinya karena ketika menyusui bayi seperti “gosok lidah”.

      # Pemberian air putih untuk membersihkan kerak putih di lidah tidak mengganggu “selera” minum bayi. ASI tidak menimbulkan kerak putih di lidah.

      Demikian semoga membantu.

  4. dwi said

    putri saya 5,5 bln dia sudah bisa miring, sampai saat ini kl disuruh tengkurep suka tidak mau, tp kl dari tengkurep balik lagi dia bisa, apakah ada kelainan pada motorikny?

  5. Yessyka said

    putri saya usia 6 bulan, udah mulai belajar duduk sambil disandarin kebadan kita atau udah mandi di bak mandi nya…
    yang mau ditanyakan, apakah udah perlu dinaikkan atau diletakkan di gledekan roda yang bulat untuk belajar berdirinya???

  6. achmad said

    anak saya sudah 4 bulan dan dr umur 2 bulan perilakunya sangat aktif banget, kaki dan tangan suka sekali bergoyang-goyang , dan pada umur 3 bulan sudah bisa tengkurap…dan sekarang mala uda bisa berbalik2 , daya responnya sangat kuat , tapi masi suka gumoh dan bagian belakang di bawah kepala ada bintik2 merah, apakah hal tersebut bisa di sebut alergi ?,

  7. neli said

    haloo…sy mau tanya..kenapa anak sy umur 6 bulan..beberapa hari ini lidahnya suka keluar2/menjulur…tidak setiap saat sih..kadang saat main/bercanda..kadang juga saat menangis…mohon jawaban/infonya..thanks before..

  8. andri gunawan said

    kenapa bayi saya selalu melihat ke atas ya ?

  9. andri gunawan said

    kira2 apa ada efeknya tentang bayi yg selalu melihat ke atas,,,
    saya ingin tahu jawabn lebih jelas

  10. sony said

    anak saya perempuan umur 1,5 bulan, berat badan 4,5 kg. tetapi anak saya sering melihat keatas apakah ada kelainan? tolong jawabanya terimakasih

  11. syifa yasmin said

    saya menunggu jawaban yang ditanyakan oleh sdr. Sony dan Andri Gunawan. karena pertanyaan mereka sama dengan yang dialami anak saya

  12. mau tanya nih…
    BB lahir 2,9 Panjang Badan 4,7. stlah 1bln BB jd 3,5 dan PB 5,0 terus kulitnya masih kendur…apakah bayi saya itu tumbuh normal.?
    pada usia berapa bulan pertumbuhannya bertambah pesat?

  13. bayi sy suka brkeringat banyak,apakh itu normal? kadang saat org kedinginan pun bayi sy ttp berkeringat.. sy khawatir.. mhn petunjuknya.. terimakasih..

  14. efraim panggeso said

    Anak saya berumur 1,5 bulan, dalam kesehariannya mata anak saya sering melihat ke atas padahal tidak ada obyek menarik, menurut dokter apa penyebabnya ? Dan apa solusinya

  15. ega said

    kenapa yaa akhir akhir ini anaku pup nya wrna abu” kehitaman,,apakah bahaya ….soalnya anak ku lagi banyak” nya mnum susu ,,,yaitu susu nya s26,,sy tkt udh ga cocok,,,mohon info nya ya,,klo mau ganti sufor,kira” sufor apa ya yg bgus untuk ank dibawah 6 bulan

  16. siti marwah said

    ass..wr..wb…

    mohon solusinya ibu, bayi saya usia 3 bulan saat ini mengkonsumsi asi perahan dan disambung dengan susu formula SGM karna saya sudah harus berkerja kembali, namun sya dapat laporan dari orang rumah bahwa jika setelah minum asi perah perutnya kembung setelah itu pengasuh dirumah memberikan susu formula dan akhirnya bayi saya dapat mengeluarkan angin atau kentut. padahal asi perah yang dikeluarkan dari kulkas dipnaskan terlebih dahulu pada gelas yang berisi air panas sampai asinya terasa hangat baru diminum oleh si bayi.
    mohon pencerahannya mengenai hal ini ibu agar saya dapat memberikan yang terbaik untuk bayi saya. sebelumnya saya ucapakan terima kasih banyak atas bantuannya.

    • Kautsar said

      Wa’alaikumussalam.
      Bayi sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI eksklusif sampai usia 6 bulan, tanpa tambahan apapun. Kecuali ada kelainan dalam mengeluarkan ASI pada ibunya.
      Kalau memang ibu tidak bisa memberikan ASI langsung kepada bayi, ASI Perah juga lebih disarankan, dan sebisa mungkin jangan tambahkan asupan lain selain ASIP tersebut sampai bayi usia 6 bulan. Karena setelah 6 bulan pencernaan bayi dianggap sudah siap mencerna makanan lain, sedangkan pada usia sebelumnya ada yang beranggapan pencernaan bayi belum siap. Terimakasih.

  17. abelina said

    Salam sejahtera,
    Saya mau tanya tentang gigi gusi pada anak usia 19 bulan apakah gusi sdh tumbuh atau blm? Kapan tepatnya gusi pd bayi tumbuh? Apakah anak saya normal atau harus dibawa ke tumbuh kembang bayi! Karena kami kuatir utk pertumbuhan giginya secara abangnya sebelum 1 thn sdh lengkap dan sdh ada gusinya. Terimakasih utk bsntuannya. Wasalam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.304 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: