Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Rahasia dibalik “Labu siam”

Posted by Abahnya Kautsar pada 31 Mei 2009

Khasiat Labu Siam

Sebagai Penurun Cholesterol

Sayuran ini sangat kaya akan kandungan serat, vitamin A,B, dan C, mineral dan air, niasin, dan sedikit albuminoid. Karena bersifat dingin, jika dimakan terasa sejuk dan dingin di perut.

Daging buahnya terdiri atas 90 persen air, 7,5 persen karbohidrat, 1 persen protein, 0,6 persen serat, 0,2 persen abu dan 0,1 persen lemak. Juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium, serta beberapa zat kimia yang berkhasiat obat.
Air labu siam memiliki efek diuretic yang baik, sehingga melancarkan buang air kecil. Dengan begitu, kelebihan asam urat bisa segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Khasiat

Selain untuk menurunkan lemak darah (Kolesterol dan trigliserida), beberapa pakar kesehatan dan gizi juga menyatakan bahwa labu dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes dan memperlancar proses pencernaan.

Diduga kandungan serat soluble dalam labu siam mungkin dapat mengikat sebagian garam empedu yang masuk ke dalam usus 12 jari. Selain bersifat diuretic (peluruh air seni), kandungan alkoloid-nya bisa membuka pembuluh darah yang tersumbat. Oleh sebab itulah, labu siam bisa menurunkan darah tinggi.

Melalui air seni yang banyak terbuang akibat sifat diuretic dari labu siam, kandungan garam didalam darah pun ikut berkurang. Berkurangnya kadar garam yang bersifat menyerap atau menahan air ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

Asam urat, Kencing Manis, Gusi Berdarah, Untuk menghilangkan garis hitam pada tumit.

Cara Menggunakannya

Untuk Obat Dalam :

Labu siam cocok dijadikan lalapan atau olahan sayur, seperti campuran sayur asam, sambal goreng, sayur bersantan atau dikukus sebagai lalapan.

Gusi Berdarah :

Parut labu siam secukupnya, beri dua sendok air matang dan satu sendok madu, minum 3 kali sehari, untuk menyembuhkan sariawan, makan sebagai lauk setelah dikukus atau direbus.

Tumit Hitam :

Getah labu siam, dioleskan di tempat tersebut, biarkan hingga kering setelah itu dicuci tumit hingga bersih.

Kencing Manis :

Mengonsumsi labu siam yang telah dikukus. Kandungan patinya mengenyangkan, sehingga penderita diabetes mellitus tak lagi mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan.

Penyebab

Garam empedu merupakan hasil produksi hati yang banyak mengandung kolesterol. Pengikatan garam empedu akan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dalam usus sambil menghambat penyerapan lemak dari makanan.

Hambatan penyerapan lemak terjadi lantaran untuk menyerap lemak dalam usus, lemak tersebut harus diemulsikan dahulu oleh empedu.

About these ads

44 Tanggapan to “Rahasia dibalik “Labu siam””

  1. Fatmawaty said

    Trimakasih atas informasinya sangat berguna untuk saya dan kluarga. Kebetulan saya termasuk pencinta sayuran ini (labu siam), berarti tidak salah dong klu saya berpendapat setiap minggu tanpa labu siam tak enak makan. Hehehe….

  2. aunurrafiq said

    bisakah labu siam dipakai untuk mengobati orang stroke, kalau bisa bagaimana cara penyajiannya (dimasak atau dimakan mentah, dijus, atau mesti diapain?)

  3. saya nanya sama paman google tentang manfaatlabu siam,,soalnya baru beli buat di sayur bening campur kacang panjang..mau.mau.mau…goreng ikan plus nyambal terasi..wah,,jadi laper..
    soalnyua belum di sayur,,baru goreng ikan aja,,langsung tak tinggal ke kantor lagi..

  4. mery christina sinaga said

    saya mahasiswa yg ingin meneliti tentang labu siam, selain informasi di atas
    informasi apa saja selain yg di atas tentang labu siam????
    misalnya macam-macam labu siam,

    • Kautsar said

      Asalnya tulisan itu adalah tulisan awal saya tentang Labu Siam, pengennya saya lanjutin ke tulisan berikutnya, kayak penelitian gitu..:-D sayang belum sempat browsing lagi..
      Karena di kampung banyak sekali labu siam dan seakan gak ada harganya gak kayak jaman dulu, makanya kalau ada alternatif manfaat/produk dari labu siam, insya Allah akan saya share di blog ini… semoga dimudahkan…

      • Nita said

        Saya jg suka labu siam, hampir tiap hari buat lalapan rebus…kira2 getahnya bisa buat ngilangin flek hitam dwajah gak ya..?.. Sy mau coba…:)

  5. orang keren said

    Makacih…ya atas informasinya
    Buat tambahan:tolong dong jelasin cara mengkonsumsinya Yg banyak…..

  6. dony redy said

    terima kasih atas infonya…kita bersyukur bahwa banyak sayuran dan buah yang baik buat kesehatan…termasuk labu siam..karena enak dimakan…tapi paling enak kalau dicampur jadi salad atau sayur bening atau juss…mantappp…sehattt pulaaaa…

  7. Ririez said

    sya jadi tertarik untuk bisa mengolah labu siam menjadi makanan yang lebih bernilai harganya.
    karena dilihat dari manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan..
    tp blum dpt ide…

  8. Makasih atas infonya mas. Ternyata tanaman herbal yang murah meriah dan terdapat di sekitar kita juga banyak manfaatnya. Untuk info tentang kesehatan dan juga tanaman herbal saya juga mengumpulkan di : http://ruralneurosurgery.org dan http://omosquito.com

  9. suyanto mokh ali fakih said

    Huebat, labu siam dah aku konsumsi setiap hari karena saya penderita diabet, alhamdulillah, DM ku stabil terus, gak taunya buanyak juga manfaatnya ya…

  10. hendra said

    Terimakasih infonya, kebetulan saya kurang begitu suka dengan sayuran tapi kalo sayuran ini masih tergolong mau, jadi lebih bermanfaat buat penyakit saya yang asam urat, namun caranya selain dibuat sayur misalkan dibuat jus apa ada khasiatnya ?

  11. Suryati said

    bandarlampung, 29 Juli 2010.

    Salam Sejahtera dari Saya, terima kasih atas informasi,kebetulan saya pencita sayuran termasuk labu siam, sekali terima kasih atas artikelnya. Tuhan Memberkati.

  12. Hendra said

    klo blh tahu, dpt sumber darimana y???
    hehhehee…
    saya perlu untuk tugas saya….

  13. bayu said

    boleh tau ga buku2 apa aja yang menjelaskan tentang labu siam???

  14. Ade Sukahar said

    Alhamdulillah atas ijin Allah, Setelah 5 hari lebih mengkonsumsi air perasan labu siam yang diparut, tekanan darah tinggi saya yang biasanya 160an menjadi normal, kaku dileher jg hilang, hidup jd lbh bergairah loh, Bagi rekan2 yg menderita sama spt saya dicoba deh, murah , mudah n sehat..

  15. gameboy said

    budidaya labusiam memang sangat mudah mas..

  16. isnaini said

    ass. Labu siam ni biasanya banyak juga di pake campuran bahan bikin siomay.. Sedddap ni..
    Hmmm i like it..

  17. jabon said

    alhamdulillah,saya tanam jabon dan ditumpangsari dengan labu siam..

  18. endhang nahg spentig said

    waw banyak cga yach khasiat dari sayur labsim(labu siam) nanti z coba dehhhhhhhhhhhh……………….mksih yach infox… :)

  19. endhang nahg spentig said

    :-*

  20. endhang nahg spentig said

    :*-

  21. sunarti said

    mau nanya nich,..brp buah labu siam yg hrs di konsumsi sehari untuk penyakit darah tinggi plus kolestroldan yg lebih bagus dikonsumsi dilalap mentah,di buat jus atau direbus tolong di bls trimaksh

  22. Ama Rumondang Manik said

    Terimakasih atas penjelasannya

  23. david said

    labu siam bisa bikin sehat jantung, ginjal, lambung,dan saluran pencernaan, saluran air seni, terbukti oleh seorang atlit lifter angkat berat, yang rutin mengkonsumsi labu siam 1 kg per hari. berat badannya 87 kg kemudian dalam waktu yang cukup bisa turun menjadi 68 kg.

  24. kuncoro adi said

    labu siam banyak jenisnya dari genus dan familia berbeda…antara labu siam kecil dan besar beda khasiatnya…

  25. ninia said

    ada masalah dengan BEABE andam coba komsumsi Labu Siam dengan porsi yg lebih baxk Insya Allah BEABEX tdk usa di medis apalagi di megij

  26. ani said

    labu siam selain enak, khasiatnya juga banyak. Terimakasih infonya.

  27. jordy said

    mama pernah tuh bikin es buah pake labu siam warnanya hijau muda, dan dimanisin,dibentuk kotak2 ,kirain melon ga taunya labu siam .membuat es buah mama makin cantik

  28. jazakallahu khoyr akhy atas ilmu nya.

    semoga antum mendapatkan yang lebih baik dari apa yang telah antum berikan dari tulisan ini. amin

  29. mia said

    kandungan apa yang terkandung pada buah labu siam yang dapat menurunkan kadar gula darah?????????

  30. Duhu said

    Labu siam selain direbus atau dimasak, apakah boleh untuk dibuatkan jadi juice langsung diminum?

    • Kautsar said

      insya Allah boleh, biasanya kami waktu kecil ketika demam tinggi ibu memarut labu siam -terutama yang muda- kemudian di saring dan diminum air sisa saringan tersebut. biidznillah demam bisa turun. semoga membantu.

  31. Thanks for finally talking about >Rahasia dibalik “Labu siam” Kautsar <Liked it!

  32. Kristina said

    “Rahasia dibalik “Labu siam” Kautsar” Roller Shades ended up being a relatively awesome blog, .

    Keep writing and I am going to keep reading! Thanks for your
    effort ,Priscilla

  33. maksih informasinya..
    tapi mau nanya dong apa saja sih efek samping atau kontra indikasi dari labu siam??

  34. Ranreng Liu said

    Apakh klau diparut lalu diperas n diminum tk ap2?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.276 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: