Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Apakah Sakit Kepala Sebelah Selalu Migrain?

Posted by Ummu Kautsar pada 13 Juli 2009

Migrain atau nyeri kepala sebelah adalah salah satu penyakit yang diperkirakan diderita oleh 25% wanita dan 10% pria di seluruh dunia. Secara statistik, wanita tiga kali lebih sering terkena migrain dibanding laki-laki dan lebih banyak diderita orang dewasa di usia 20 hingga 50 tahun.

Seiring pertambahan usia, tingkat keparahan dan frekuensinya pun ikut menurun. Migrain juga banyak menimpa remaja dan anak-anak. Terutama mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat penderita migrain.

Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang disertai mual dan muntah yang biasanya menyerang di pagi hari, sehingga sangat mengganggu aktivitas. Penderita juga biasanya menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau-bauan.

Sakit kepala akibat migrain, agak sulit dibedakan dengan sakit kepala akibat sinusitis atau otot leher tegang. Meski sering dirasakan di salah sisi kepala, namun nyerinya bisa berpindah atau mengenai kedua sisi sekaligus.

Migrain juga dapat timbul akibat adanya penyakit lain, seperti asma dan depresi atau penyakit berat, semisal tumor atau infeksi. Namun kejadian ini sangat jarang.

Meski belum diketahui pasti penyebabnya, migrain diperkirakan terjadi akibat adanya hiperaktivitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (peradangan).

Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala lain, seperti mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Faktor genetik umumnya sangat berperan pada timbulnya migrain.

Migrain terbagi dalam empat golongan, yaitu:

Migrain biasa

Sebagian besar penderita migrain umumnya menderita migrain golongan ini, dengan gejala seperti nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala dengan intensitas sedang hingga berat. Bila sudah parah, penderita tidak dapat beraktivitas karena selalu merasa mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara dan bau. Sakitnya akan hilang sendiri dalam waktu 4 hingga 72 jam.

Migrain Klasik

Migrain golongan ini umumnya didahului dengan gejala yang dinamakan aura, yaitu gangguan penglihatan seperti melihat garis bergelombang, cahaya terang, bintik gelap atau tidak dapat melihat benda dengan jelas.

Gejala aura lainnya, adalah rasa geli atau kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, atau merasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung.

Penderita dapat mengalami satu atau beberapa macam gejala, meski tidak timbul secara bersamaan. Gejala yang umumnya timbul 30 menit sebelum rasa sakit ini, dapat hilang atau bertahan sampai rasa sakit di kepala menyerang.

Migrain Haid

Migrain ini umumnya timbul beberapa hari sebelum, selama atau sesudah haid. Penderita akan tahu bahwa migrain yang ia rasakan, berhubungan dengan siklus haidnya. Rasa sakit yang dirasakan, bisa seperti migrain biasa atau klasik.

Migrain Komplikasi

Migrain golongan ini kerap disertai gangguan sistim saraf, seperti mati rasa pada kulit dan geli, kesulitan berbicara atau mengerti pembicaraan, ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki. Gejala syaraf ini dapat tetap bertahan meski migrainnya telah sembuh.

FAKTOR PENCETUS MIGRAIN

– Konsumsi makanan tertentu
– Tidur berlebihan atau kurang tidur
– Tidak makan
– Perubahan cuaca atau tekanan udara
– Stres atau tekanan emosi
– Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
– Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari.

Penderita migrain harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, karena ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya migrain (meski tergantung dari sensitivitas masing-masing individu), misalnya:

1. Alkohol

Alkohol termasuk zat yang diuretik atau penyebab dehidrasi tubuh, sehingga dapat memicu timbulnya migrain. Meski anggur merah memiliki fungsi ganda yang berlawanan, karena kaya akan unsur fenolik yang sangat baik buat jantung, namun anggur merah juga bisa memicu terjadinya migrain.

2. Kafein

Meski mengkonsumsinya membantu menghilangkan migrain, namun sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan bagi penderitanya. Sebab bila sudah kecanduan, kurang konsumsi kafein malah akan memicu terjadinya migrain. Bila hanya ingin menghentikan migrain, satu gelas saja sudah cukup.

3. Keju

Meski masih pro-kontra, namun beberapa ahli mengatakan keju adalah salah satu pemicu migrain. Unsur asam amino tiramin yang terkandung pada keju, diperkirakan mampu memicu timbulnya sakit kepala karena mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu irama aliran darah.

4. Aditif Makanan

Para penderita migrain umumnya mengatakan bahwa mereka sangat sensitif dengan makanan yang mengandung MSG, Nitrit, aspartame (pemanis buatan), tetrazin dan sulfite (ditemukan pada minuman alkohol dan wine).

MAKANAN & MINUMAN YANG DIANJURKAN BAGI PENDERITA MIGRAIN:

1. Air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, karena volume darah berkurang dan mempengaruhi irama aliran darah. Pertahankan cairan tubuh dengan minum setidaknya dua setengah liter air sehari.

2. Bubur gandum

Makanan ini melepaskan energi dengan lambat, sehingga membantu mempertahankan kadar gula darah lebih stabil.

3. Kacang-kacangan

Seperti halnya bubur, kacang-kacangan juga melepas energi dengan lambat.

4. Jahe

Jahe mampu mengurangi rasa tidak enak di perut (mual) yang biasanya datang bersama sakit kepala. Minuman atau biskuit jahe, dapat dikonsumsi sebagai makanan tambahan.

5. Makanan rendah lemak

Kontrol lemak darah dengan makanan rendah lemak, karena sangat berkaitan dengan migrain. Kurangi gorengan, saus dan makanan berlemak jenuh. Penuhi kebutuhan protein dari ikan atau daging unggas.

TIPS MEREDAKAN NYERI AKIBAT MIGRAIN

1. Beristirahat.

Karena peka terhadap cahaya, disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Jauhi sumber-sumber keramaian dan tempat bercahaya terang. Tenangkan diri dan cobalah untuk tidur.

2. Kompres kepala dengan es/air dingin.

Kompres bagian yang sakit dengan es atau air dingin, untuk membantu menyempitkan pembuluh darah.

3. Jauhi faktor-faktor pencetus migrain.

4. Hangatkan bagian leher.

Istirahatkan tulang leher, karena leher adalah salah satu bagian tubuh yang bekerja keras menopang kepala. Kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala. Saat istirahat, coba hangatkan leher atau beri sedikit pijatan lembut.

5. Minum obat pereda sakit.

Ada banyak obat pereda sakit berupa analgesik, antipiretik dan aspirin. Tapi jangan sembarang minum obat, mintalah obat yang telah dianjurkan oleh dokter Anda.

Iklan

17 Tanggapan to “Apakah Sakit Kepala Sebelah Selalu Migrain?”

  1. lanovara said

    Terima kasih atas artikelnya, cocok buat saya yang sering malah bisa dikatakan setiap hari merasakan/mengalami sakit/nyeri pada kepala bagian belakang disertai leher yang kaku..jadi masukan yang bagus untuk kedepannya.

  2. kaitokid724 said

    Salam Blogger! Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di http://www.infoGue.com

    http://penyakit.infogue.com/apakah_sakit_kepala_sebelah_selalu_migrain_?

    ThaNK Bro.. belum sempat aja, makasih dah di masukin di infogue.com

  3. HENDRA SETYABUDI said

    mkach tipsnya mga bs brgna bg saya, klo da saran lagi tlg Q dkrimi lwat e-mail, thank’s

  4. catur sulistyo said

    thanks atas solusi yg diberikan
    n loq bisa ditambah akan maateri tentang migrain

  5. Hafsoh said

    Makasih tips&info.nya
    ditunngu lagi info.nya ttg migrain

  6. adi wija ya said

    terimakasih atas artikel nya,dari artikel yang telah anda paparkan ternyata benar apa yang menyebabkan migrain yang saya derita cocok dengan apa yang anda paparkan.
    thank,

  7. erica said

    apa kah skt migren itu bs di hilangkan tanpa minum obat?
    trus solusi yg tepat apa?
    krn dr kedua org tua sy sering sekali mengalami skt migren tersebut.
    memang saya tidak terlalu rutin ato tidaklalu sering2 cm pas kalau lg kambuh bs berhari2.
    sakit nya juga luar biasa. kepala kayak di pukul sama martil gt.trus mau ngapa2 in gk bs.
    apa kah termasuk dengan gampang emosi jg sm muda tersinggung gt golongan skt migren?
    krn klw lg kambuh migren sy..sy rasanya klw ada org ngomong agak keras sedikit ke saya rasanya pengen marah-
    trus juga muda tersinggung.!!!
    thx saya tungu solusi nya. ke mail saya.

  8. dewi said

    Trima kasih atas saran yg anda berikan, jika ada artikel yg baru lagi coba di email pada kami, soalnya kami menderita penyakit ini selama 20 tahun lebih tp belum bisa hilang meskipun sudah berobat kemana-mana trims.

  9. Nenk said

    Mksh tas info ny yg sgt brmanfaat bwt aq

  10. supriyadi marsan said

    Assalamu alaykum
    NAtur nuhun…untuk memberi informasi bagi bapak dan ibu yang membutuhkan penyembuhan dari migren tanpa obat dan lainnya,maximal 2 x terapi sembuh dapat berikhtiar kesaya di fb grup TERAPI PEMULIHAN KESEHATAN INTERNAL TUBUH.Agar lebih jauh mengetahui tentang migren itu sendiri tentang proses degeneratifnya dan organ tubuh mana yang sangat dirugikan oleh masalah cardioviscular ini dengan gamblang dan sekaligus memberi kesembuhan total tidak balik lagi migren tersebut.wassalam.terima kasih sebelumnya.

  11. masta said

    pagi mas salam kenal for all by masta

  12. thanks atas infonya saya sering sakit kepala apalagi pas kurang tidur

  13. ismawati said

    sya sering terkna migran n sampe mual,,,sblum trjadi migran penglihtan sya gelap bgian dmna akan trsa migran,,,tp np migran yg sya alami sllu d’bgian kiri,,,menurit anda sya tergolong migran yg mna?

  14. pulzzahut said

    gak banget deh kalo sakit kepala, mau makan tidur terganggu terus..

  15. fitrygalih said

    saya sering kena Migrein kadang bila sakit itu datang sangat sakit pernah sampe pinsan saya menahan rasa sakit in tolong kasih saran untuk saya agar tidak sakit lagi

  16. Kadang saya pernah merasakan sakit kepala yang sangat berat,,tadinya penglihatan buram,,trus,, mual-mual akhirnya muntah itu bisa teratasi ga???
    Makasih atas infonya..!!!

  17. coup said

    Get the number of bottles you want, but incase you are finished.
    Aeration mellows the wine.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: