Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Hadits-Hadits Tentang Keharaman Nyanyian dan Alat Musik ( 3 )

Posted by admin pada 6 Februari 2008

Hadits Ketiga:

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan bagi saya –atau telah mengharamkan (tanpa lafazh “bagi saya”)- khamar, judi dan “al-kubah” (gendang kecil; rebana) dan setiap yang memabukkan adalah haram”.

Hadits ini diriwayatkan oleh Qais bin Habtar An-Nahsyaliyy dari beliau Radhiyallahu ‘anhu, dimana terdapat dua jalan periwayatan dari Qais ini:

Jalan pertama: dariAli bin Budzaimah, beliau berkata: “Qais bin Habtar An-Nahsyaliyy berkata kepada saya dari beliau Radhiyallahu ‘anhu” (dikeluarkan oleh Abu Dawud (3696), Al-Baihaqi (10/221), Ahmad dalam kitab “Al-Musnad” (1/274) serta dalam “AlAsyribah” no. 193, Abu Ya’la dalam kitab musnad beliau (2729), Ibnu Hibban dari Abu Ya’la dalam kitab hadits beliau   Shahiih Ibnu Hibbaan” (5341), Abu Al-Hasan Ath-Thusi dalam “Al-Arba’iin” (1/13-Zhaahiriyah), Ath-Thabrani dalam “Al-Mu’jamul Kabiir” (12/101-1,2)-/12598 dan 12599) dari jalan Sufyan dari ‘Ali bin Budzaimah). Sufyan berkata:

“Saya bertanya kepada ‘Ali bin Budzaimah: “Apakah “al-kubah” itu?”

“Ath-thabl” (gendang, dram)”, jawab ‘Ali bin Budzaimah.

Jalan Kedua: dari Abdul Karim Al-Jazari, dimana beliau meriwayatkan dari Qais bin Habtar dengan lafazh: “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan buat mereka khamar, judi dan “al-kubah” –yaitu “ath-thabl”- dan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bersabda: “Setiap yang memabukkan adalah haram”. (dikeluarkan oleh Ahmad (1/289) begitu-pula dalam “Al-Asyribah” (14), Ath-Thabrani (12601) dan Al-Baihaqi (10/213-221).

Dan ini adalah isnad (periwayatan) yang shahih pada kedua jalannya yang sampai kepada Qais ini, dimana Abu Zar’ah pun telah mentsiqahkan beliau begitu-pula Ya’qub dalam kitab “Al-Ma’rifah” (3/194), Ibnu Hibban (5/308) serta An-Nasa’i dan al-hafizh Ibnu Hajar dalam “At-Taqriib”. Adapun Adz-Dzahabi sebagaimana yang disebutkan dalam “Al-Kaasyif” hanya menyebutkan tautsiq An-Nasa’i dan telah didukung pula oleh beliau sendiri, karena itu Asy-Syaikh Ahmad Syakir menshahihkan hadits ini dalam ta’liq beliau atas kitab “Al-Musnad” tepatnya di dua tempat: (4/158) dan (4/218).

Sedang mengenai Ibnu Hazm maka beliau dalam hal ini syadz (menyimpang, menyalahi), beliau berkata dalam kitab beliau  Al-Muhalla” (7/485): “Beliau (Qais) seorang yang tidak dikenal (majhuul)”. Padahal kenyataannya sejumlah perawi yang tsiqah meriwayatkan hadits ini dari beliau, pun hadits ini termasuk yang luput dari pengamatan beliau (Ibnu Hazm) sehingga beliau tidak memasukkannya ke dalam kelompok hadits-hadits keharaman al-ma’aazif yang beliau dha’ifkan, begitu-pula dengan hadits keempat berikut ini yang luput atau tidak di dha’ifkan oleh beliau.

Diterjemahkan dari Kitab : “ Tahrim Aalat Ath Tharb “ Karya asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: