Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Muqaddimah – Di antara Cinta dan Kemurkaan Allah Ta’ala

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 Februari 2008

Oleh : Adnan Ath-Tharsyah

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji hanya milik Allah, kita memujiNya, kita memohon pertolongan kepadaNya, dan kita memohon ampun kepadaNya, dan kita berlindung kepada Allah dari kejelekan-kejelekan diri kita dan kejelekan amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tidak ada seorangpun yang dapat menyesatkannya,dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak ada seorangpun yang dapat memberi hidayah kepadanya.

         Saya bersaksi bahwa tidak ada yang patut disembah dengan haq (benar) kecuali Allah saja, dan tidak ada sekutu bagiNya, dan saya bersaksi bahwa Muhammad sholallahu ‘alaihi wa sallam adalah hambaNya dan RasulNya.

Segala puji hanya bagi Allah Ta’ala, kami memuji hanya kepada-Mu, meminta bantuan hanya kepada-Mu, meminta ampunan dari-Mu dan kami berlindung kepada Allah dari keburukan jiwa-jiwa kami dan dari amal-amal perbuatan kami yang tercela. Dan barang siapa yang telah mendapatkan hidayah dari Allah maka tidak akan seorangpun yang akan menyesatkannya dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak seorangpun yang akan dapat memberinya petunjuk. Dan saya bersaksi tiada Ilah selain Allah semata dan tidak ada syarikat atas diri-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya.

            Segala puji bagi Allah yang mana rahmat-Nya mendahului kemurkaan-Nya, kecintaan-Nya mendahului kebencian-Nya, dan ridha-Nya senantiasa mendahului ketidak senangan-Nya. Laa ilaha illa huwa, segala nikmat, keutamaan dan sebaik-baik sanjungan hanya bagi-Nya, dan kami tidaklah beribadah kecuali kepada-Nya dengan penuh keikhlasan menyerahkan setiap perkara agama hanya bagi-Nya, walau orang-orang kafir membencinya.

            Tatkala Allah subhanahu wata’ala mentakdirkan segala sebab dan memudahkan semua kondisi bagiku untuk memulai menulis kitab ini : “ Amalan-amalan yang dicintai dan dibenci oleh Allah jalla jalaaluhu “ , terbersit dalam diriku pada awal penulisan ini, bahwa penulisan kitab ini dengan peletakan ayat-ayat dan hadits-hadits yang menyebutkan kecintaan Allah atau kebencian-Nya terhadap kalangan tertentu, atau pada hal-hal atau beberapa perkara tertentu. Akan tetapi, belum lagi saya memulai kitab ini, saya telah merasakan bahwa dihadapan saya tergambarkan sebuah amal yang sangat luas, namun saya tidak berputus asa … Sungguh saya telah mendapatkan bantuan yang tidak terhingga dari Allah subhanahu wata’ala yang telah memudahkan bagiku pembahasan, penyusunan, telaah dan penetapan hukum dan selainnya yang saya butuhkan dalam menulis kitab ini. Maka segala puji hanya bagi Allah yang dengan segala nikmat-Nya amal-amal shalih dapat sempurna.

            Kitab ini terdiri atas seratus lima puluh ( 150 ) pembahasan yang berbeda. Masing-masing pembahasan tersebut dapat dijadikan materi dalam khuthbah jum’at, muhadharah, pelajaran keagamaan, sebuah tulisan/buku dan selainnya.

            Dan mesti pula saya tegaskan, bahwa selain ayat-ayat al-Qur’an al-Karim, dalam tulisan ini saya tidak bersandarkan selain kepada hadits-hadist yang shahih  dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

            Ma’aliy asy-Syaikh Shalih bin Abdul ‘Azis bin Muhammad Aali asy-Syaikh, menteri bagian Keislaman telah memberikan pujian akan kitab ini, dimana beliau mengomentari kitab ini dengan sebuah kalimat pujian yang demikian fasihnya, yakni : “ Belum seorangpun yang mendahuluiku melihat kumpulan sedemikian rupanya “. Maka saya pun berharap dari Allah ta’ala, semoga kitab ini merupakan amal satu-satunya dalam kumpulan materi ini, dan sebagai acuan dari setiap amalan yang dicintai dan dibenci oleh Allah ta’ala.

            Adapun sasaran utama dari penulisan ini, tiada lain agar setiap kaum manusia siapapun dia dapat mengetahui kalangan orang-orang yang dicintai oleh Allah, sehingga diapun beramalan dengan harapan menjadi salah seorang dari kalangan tersebut, dengan begitu dia akan meraih kemenangan dan keselamatan didunia maupun di akhirat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  sendiri berdoa kepada Allah  ta’ala dengan mengucapkan:

االلهم … و أسألك حبك , و حب من يحبك  و حب عمل يقرِّب إلى حبك .

“ Wahai Allah … saya memohon kepada-Mu, kecintaan-Mu, kecintaan dari orang-orang yang mencintai-Mu, dan kecintaan beramal dengan amalan yang akan mendekatkan aku kepada-Mu “ (Shahih Sunan at-Tirmidzi no. 2582).

Dan juga agar dia mengetahui kelompok manusia yang terbenci disisi Allah, sehingga dengan begitu dia dapat menghindarkan dirinya dari amalan yang akan menjadikan dirinya salah seorang dari mereka, dan mengetahui  amalan-amalan yang dibenci oleh Allah  sehingga dengan begitu dia akan dapat menghindarinya sehingga dia tidak meraih kebinasaan dan adzab didunia maupun diakhirat. Dan demikianlah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  telah pula berdoa kepada Alah ta’ala meminta perlindungan kepada-Nya, seraya mengucapkan :

اللهم إني أعوذ بك من منكرات الأخلاق والأعمال و الأهواء.

“ Wahai Allah, sesungguhnya saya berlindung kepada-Mu dari akhlak perilaku, segenap amalan dan kehendak nafsu yang munkar lagi tercela “ (Shahih Sunan at-Tirmidzi no. 2840).

            Saya memohon kepada Allah Dzat yang Maha Tinggi, lagi Maha Menguasai agar kitab ini bermanfaat bagi seluruh kaum muslimin, dan agar menjadikan kitab ini sebagai amalan yang ikhlas mengharapkan perjumpaan melihat wajah-Nya yang Maha Mulia, dan menjadikan kitab ini sebagai bagian dari ilmu yang bermanfaat, dan menempatkannya dalam timbangan kebaikanku kelak dihari perhitungan, dan disodorkan oleh-Nya, sesungguhnya Dialah Dzat yang semulia-mulianya untuk menyerahkan pengharapan dan sepantas-pantasnya Dzat untuk mengharap pengabulan permintaan .

Wa akhiir da’waanaa, anil-hamdu lillah rabbil-‘alamiin.

Wa shalallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Aalihi wa shahbaihi wa sallama tasliman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: