Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Hati-hati Minum Air Putih Terlalu Banyak Bisa Buta

Posted by Abahnya Kautsar pada 10 Oktober 2009

SEORANG WANITA KEHILANGAN PENGLIHATAN SETELAH MINUM AIR TERLALU BANYAK.

Dia minum 7 liter air setiap hari dengan maksud untuk “mendetoksifikasi dan mengurangi tekanan darahnya”.

Mengira bahwa makin banyak air dia minum, akan makin baik, dia meneruskan kebiasaannya dan hal ini berlangsung terus selama tiga bulan. Akan tetapi bulan lalu, wanita Taiwan berusia 26 tahun ini tiba-tiba jatuh pingsan. Ketika dia sadar kembali beberapa hari berikutnya, dia menjadi buta, menurut laporan Apple Daily Taiwan.

Dokter mengatakan bahwa kondisi wanita tersebut diketahui sebagai “keracunan air kronis”.

Jumlah air yang dia minum lebih dari tiga kali lipat dari konsumsi air harian yang disarankan bagi orang dewasa yang tidak banyak bergerak.

Dr. Jiang Shou Shan, yang merawatnya, mengatakan kepada Apple Daily Taiwan bahawa pasiennya tidak memiliki penyakit pesikologis atau masalah kesehatan lainnya, kecuali bahwa tekanan darahnya sangat menghawatirkan.

Nama wanita tersebut tidak disebutkan dalam laporan.

Dr. Jiang mengatakan, “Dia salah percaya bahwa makin banyak air dia minum, makin banyak pula dia bisa menurunkan tekanan darahnya. Sejak itu, selama tiga bulan, dia meminum 7 liter air setiap hari.”

Dr. Jiang menambahkan pada mulanya wanita tersebut akan sering buang air kecil, tapi setelah beberapa waktu, hal tersebut berubah menjadi keracunan air.

Minum terlalu banyak air bisa mengakibatkan hyponatremia, suatu kondisi dimana kadar sodium di dalam darah tidak cukup.

PEMBENGKAKAN DALAM SEL-SEL OTAK

Sebagai hasilnya, kelebihan air harus diserap oleh sel-sel tubuhnya. Sel-sel otaknya membengkak setelah meminum air, yang mengakibatkan tekanan yang meningkat di dalam otaknya.

Dr. Jiang menjelaskan bahwa tekanan tersebut mengakibatkan pendarahan di dalam occipital lobe (otak besar bagian depan), yang merupakan pusat pemrosesan visual dari otak yang berisi sebagian besar visual cortex.

Kata Dr. Jiang, “Sodium di dalam darah kita menjaga laju metabolisme sel kita. Tetapi sekali Anda meminum terlalu banyak air, ion-ion sodium akan berkurang, mengakibatkan otak membengkak.

Hal ini mengakibatkan tekanan dan berlanjut ke pendarahan.” Shin Min Daily mengutip pernyataan seorang dokter bahwa minum terlalu banyak air bisa berakibat fatal.

Dokter tersebut, dari Raffles Hospital, mengatakan bahwa tubuh kita secara konstan kehilangan air melalui keringat, buang air kecil dan air besar atau menghembuskan nafas, diantaranya.

“Mengganti ‘kehilangan air’ ini adalah esensial, tetapi rehidrasi yang berlebihan bisa mengakibatkan overdosis air yang fatal, ” kata dokter.

Menurut dokter tersebut, gejala-gejala keracunan air termasuk sakit kepala, kelelahan, hidung mampet, muntah, sering buang air kecil dan disorientasi mental.

http://www.matabumi.com/protest/hati2-minum-air-putih-terlalu-banyak-bisa-buta

About these ads

28 Tanggapan to “Hati-hati Minum Air Putih Terlalu Banyak Bisa Buta”

  1. cara dapat 52 Juta per Hari said

    wah harus di teliti tuh … dan yang ini harus dilihat … cara meningkatkan penghasilan 52 Juta / Hari … lihat aja di HPCPULSA.CO.CC

  2. supriman said

    Barangkali aernya beracun… ???

  3. nick69 said

    Menurut gw ini udah takdir Allah swt..
    Bukan air lah penyebab kmatian itu

    Ngeyel mode : on

  4. nick69 said

    Maksud gw kebutaan

  5. Mungkin aja air yang di minum kurang sehat atau tidak bersih…

    • kautsar said

      Nah.. yang ini aku setuju, mungkin airnya gak bersih, tapi dari artikel itu kan orang tersebut gak banyak gerak dan minumnya apakah sekaligus 7 liter atau tidak gak dijelasin juga kan ^_^

  6. Anonim said

    Yang penting, info tersebut bisa sebagai bahan masukan, terlepas dari apakah hal itu benar atau tidak. Daripada kita acuhkan, ternyata benar, sesal dikemudian hari tidak berguna.

    • kautsar said

      nah.. makanya itu saya posting ini sebetulnya juga sekalian berbagi apakah bener berita ini cuma “hoax” semata? kalau memang benar seharusnya bagi kita untuk waspada.. atau dengan kata lain, jangan rakus, seperlunya aja, betul tidak?

  7. Rizki lanni amelia said

    Segala sesuatu yg berlebihan adalah tidak baik….itu poinnya..

  8. bang toyib said

    Di gelonggong kaleeee… emang sapi kok digelonggong.

  9. Bukannya dengan minum air putih bisa menyembuhkan Sakit kepala, sakit badan, system jantung, arthritis, detak jantung cepat, epilepsi,penyakit ginjal dan urin, muntah-muntah, asam lambung, diare, diabetes, susah buang air besar, semua penyakit mata, rahim, kanker dll.
    Setau saya manfaat minum air putih sangat bagus untuk kesehatan…

    • Kautsar said

      Bener banget, sepenuhnya kita percaya bahwa air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, hanya saja, ketika kita mengkonsumsi secara berlebihan maka tentu efeknya akan buruk, apalagi mengkonsumsi berlebihan dalam satu waktu.. itulah titik masalahnya.

      Lagipula dalam artikel di atas juga telah dijelaskan secara ilmiah bagaimana efek kelebihan air seperti pembengkakan sel otak, dll.

      Sebagai catatan juga bahwa standar kesehatan juga cuma 3 liter per hari, yang disarankan.

      Demikian semoga bermanfaat..:-)

  10. joko said

    adakah literatur yang lebih kuat secara keilmuan tentang hal ini ?

  11. danang said

    ternyata bahaya jg y minum air berlebihan….

    bisa mengakibatkan mabuk g’ y…

  12. rinandika said

    emg smw tuu hrus “cukup”..
    sgLa ssuatu tuu g baeg kL Lebay..

  13. eddy said

    kebanyakan minum air secara terus menerus juga dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah. minum secukupnya saja sesuai dengan yang di anjurkan..ora usah kokean polah…!!!

  14. riduan said

    emang sih sesuatu yg berlebihan itu tidak baik walau pun yg kita kosumsi itu baik yg jelas lakukan sebatas normal aja …….

  15. ariel said

    masak iya sih…… yg bener yg mana

  16. kamusarab said

    2 liter aja gak habis shari…aplg 7 liter…pdhl tinggal d tmpt yg dingin..

  17. Darryl said

    yang jelas, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik…

    berbagi sedikit info aja…
    cairan yang hipotonik (misalnya: air) itu bisa menyebabkan sel-sel dalam tubuh lisis (pecah) karena membengkak. pembengkakan ini terjadi karena sifat osmolalitas (kalo nggak salah) air. dalam sitoplasma sel tubuh, sifat cairannya adalah isotonis, makanya, ketika sel-sel ini dikelilingi oleh cairan yang sifatnya hipotonik, cairan yang bersifat hipotonik ini bergerak masuk ke dalam sel yang bikin sel akhirnya membengkak dan kemudian lisis.
    prinsip ini yang dipake dalam tata cara pemberian cairan infus. kita harus lihat kebutuhannya, bukan asal kasih, apalagi dalam jumlah banyak…
    untuk lebih-lebih jelasnya silakan searching..^^

  18. Elita said

    Betul,
    saya sndri sdh mngalaminy

  19. Elita said

    Betul saya sndri sdh mengalaminy
    hal ini trjd pd saya,prtam sya mmbca sebuh tips yg brjdul
    manfaat mnum air ptih,
    dsn diktakan ,
    bhwa jka kt mnum air putih skaligus 5-6 gelas pas bq bngun tdr mnfaat bnyk skali.
    Diantaranya:
    menurunkan berat badan,mencerahkan kulit,membuang racun dalam tubuh,menghilangkan jerawat,mnybuhkan pnykit jantung,ginjal,dan masih bnyak lg.
    Dr st sy tertarik,sy mmpraktkkan itu
    tiap pg sy mnum air pth yg dngin 6 glas ,lain lg mnum pas mkan siang,kgiatan2 lain.
    Mlai dr stulah sy rjin mnum bnyak2,dan tnpa sy sdri di blk itu smua sy sdh kracunan air,hdung sy mmpet trus,dan bhkan prasaan sy kpala sy srg pusing,dan kdang tdk ingt apa2,sy jd plupa.
    Q bngung pa dlam otak sy da pmbngkakan.
    Dan dr st,klo sya mnumny gak lbih,sya lngsung plek,dmam dan hdung sy mmpet brklanjutan.
    Tman2 smua sy mnta mskan dr klian, gmna crnya mngatsi smua ni.
    Klo itu da kmbuh,sy kdang mau smpe stress.
    Pa yg trjd pd otk sya.
    Ya Tuhan kpdaMulh q brsrah,
    krna bagiMu tdk ada yang mustahil.
    Sy ykin dn prcya
    di dlam Tuhan da ksmbuhan.
    Amin…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.308 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: