Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Obat mengandung lemak babi

Posted by Kautsar pada 23 Oktober 2008

Barangkali berita ini kembali menjadi ramai di kalangan masyarakat saat ini, benarkah obat atau lebih sopan lagi sebagian obat mengandung lemak babi. Dari informasi yang diperoleh penulis memang ada sebagian obat menggunakan lemak babi sebagai salah satu bahannya, wallahu a’lam.

Namun, untuk lebih mendapatkan informasi tentang hal ini, penulis sedapat mungkin akan menampilkan beberapa artikel berkaitan dengan hal ini, semoga bermanfaat.

Artikel pertama dari liputan6.com :

MUI: Ada Indikasi Obat Mengandung Babi

Liputan6.com, Medan: Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Kota Medan, Sumatra Utara, mengindikasikan adanya kandungan lemak babi dalam selongsongan kapsul beberapa jenis obat. Berdasarkan hasil tes di laboratorium, dari 38 contoh produk obat berbentuk kapsul ternyata lima selongsong kapsul produk obat tertentu dinyatakan positif mengandung lemak babi.

Dari uji baru lima produk obat itu, empat di antaranya produk impor dan satu produk lokal juga terdeteksi mengandung lemak babi. Namun, LPPOM MUI Kota Medan sebagai lembaga yang melansir temuan itu menolak menyebutkan nama dan merek obat yang selongsong kapsulnya terindikasi mengandung lemak babi. Mereka berkilah tidak memiliki kewenangan mempublikasikan temuannya apalagi untuk kasus yang sesensitif itu. “Kasus ini tidak boleh dipublikasikan,” kata Prof Dr Aznan Lelo, Direktur LPPOM MUI Medan, Selasa (21/10).

Penemuan LPPOM MUI Medan ini kontan membuat masyarakat resah. Penjual dan pembeli obat juga menyesalkan keputusan LPPOM yang menolak merinci nama dan merek produk obat dengan kandungan lemak babi pada selongsong kapsulnya. Masyarakat berhak memperoleh kejelasan atas dugaan LPPOM MUI Medan menyangkut temuan mereka atas selongsong kapsul yang mengandung lemak babi.(IAN/Yudhistira)

Kemudian dari detiknews.com :

MUI Medan Temukan Obat Mengandung

Lemak Babi

Khairul Ikhwan – detikNews

Medan – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan menemukan sejumlah obat-obatan yang beredar bebas di apotek di Medan mengandung lemak babi. Namun MUI tidak bersedia merinci jenis obat apa saja yang mengandung lemak babi tersebut.

Hal ini dikatakan Ketua MUI Medan Muhammad Hatta kepada wartawan di kantornya, Jl. Nusantara Medan, Selasa (21/10/2008). Menurut Hatta, penemuan obat-obatan mengandung lemak babi ini berdasarkan hasil penelitian Lembaga Pengawas Peredaran Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Medan.

“Obat-obatan yang mengandung lemak babi tersebut adalah bagian pembungkus atau selongsong kapsul obat-obatan,” kata Hatta.

Ditegaskan Hatta, obat yang mengandung babi, haram dikonsumsi umat Islam. Sayangnya, Hatta tidak menyebutkan obat jenis apa saja yang mengadung lemak babi dan beredar bebas di sejumlah apotek di Medan.

“Jadi kita imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati membeli obat atau suplemen. Teliti dulu sebelum membeli. Sejumlah obat tidak halal karena mengandung babi,” sebut Hatta.

Hatta mengaku, MUI Medan belum dapat bersikap lebih jauh tentang keberadaan obat-obatan mengandung lemak babi ini, karena Undang-undang Sertifikasi Halal belum disahkan Komisi VIII DPR RI. “Namun kita sudah serahkan penemuan kita ke Balai Pengawas Obat-obatan dan Makanan Sumut,” kata Hatta.

Sementara peneliti dari Lembaga Pengawas Peredaran Obat dan Makanan (LPPOM) MUI Medan Prof. Aznan Lelo mengatakan, kandungan babi tidak hanya ditemukan pada obat-obatan, namun sejumlah makanan dan minuman tidak tertutup kemungkinan mengandung unsur yang haram. “Masyarakat sebaiknya jeli melihat makanan dan minuman. Karena kandungan babi tidak hanya pada obat-obatan. Pada kosmetik juga ditemukan,” sebut Aznan Lelo. (detiknews)

Dari dua tulisan tersebut barangkali menjadi sedikit renungan bagi kita, agar lebih jeli dalam memilih dan mengkonsumsi obat-obatan. Dan masih banyak lagi artikel yang berkaitan dengan itu, namun biarlah Anda sendiri yang sekarang mencarinya. he..he.. kalau dapat yang lebih lengkap lagi share ya… Biar bermanfaat bagi ummat.

Iklan

2 Tanggapan to “Obat mengandung lemak babi”

  1. infoGue said

    Artikel anda di

    http://obat2-an.infogue.com/obat_mengandung_lemak_babi

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. hidayat said

    ini adalah salah satu cara bagi orang kafir untuk melemahkan islam

    apa saja yang menghalangi diijabahnya doa? salah satu nya makanan yang haram

    doa = senjata orang beriman

    doa terhalang = senjata orang mukmin lemah = umat islam secara keseluruhan menjadi lemah. na’udzubillah

    wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: