Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Tidak tercapainya Persatuan di antara kaum muslimin

Posted by Abahnya Kautsar pada 21 Januari 2009

Pasal

Tidak tercapainya Persatuan di antara kaum muslimin

Akankah tercapai kesepakatan dan persatuan dengan sebab kaidah ini, saling memberikan kelapangan udzur satu sama lainnya pada setiap yang diperselisihkan ?

Sedikitpun tidak akan tercapai, dimana tidak akan tercapai persatuan dan kesepakatan kecuali dengan kembali kepada Al Qur’an Al Hadi –yang membawa petunjuk–

Allah tabaraka ta’ala berfirman :

{ كَانَ النَّاسُ أمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللهُ النَّبِيِّيْنَ مُبَشِّرِيْنَ وَ مُنْذِرِيْنَ وَ أَنْزَلَ عَلَيْهِمْ مَعَهُمْ الكِتَابَ بِالحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ وَ مَا اخْتَلَفَ فِيْهِ إِلاَّ الذِيْنَ أثوْتُوْهُ مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ اْلبَيِّنَاتُ بَغْياً بَيْنَهُمْ فَهَدَى اللهُ الذِيْنَ آمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَ اللهُ يَهْدِيْ مَنْ يَشَاءُ إِلىَ صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ }

” Adalah kaum manusia itu berada dalam satu ummat ketika Allah mengutus para Nabi membawa kabar gembira dan peringatan dan menurunkan kepada mereka bersama para Nabi itu Kitab yang haq, agar memberikan hukum kepada kaum manusia dari segala yang mereka perselisihkan. Dan tidaklah yang berselisih itu melainkan mereka yang telah diberikan kepadanya Al Kitab setelah datang kepada mereka keterangan yang jelas karena kesombongan mereka, maka kemudian Allah menurunkan hidayah-Nya bagi orang-orang yang beriman dari apa yang mereka perselisihkan yaitu berupa kebenaran dengan idzin-Nya, dan Allah memberikan hidayah bagi yang Ia kehendaki –berada – diatas jalan yang lurus. “ – Al Baqarah 213 –

Berkata Al Qasimi : ” Setelah itu mereka menjadi sesat setelah ada pada mereka ilmu sepeninggal para Rasul Allah, dan mereka berselisih tentang perkara agama , dikarenakan perselisihan mereka tentang Al Kitab , { و ما اختلف فيه } ” dan tidaklah mereka berselisih tentangnya “,yakni tentang Al Kitab yang datang dengan petunjuk yang tidak ada kesamaran didalamnya, yang diturunkan untuk menghapus segala bentuk perselisihan. { إلا الذين أتوه } ” … terkecuali mereka yang telah diberikan kepadanya Al Kitab “, yakni : mereka yang telah mengetahuinya, dan mereka menukarkan kenikmatan dari Allah dengan terjerumus dalam perselisihan terhadap sesuatu yang Allah turunkan untuk menghapus segala perselisihan.

Dan perelisihan mereka ini bukanlah dikarenakan kesamaran Al Kitab itu bagi mereka, melainkan { من بعد ما جاءتهم البينات } ” … setelah datang kepada mereka keterangan yang jelas ” , yaitu : dalil-dalil yang terang, dikarenakan { بعيا بينهم } ” kesombongan yang ada pada diri mereka ” yakni : perasaan hasad ” [1]

Berkata Qowwamus Sunnah Abul Qasim Al Ashbahani : ” Dan sebab kesepakatan para Ahlul Hadits, dikarenakan mereka menyadur Agama ini dari Al Qur’an dan As Sunnah dan melalui jalan-jalan syara’, maka akhirnya mewariskan kesepakatan dan persatuan. Adapun Ahlul bid’ah , merka mengambil agama ini dari akal pemikiran dan pendapat orang, yang akan mewariskan kepada mereka perpecahan dan perselisihan “[2]

Berkata Asy Syathibi : ” Firman Allah ta’ala :

{ وَ اعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَ لاَ تَفَرَّقُوْا }

” Dan berpegang teguhlah kalian semuanya dengan syari’at Allah dan janganlah kalian tercerai berai “

Allah ta’ala menjelaskan bahwa persatuan hanya akan terbentuk ketika bersama-sama menyatu dalam satu ikatan, adapun jikalau masing-masing kelompok bergantung dengan ikatan yang berbeda dengan kelompok lainnya, maka pasti akan terjadi perpecahan, dan inilah makna dari firman Allah ta’ala :

{ وَ أَنَّ هَذَا صِرَاطِيْ مُسْتَقِيْمًاً فَاتَّبِعُوْهُ وَ لاَ تَتَّبِعُوْا السُّبُلَ فَتَفَرقَ بِكُمْ عَنْ سَبشيْلِهِ }

” Dan inilah jalanku yang lurus maka kalian ikutilah dan jangan sekali-kali kalian mengikuti jalan-jalan lainnya yang akan mengakibatkan kalian tercerai berai dari jalan-Nya –” [3]

Judul Asli : Zajr Al Mutahawin Bidhorurah Qaidah Al Ma’dzarah wat Ta’awun

Penulis : Hamd bin Ibrahim Al ‘Utsman

Muroja’ah : Al ‘Allamah Asy Syaikh Sholeh bin Fauzan Al Fauzan

Rekomendasi : Al ‘Allamah Asy Syaikh ‘Abdul Muhsin Al ‘Abbad

Penerbit : Maktabah Al Ghuraba’ Al Atsariyah

Cetakan Pertama 1419 H / 1999 M

Penerjemah : Abu Zakariya Al Atsary


[1] Mahasinut Ta’wiil 3 / 528

[2] Al Hujjah fii Bayanil Mahajjah 2 / 226

[3] Al I’tishom 2 /192

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: