Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Ternyata Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan Luka

Posted by Abahnya Kautsar pada 21 November 2009

“Oleslah lukamu dengan ludah.” Jijik ya? tunggu dulu, Secara tak sengaja tadi ketemu sebuah artikel, menarik bagiku, karena selama ini mungkin luput dari pembicaraan meski mungkin orang-orang desa telah lebih dulu mempraktekkan pengobatan dengan cara ini.

Masih belum begitu percaya, tapi dari artikel ini diberitakan bahwa baru-baru ini, para peneliti Belanda telah mengidentifikasi satu zat dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka.

Para peneliti dari Belanda telah mengidentifikasi satu zat di dalam air ludah manusia yang mempercepat penyembuhan luka, demikian laporan mereka yang disiarkan Rabu di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB).

Tim peneliti tersebut mendapati bahwa “histatin”, protein kecil di dalam air ludah yang sebelumnya hanya dipercaya membunuh bakteri bertanggung-jawab atas penyembuhan luka.

Penelitian itu mungkin menawarkan harapan kepada orang yang menderita luka kronis yang berhubungan dengan diabetes dan gangguan lain, serta luka traumatis dan luka bakar. Selain itu, karena zat tersebut dapat diproduksi secara massal, zat tersebut memiliki potensi untuk menjadi sama umumnya dengan krim antibiotik dan alkohol gosok.

“Kami berharap temuan kami pada akhirnya bermanfaat buat orang yang menderita luka yang tak kunjung sembuh, seperti borok di kaki dan luka akibat diabetes, serta bagi perawatan luka mengakibatkan trauma seperti luka bakar,” kata Menno Oudhoff, penulis pertama laporan tersebut.

“Studi ini bukan hanya menjawab pertanyaan biologi mengenai mengapa hewan menjilati luka mereka,” kata Gerald Weissmann, Pemimpin Redaksi FASEB Journal. “Itu juga menjelaskan mengapa luka di mulut, seperti luka setelah pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan luka pada kulit dan tulang. Itu juga mengarahkan kita untuk mulai memandang air ludah sebagai satu sumber bagi obat baru.”

Sumber : antara

Sebagai contoh saja, coba ketika dirimu digigit nyamuk misalnya, oleslah bekas gigitannya dengan ludahmu, gak usah jijik dulu, coba dulu dan buktikan, biar gak mudah mengatakan bahwa artikel ini hoax semata ^^

Iklan

4 Tanggapan to “Ternyata Ludah Manusia Dapat Percepat Penyembuhan Luka”

  1. nickafdhal said

    kalo yang ana tahu dari pelajaran biologi SMA, ludah mengandung imunoglobin … mempercepat pembekuan darah pada luka…

    • Kautsar said

      Begitu juga yang diajarkan kedua orang tua ana, kalau luka keluar kena pisau atau benda tajam, kemudian berdarah, maka kami disuruh untuk menelan daun pegagan, dikunyah, kemudian ditempelkan ke luka tsb. Alhamdulillah darah membeku. Cuma gak tahu kalau misalnya ludah atau pegagannya yang mengandung imunoglobin.. Jazakallahu khairan telah menambahkan..

    • Kautsar said

      Begitu juga yang diajarkan kedua orang tua ana, kalau luka keluar darah karena kena pisau atau benda tajam, kemudian berdarah, maka kami disuruh untuk menelan daun pegagan, dikunyah, kemudian ditempelkan ke luka tsb. Alhamdulillah darah membeku. Cuma gak tahu kalau misalnya ludah atau pegagannya yang mengandung imunoglobin.. Jazakallahu khairan telah menambahkan..

  2. mmg benar kok^.^ sdh membuktikan sendiri. Entah knapa dr SD suka ngejilat luka sendiri tanpa sadar (hahaha), tp trnyata luka malah cepat kering lho. Liur kucing jg…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: