Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 Maret 2008

Allah ta’ala berfirman :

          “ Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil “ (Surah al-Maidah : 42)

          Al-Muqsithun : Adalah orang-orang yang berlaku adil dan selalu berbuat benar, mereka yang selalu mengajak kepada kebenaran, menyuruh kepada yang ma’ruf dan melarang yang mungkar, bertaqwa kepada Allah dan menyambung tali silaturrahim.

          Mereka adalah orang-orang yang meletakkan hukum kepada sesama manusia dengan keadilan, yaitu dengan kebenaran dan adil, menetapkan putusan sesuai dengan hukum Allah yang diturunkan didalam kitab suci-Nya.

          Dan mereka adalah orang-orang yang berlaku seimbang kepada kaum manusia, memberikan bagian mereka dengan pembagian yang benar dan adil, mereka berlaku baik kepada yang telah berbuat baik kepada mereka dan belaku ihsan kepada yang telah berlaku ihsan kepada mereka.

          Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 “Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil disisi Allah berada diatas minbar yang terbuat dari cahaya disisi kanan tangan ar-Rahman ‘azza wajalla. Dan kedua tangan ar-Rahman keduanya kanan : Mereka adalah orang-orang yang berlaku adil dalam setiap hukum mereka, berlaku adil kepada sanak keluarga mereka dan kepada yang mereka urus“ (Diriwayatkan oleh Muslim didalam Kitab al-Imarah, bab. Fadhilah al-Amiir al-‘Adil wa ‘uqubah al-Jaair wal-hatstsu ‘ala ar-Rifq)

          Dan keutamaan ini hanyalah bagi yang berlaku adil dengan segala yang dibebankan kepadanya berupa : Khilafah, kekuasaan, qadha’/hukum, pengurusan atau pengawasan anak yatim, zakat atau wakaf, dan hal-hal yang menjadi keharusan baginya berupa hak-hak keluarga, anak-anaknya dan lain sebagainya. (An-Nawawi : Syarh Shahih Muslim 2 / 212).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: