Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Inilah Produk-produk Ramah Lingkungan

Posted by Abahnya Kautsar pada 7 Mei 2009

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata banyak yang dapat kita lakukan untuk membantu menghentikan perusakan lingkungan dengan cara mudah. Apa saja caranya ? Simak tips berikut ini :

1. PILIH PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Sebisa mungkin, pilihlah produk yang mencantumkan label ecofriendly atau recycling symbol pada kemasannya.

Label eco-friendly ditujukan pada barang atau jasa yang menimbulkan dampak negatif seminimal mungkin terhadap lingkungan. Sayangnya, belum ada standar internasional untuk konsep ini. Di Indonesia, produk berlabel ramah lingkungan seperti ini masih sulit ditemui. Yang lebih banyak adalah produk yang diklaim produsen sebagai produk ramah lingkungan, tanpa persetujuan pihak ke tiga. Label tipe ini sebetulnya sah saja dan juga bisa ditemui di negara maju seperti Amerika Serikat.

Produk dengan recycling symbol lebih umum ditemui. Simbol yang terdiri dari tiga anak panah hijau yang saling mengejar ini, digunakan untuk menandai produk yang bisa didaur ulang. Walau belum ada standar baku tentang pelabelan simbol ini, setidaknya bisa Anda jadikan patokan ketika memilih produk bagi si buah hati.

Saat ini makin banyak perusahaan apparel yang makin peduli dengan konservasi alam, sehingga memproduksi koleksi pakaian yang ramah alam. Sebisa mungkin, guanakan baju-baju berbahan 100% katun dan tidur di ranjang beralas sprei dari bahan serat alami.

2. GANTI TOILETRIES

Mengganti produk toiletries adalah cara paling cepat untuk mengurangi paparan pada kimia pada tubuh yang akibatnya makin terasa menakutkan. Kulit adalah organ terbesar yang kita miliki dan melalui kulit itu pulalah tubuh kita menyerap sebanyak apapun yang kita oleskan. Sabun mandi, sampo, pasta gigi, bubble bath, krim tabir surya dan pelembab wajah dan kulit yang kita pakai sehari-hari dipenuhi dengan zat kimia perusak yang menyebabkan sakit kulit dan alergi. Kini saatnya mengganti dengan produk natural atau organik dan tak mengandung deterjen. Serta sebisa mungkin menghindari produk yang mengandung sulfat.

Khusus untuk bayi, hindari produk yang menggunakan pewangi buatan. Produk kosmetik dengan pewangi buatan ini cenderung lebih ekonomis, namun penggunaannya meningkatkan resiko terjadinya iritasi dan alergi pada kulit. Apalagi, kulit bayi sangat halus dan tipis.Ini terjadi karena kandungan air masih cukup banyak dan ikatan antarselnya cukup longgar, sehingga kulit mudah sekali teriritasi dan mudah menyerap berbagai zat yang masuk ke dalam kulit.

3. PILIH PRODUK PEMBERSIH RAMAH LINGKUNGAN

Jujur saja, produk pembersih rumah dan perabotan yang dipakai rumah tangga kita sangat banyak variannya : deterjen masing-masing untuk baju putih, berwarna, hitam, pakaian dalam, lalu ada pewangi cucian, pewangi setrika, belum lagi cairan pembersih perabot, kaca, kamar mandi dan seterusnya. Semua bisa dipastikan mengandung zat kimia. Tak hanya berbahaya ketika terminum atau termakan oleh anak-anak, kandungan kimia para pembersih ini dalam jangka pendek dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Dan dalam jangka panjang dapat merusak bumi tercinta.

Di Indonesia sayangnya memang belum banyak diproduksi pembersih rumah dan perabot yang ramah alam. Tapi bila kita benar-benar mau peduli, ada baiknya Anda mulai memilih produk yang ecofriendly. Pilih produk yang bersifat biodegradable (bisa diuraikan lagi menjadi senyawa yang ramah lingkungan), tidak mengandung CFC atau chlorofluorocarbon, bahkan tidak mengandung parfum dan warna, serta tentu saja bebas toksik. Anda juga dapat membuat pembersih sendiri, misalnya minyak eukaliptus sebagai disinfektan atau cuka putih sebagai pembersih.

Untuk mencuci pakaian bayi, Anda dapat memilih sabun nondeterjen seperti lerak. Meski busanya tidak melimpah, lerak yang di luar negeri dikenal dengan nama soap nut, sangat aman digunakan untuk pakaian bayi dan tidak mengiritasi kulit, serta hipoalergenik sehingga tidak menimbulkan alergi.

4. RUMAH RAMAH LINGKUNGAN

Gunakan bahan yang tidak mengandung mold, asbes dan timbal. Paparan dari salah satu dari ketiga bahan ini menimbulkan dampak negatif, mulai dari reaksi alergi ringan sampai yang membahayakan jiwa. Pada beberapa orang, mold dapat menyebabkan reaksi alergi seperti iritasi pada mata, hidung, tenggorokan dan paru-paru. Serat asbes yang terhirup dapat menyebabkan penyakit serius, termasuk mesothelioma (sejenis kanker) dan asbestosis (peradangan pada jaringan di paru-paru).

Sedangkan timbal bersifat racun dan bila tertelan atau terhirup dapat membahayakan organ tubuh manusia terutama otak dan ginjal, serta fungsi reproduksi baik pada pria dan wanita. Wanita hamil, janin, dan anak usia kurang dari 4 tahun adalah kelompok yang paling rentan terhadap resiko ini.

Pilih cat yang bebas toksik. Selesai mengecat dinding, jangan buang sisa cat begitu saja ke bak cucian atau got depat rumah, simpan dalam wadahnya yang tertutup rapat. Bila Anda merenovasi rumah, tinggalkan rumah ketika kontraktor membongkar rumah Anda karena bisa saja ada timbal dan asbes yang berbahaya.

Untuk anak yang menderita asma dan alergi, perlu tempat tidur dan perlengkapan yang bebas kuman dan debu. Hindari pemakaian karpet karena lebih mudah mengumpulkan debu, kuman dan zat berbahaya lainnya. Riset yang dilakukan di Jepang dan AS menyebutkan, pilihan terbaik untuk mengurangi alergi adalah lantai kayu atau parket.

5. KURANGI AC

Tinggal di ruang berpendingin udara memang nyaman. Namun, bayi yang terus menerus menghirup udara dingin AC lebih mudah mengalami iritasi saluran pernapasan atas. Bukankah aliran udara AC berputar di ruangan itu saja ? Padahal agar sehat, Anda butuh pertukaran dengan udara luar. Belum lagi jika Anda tak sempat mengurus kebersihan AC, bisa-bisa berbagai penyakit infeksi pernapasan menghampiri Anda dan si buah hati. Maka, jika tidak terus menerus di ruang ber-AC, Anda bisa hemat listrik sekaligus hidup lebih sehat.

6. KURANGI POPOK SEKALI PAKAI

Berapa banyak bahan plastik terbuang dari pemakaian popok sekali pakai? Belum lagi jumlah plastik kemasannya. Padahal, plastik merupakan bahan yang sulit terurai. Jika memilih popok kain, Anda tak hanya membantu mengurangi sampah plastik, tapi juga menghindarkan anak dari kemungkinan iritasi kulit atau ruam popok akibat kulit bersentuhan dengan bahan plastik atau karet diaper.

Selain popok kain konvensional, saat ini telah tersedia pula beragam re-usable cloth diaper sehingga Anda leluasa memilih.

7. HINDARI INSEKTISIDA

Sadarkan anda bahwa insektisida adalah sumber racun yang sangat nyata ? Sebaiknya Anda memilih ”pembunuh serangga” yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, dengan memilih kelambu untuk menghindarkan Anda dan si buah hati dari gigitan nyamuk. Bagaimanapun, obat nyamuk adalah bahan kimia yang bersifat racun. Walaupun dosisnya kecil sehingga dinyatakan aman, tetap saja sifat-sifat dasar bahan kimia berdampak pada Anda dan si kecil.

Di kebun atau halaman rumah, Anda juga dapat menanam tanaman yang dipercaya sebagai pengusir nyamuk seperti lavender, zodia dan akar wangi.

Sebisa mungkin, pilih makanan organik dan bebas dari penggunaan insektisida. Cuci semua sayuran dan buah.

8. MAINAN NONTOXIC DAN RAMAH LINGKUNGAN

Pilih mainan yang dapat didaur ulang dan tidak menyebabkan perusakan lingkungan. Misalnya mainan dari bahan kain, atau mainan kayu yang dicat non-toxic. Di negara maju, penanganan kasus mainan yang tidak aman sangat baik dan sistematis. Sayangnya hal ini belum terjadi di negara kita.

Hindari mainan berbahan PVC untuk anak-anak kita. Zat kimia beracun tinggi yang dikenal sebai dioksin adalah hasil dari penggunaan PVC. Ini adalah racun untuk alam dan manusia, dan selalu dihubungkan dengan berbagai problem kesehatan. Saat ini sudah banyak dijual mainan ramah lingkungan yang berupa produk handmade yang memakai 100% serat alam dan produk daur ulang alam.

BEBERAPA SITUS UNTUK GO GREEN :

http://www.menlh.go.id/ekolabel-sml/

Ekolabel, Sistem Manajemen Lingkungan Indonesia

http://www.ecofriendlyproductguide.com/

Environmentally Friendly Product, All The Time !

http://www.evo.com/

Eco-friendly Products, Services and Information

Sumber :

  • Artikel Rumah Bebas Kimia oleh Tenik Hartono dan Menjadi “Ibu Hijau” oleh Dini W. Rustandi, Majalah Ayahbunda No. 8, 14-27 April 2008
  • Sharing Bmers
  • Berbagai sumber lainnya
  • About these ads

    12 Tanggapan to “Inilah Produk-produk Ramah Lingkungan”

    1. Nailil said

      Makasih infonya. Kayaknya, dengan hidup ramah lingkungan, kita juga bisa lebih menekan pengeluaran…

    2. chudexs said

      Indahnya dunia ini, saat semua bisa teratur dan tidak saling menyakitkan, sehingga ecologi akan terjaga dengan baik, salah satunya hal penting dengan menggunakan produk ramah lingkungan.Thanks for artikel, sangat bermaaf bagi saya untuk keperluan skripsi saya.

    3. thanks

    4. 100 Questions & Answers About Mesothelioma (Paperback)

      This was not acceptable, and we needed real answers to our questions and FAST!
      Harvey Pass has done an excellent job of de-mystifying the illness and his well written guide pointed us in the right direction to get the best help available.
      Thanks Harvey for a lifesaving (and encouraging) manual

    5. We are a geography activity festival organizers, would like to offer to your company in marketing the product in environmentally friendly products exhibition or willing to cooperate in a national seminar in Jakarta state university campus.
      if interested and need more information, you can contact:

      Deni Munawar / manager: 08561395645/munawardeni @ yahoo.com.

      Thank you for your attention.

    6. thanks for being such a valuable resource

    7. greenmommy said

      senang sekali melihat green movement di Indonesia, semoga masyarakat kita lebih tergerak :-) main juga ya ke http://greenmommyshop.wordpress.com we have green & organic products termasuk info abt going green.

    8. green said

      ok, thanks

      Regards

    9. riris said

      Dengan hormat,

      Mengikuti keberhasilan di negara lain, PT. RBB ALPHA ENERGY sebagai Ekslusif Master Agent ARTISMASTER, INC – USA di Indonesia, ingin memperkenalkan produk ARTICMASTER sebagai Alat Penghemat Energi untuk unit HVAC /AC (Air Conditioner) dan unit Pendingin (Refrigeration)yang merupakan produk ramah lingkungan (green product).

      ARTICMASTER beroperasi tanpa listrik, tanpa bahan kimia, tanpa moving parts dan dapat menurunkan penggunaan listrik dari 20% hingga dengan 35% pada unit yang telah dipasang, dan tidak dipasang di sirkuit listrik melainkan di liquid line sirkulasi Freon, serta didesign untuk umur teknis lebih dari 20 Tahun dengan garansi penuh selama 3 tahun.

      Pemasangan Articmaster akan meningkatkan sistem HVAC / AC atau Chillers di perusahaan anda beroperasi lebih efesien.
      Pada prinsipnya karakter dan fungsi Articmaster dapat dijelaskan sebagai berikut:

      - Alat pasif pendukung kondensor dengan dinamis mengoptimalkan tingkat pendinginan
      - Mengurangi Head Pressure aliran Refrigerant di Kompresor
      - Menurunkan pemakaian (Ampere) Listrik
      - Mampu mengalirkan lebih dingin Refrigerant dan lebih cepat, sehingga kompresor beroperasi lebih hemat (kompresor mati lebih cepat).
      - Menghemat pada kisaran 20% atau lebih listrik (pemasangan sesuai spesifikasi teknis).
      - Memperpanjang umur teknis Kompresor sampai 25% dari umur normal
      - Mengurangi kemungkinan terjadinya Icing di Evaporator Coil
      - Tidak memiliki komponen bergerak didalamnya, sehingga kehandalan sangat tinggi. Atomisasi
      - Menaikkan Efisiensi flow aliran Refrigerant

      ARTICMASTER, selain telah dipakai secara luas di USA , antara lain oleh : Lockheed Martin, NASA, Sprint, Switch & Data, Kerman Unified, Carl’s Jr, di Abu Dhabi oleh Masdar for Airport Abu Dhabi UEA, serta di India oleh Tata Hyderabad dan Reliance. Di Indonesia kami telah melakukan Pilot Installation pada Unit AC 10 PK, 12,5 PK dan 2 PK, di Pusat Perbelanjaan, Rumah Sakit, Apartemen, Pabrik di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Cirebon, serta Semarang, dengan hasil cukup memuaskan.

      Untuk lebih jelasnya, Company Profile beserta data Pilot Installation perusahaan kami dapat langsung dilihat di http://www.rbb-alpha.co.id .

      Dan untuk konsultasi / diskusi lebih lanjut, dapat langsung menghubungi kami di nomor dan alamat yang tercantum di bawah ini.

      Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
      Hormat Kami,

      Riris Nababan
      Marketing Manager

      PT RBB-ALPHA ENERGY
      Gedung Nindya Karya
      Suite 402, Jl MT Haryono, Kav 22
      Cawang, Jakarta – 13630
      Indonesia
      H: +62-81 310 888 031
      T: +62-21-809-7921 Ext. 107
      F: +62-21-809-7922
      riris@rbb-alpha.co.id

    10. hendry said

      trims infonya,mau tanya sedikit.Ada nggak kantor yang menyediakan produk ramah lingkungan di bali?.kalo ada boleh minta alamatnya?
      thnx.

      • heru herlambang said

        @ hendry,
        saya mempunyai produk sabun detergen ramah lingkungan,limbah mudah terurai sehingga tdk menimbulkan pencemaran, boleh tes lab.
        Jika perlu info lebih lanjut bisa email ke miko_69gogreen@yahoo.co.id atau bisa sms ke 08529 389 7809
        salam
        heru

    11. kitari said

      Salam Hijau,

      Kami Ecopure Distributor di Indonesia, memperkenalkan produk kami antara lain : ecopure plastic bag, ecopure stryfoam, ecopure bottle, dll.

      Ecopure adalah plastik ramah lingkungan, dan telah tersertifikasi oleh US FDA/ASTM/ISO/EPA/dll.

      Ecopure bukan jenis plastik OXO yang skrang beredar di supermarket. Produk OXO hanya memerlukan panas/UV, merubah plastik menjadi serpihan lembut, mengandung logam berat untuk membantu proses oxidasi.

      Demikian…Salam Green

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

     
    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 5.276 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: