Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Allah mencintai seorang Mujahid fi Sabilillah

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 Maret 2008

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 “ Ada tiga golongan yang dicintai oleh Allah : Seorang laki-laki yang menghadapi musuhnya pada sbeuah pertempuran lalu dia menyodorkan lehernya bagi mereka hingga terbunuh ataukah membawa kemenangan bagi rekan-rekannya “ (Shahih al-Jami’u ash-Shaghir, nomor 3074).

          Seorang Mujahid : Adalah seseorang yang berjihad fi sabilillah dan maju menyerang dan melawan musuh, maka baik dia akhirnya terbunuh atau membuka jalan kemenangan bagi rtekan-rekannya lalu mengalahkan musuh mereka, sedangkan dia melakukan hal tersebut dikarenakan Allah ta’ala berfirman :

          “ Sesungguhnya Allah telah membeli jiwa-jiwa kaum yang beriman dan  juga harta mereka, bahwa balasan bagi mereka adalah surga. Kemudian mereka berperang dijalan Allah  dan mereka terbunuh ataukah membunuh. Janji yang benar baginya yang tercantum didalam Taurat, Injil dan al-Qur’an. Maka siapakah yang paling menepati jajinya daripada Allah. Maka kalian bergembiralah dengan jual beli kalian lakukan. Dan seperti itu adalah kemenangan yang amat besar “ (Surah at-Taubah : 111).

Dia mengadakan transaksi atas dirinya dan menjual jiwanya dengan membeli sorga. Dan inilah jual beli yang paling dicintai oleh Allah ‘azza wajalla, sebagaimana firman Allah ta’ala :

          “ Wahai orang-orang yang beriman, maukah kalian Aku tunjukkan dengan sebuah jual beli yang akan menyelamatkan kalian dari adzab yang pedih. Yaitu kalian beriman kepada Allah dan berjihad dijalan Allah dengan harta-harta kalian dan jiwa-jiwa kalian. Dan itu bagi kalian adalah lebih baik, jikalau kalian mengetahui. Allah akan mengampuni dosa-dosa kalian dan akan memasukkan kalian kedalam sorga-sorga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, serta kediaman-kediaman yang baik di sorga Aden. Demikian itu adalah kemenangan yang besar. Dan lainnya lagi yang kalian senangi. Sesungguhnya pertolongan dari Allah dan kemenangan teramat dekat bagi kalian, maka berilah kabar gembira bagi orang-orang yang beriman “ (Surah ash-Shaff : 10 – 13).

          Dan Allah pasti akan menepati hal itu, dikarenakan berjihad di jalan Allah adalah amalan yang paling dicintai Allah. Dan seorang mujahid adalah seutama-utama kaum manusia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  telah ditanya :

 “ Kaum manusia manakah yang paling utama?. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “ Seorang mukmin yang berjihad fi sabilillah dengan jiwa dan hartanya “ (Diriwayatkan oleh al-Bukhari didalam Kitabal-Jihad, bab. Afdhalun-Naas mu’min mujahid binafsihi wa maalihi fi sabilillah).

          Dan Allah pasti akan menepati janjinya itu, dikarenakan :

 “Allah akan telah memberi jaminan bagi seseorang yang berjihad dijalan-Nya, tidak satupun alasan dia keluar selain untuk ber-jihad di jalan-Nya, dan sebagai pembenar kalimat-kalimat Alah, bahwa Allah memasukkannya didalam surga ataukah Allah akan mengembalikannya ketempat kediamannya dimana dia berasal, bersama dengan segala yang dia dapatkan berupa pahala dan ghanimah –harta rampasan perang–“ (Diriwayatkan oleh al-Bukhari didalam Kitab at-Tauhid).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: