Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Fakta Tentang Obat Generik

Posted by Ummu Kautsar pada 15 Maret 2009

Apa itu Obat Generik?

Obat generik adalah obat alternatif yang mirip dengan obat asal yang bermerk. Sama dengan obat bermerk dari segi dosis, kekuatan, keamanan, cara pengambilan dan penggunaannya.

Apakah manfaat menggunakan obat generik dibandingkan dengan obat bermerk?

Biaya, Obat generik dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan obat bermerk yang memiliki kandungan yang sama.

Kenapa obat generik bisa lebih murah?

Pembuat obat generik tidak perlu menanggung biaya yang tinggi untuk riset yang mendalam karena pembuat obat bermerk sebelumnya telah melakukannya. Sehingga harga obat generik bisa lebih murah.
Obat bermerk biasanya dilindungi dengan hak paten (paten protection) untuk jangka waktu 20 tahun. Didalam tempo waktu itu, hanya pembuat asal yang diberikan hak untuk menjual obat itu. Setelah lewat masa itu, pembuat obat yang lain bisa memohon untuk menjual obat yang sama dengan versi generik. Pembuat obat generik dapat menjual obat generik lebih murah karena pembuat obat generik tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya riset obat tersebut. Selain itu dengan adanya saingan obat generik yang lain, menyebabkan harga obat generik bisa tetap lebih murah.

Apakah obat generik aman digunakan?

Ya semua obat generik mengandung ramuan aktif yang sama dengan obat bermerk. Obat-obatan ini berfungsi dengan cara yang sama dalam tubuh kita serta memiliki efek samping dan manfaat yang sama.

Kenapa obat generik tidak mirip bentuknya dengan obat asal yang bermerk meskipun komposisi yang sama?

Undang-undang tanda bermerk (trademark) tidak membenarkan obat generik menyerupai obat bermerk. Selain itu warna, rasa dan kemasan pun mungkin berbeda.

Sumber : f-buzz.com. Photo: bcbs.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: