Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

  • Bookmark & Enjoy

    Bookmark and Share
  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Bergabunglah dengan 328 pengikut lainnya

  • Follow Kautsar on WordPress.com
  • Al Qur’an Kalamullah

  • Waktu Shalat Hari Ini

  • Radio Online

  • Kautsar’s Blog On Facebook

  • Y!M Status

    : admin1 : admin2
  • Follow | Kautsar On Twitter

  • Didukung Oleh :

  • Anda pendatang ke...

    • 2,031,073 kali
  • HTML hit counter - Quick-counter.net
  • 100 Blog Indonesia Terbaik
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
  • Local Business Directory - BTS Local
  • TopOfBlogs
  • Personal Blogs - Blog Rankings
  • Blog directory
  • Blogger SMA Terbaik Indonesia
  • Top 10
  • Bloggerian Top Hits
  • Submit Blog
  • DigNow.net
  • Statistik

  • Kautsarku.wordpress.com website reputation
  • Taklim

    Tegar Di Atas Sunnah Dimasa Fitnah 02 Mp3

Benarkah Jus JAMBU BIJI Mengatasi Demam Berdarah?

Posted by Ummu Kautsar pada 8 Januari 2010

Beberapa tahun lalu demam berdarah di Indonesia disebut sebagai kejadian luar biasa. Korban meninggal dunia gara-gara penyakit ini terus berjatuhan.

Sebagai pertolongan pertama, masyarakat ramai-ramai membuat jus jambu keluthuk atau jambu biji.

Betulkah jus jambu biji dan ramuan herbal berikut ini bisa meringankan penyakit tahunan ini?

Sekitar empat tahun silam, Pingkan Monika, seorang karyawati berusia 29 tahun, curiga dirinya mengalami gejala demam berdarah. Waktu diperiksa, dokter mendiagnosis wanita berdarah Manado ini kena demam berdarah. Hasil tes laboratorium menunjukkan kadar trombositnya turun drastis. “Badan panas dan terasa lemas sekali,” ujar ibu satu anak ini. Beruntung, salah seorang kakaknya yang tinggal di Yogyakarta ketika itu mendapat informasi soal jus jambu biji. “Saya waktu itu dirawat selama 5 hari di rumah sakit. Saya tidak ingat berapa gelas jus jambu biji yang diminum. Tetapi, secara berangsur-angsur kadar trombosit saya naik setelah rutin minum jus itu,” kisah karyawati di sebuah perusahaan periklanan di Jakarta ini. Berkat jus jambu biji, ia cepat pulih dan dapat segera keluar dari rumah sakit.

Meski tidak sedikit orang yang berhasil terselamatkan dari demam berdarah berkat jus jambu biji, harus diakui bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah keampuhan jambu biji dalam mengatasi demam berdarah.

Tertolongnya pasien demam berdarah berkat jambu biji, kata Dr. Handrawan Nadesul, bisa jadi bukan karena jambunya, melainkan cairan jus yang masuk ke tubuh pasien dalam jumlah banyak. Cairan itu, apalagi jika diminum sampai 5 atau 6 gelas sehari, amat dibutuhkan pasien yang kehilangan banyak plasma darah akibat penurunan trombosit.

Maka cairan apa pun, entah air biasa atau air larutan gula dan garam atau jus buah lain bisa membantu proses penyembuhan pasien demam berdarah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Minuman dalam kemasan kaleng yang mengandung zat elektrolit juga dianjurkan diberikan pada pasien.

Serba Alami untuk Demam Berdarah

Jambu Biji

  • Walaupun khasiatnya belum teruji secara medis, tak ada salahnya untuk memberikan jus jambu biji kepada pasien demam berdarah.

Sebab, buah eksotis ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan kandungan vitamin C di dalamnya bisa tiga sampai enam kali lebih tinggi dibanding buah jeruk. Lebih tinggi 10 kali dibandingkan dengan pepaya dan 10 sampai 30 kali dibandingkan dengan pisang.

Vitamin C ini terdapat dalam daging buahnya yang segar. Bijinya yang sering tidak dikonsumsi pun mengandung vitaimin C seperti daging buahnya.

Disebutkan dalam buku Foods that Heal, Foods that Harm bahwa 90 gram buah jambu biji lebih dari cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada orang dewasa. Buku itu juga menyebutkan meskipun sudah kehilangan hampir 25 persen vitaminnya karena proses pengolahan, jus jambu biji kemasan kotak masih merupakan sumber vitamin C yang baik.

Berkat kandungan vitamin C dosis tinggi ini, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat. Proses penyembuhan luka pun jadi lebih cepat. Di samping itu, tekanan darah juga menjadi lebih baik berkat buah ini. Ini karena jambu biji merupakan sumber potassium yang baik.

Cara pemanfaatan : Pilihlah buah yang baru saja masak dan masih berwarna hijau kekuningan. Bila sudah masak, simpan di lemari es. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu sebelum dibuat jus.

Alang-Alang

Tanaman liar yang sudah ribuan tahun dikenal masyarakat Cina ini bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan saat ini tumbuhan bernama latin Imperata cylindrica (L) Beauv sudah sering diteliti secara ilmiah.

Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya, Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, menyebutkan bahwa di luar negeri alang-alang sudah dibuat obat paten.

Hasil penelitian tentang tanaman ini menyebutkan bahwa ada kandungan manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, dan logam alkali. Dengan kandungan-kandungan itu, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus.

Pengobatan Cina tradisional menyebutkan, alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk. Efek pengobatan tanaman ini memasuki meridian paru-paru, lambung, dan usus kecil. Dengan sifat diuretik yang melancarkan air kencing, alang-alang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit radang ginjal akut.

Sifat diuretik yang mengeluarkan cairan tubuh tak berguna ini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah yang cenderung tinggi. Sifat hemostatik yang bisa menghentikan pendarahan pada alang-alang dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan dan pendarahan di dalam.

Herba ini di dalam tubuh akan menyusup ke dalam organ paru-paru, lambung, dan usus kecil. Maka diingatkan oleh Dr. Setiawan, ramuan alang-alang sebaiknya tidak diberikan kepada mereka yang fungsi lambungnya lemah dan sering buang air kecil.

Bagian tanaman alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah rimpang, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan. Bahan alang-alang ini bisa diperoleh di toko obat Cina. Kini bahkan sudah tersedia minuman alang-alang instan yang berkhasiat menghilangkan panas dalam. Minuman instan ini bisa diperoleh di toko jamu atau toko obat Cina.

Cara pemanfaatan : ambil satu ikat atau gulung akar alang-alang. Cuci dan rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Campur air perasan satu buah jeruk nipis dengan tiga sendok makan air alang-alang tersebut. Pakai seperlunya. Tambahkan pemanis bila ramuan ini ditujukan untuk anak-anak.

Angkung

“Obat kaisar” adalah julukan untuk angkung atau Angong Niuhuang Wan. Karena keampuhannya mengatasi penyakit pada zaman lampau, angkung hanya dikonsumsi oleh kaisar dan para petinggi di dataran Cina.

Angkung diyakini oleh masyarakat Cina bisa membantu menyembuhkan penyakit radang selaput otak, stroke, radang otak, penyakit hati, sampai kejang dan kekurangan cairan tubuh seperti halnya dalam kasus demam berdarah.

Namun, sangat disayangkan harga angkung ternyata amat mahal. Satu pil angkung bisa mencapai harga Rp 250 ribu. Angkung ini biasanya dijual dalam kemasan pil di toko-toko obat Cina.

Untuk membelinya harus hati-hati karena di pasaran ditengarai banyak angkung palsu. Ciri-ciri angkung asli antara lain pil terbungkus kertas keemasan setelah dibuka dari kotaknya. Wujud pil angkung mirip jenang atau dodol, lentur tetapi mudah dipatahkan.

Ciri lainnya adalah cepat sekali larut ketika diseduh dengan air panas bahkan dalam waktu kurang dari 1 menit. Ciri keaslian yang mudah dikenali dari kemasan luar adalah label dan tanda hologram produsennya.

Di samping harganya yang mahal, manfaat angkung tidak langsung terasa setelah minum satu atau dua butir.

“Angkung baru terasa khasiatnya untuk mengatasi penyakit berat setelah diminum secara teratur 6 sampai 8 butir pil setiap hari,” kata Sinse Johanes yang berpraktik di daerah Kalibesar Timur, Jakarta Barat.

Daun Dewa

Tumbuhan daun dewa bisa juga dipergunakan sebagai pengganti angkung bila harga pil tersebut dianggap terlalu mahal.

Tanaman daun dewa berbentuk semak. Daun adalah bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat.

Nama latinnya adalah Gymura segetum (Lour) Merr atau Gynura pseudochina (L) DC dan termasuk ke dalam famili tumbuhan Compositae atau Asteraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah bluntas cina, daun dewa, atau samsit.

Herbal yang satu ini dikenal kaya dengan berbagai kandungan kimia seperti saponin, minyak asiri, flavonoid, dan tanin. Dengan kandungan kimia tersebut tumbuhan ini bermanfaat sebagai anticoagulant (mencairkan bekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun.

Tumbuhan dewa ini juga telah tersedia di toko obat Cina dalam bentuk kapsul. Harganya relatif lebih murah dibanding angkung. “Dengan harga Rp 50 sampai 100 ribu, tersedia 120 kapsul daun dewa untuk digunakan selama 10 hari,” kata Sinse Johanes, yang lebih akrab dipanggil Sinse Jo ini.

2 Tanggapan to “Benarkah Jus JAMBU BIJI Mengatasi Demam Berdarah?”

  1. Saya baru saja divonis kena DB dari hasil lab, yang out of range
    WBC 1.03
    PLT 109
    MPV 6.5
    EOS 7
    NEUT 0.68
    LYMPH 0.16
    MONO 0.09

    Saya sudah pernah kena DBD kalau tidak salah yang type 3 (saya tinggal di Bali), tapi ini gejalanya beda total.

    Pertama demam Senin subuh, seharian saya tidak bangun dan tidak makan apapun. Sakit kepalanya luar biasa. Selasa pagi sudah enakan, mulai makan bubur, tapi sore demam lagi dan muntah dua kali. Rabu dipijat sama pembantu, merasa sembuh total, mandi, cuci rambut, tapi masih makan bubur eh sore lemas lagi. Malam mulai demam dan memutuskan untuk cek darah.

    Yang ambil hasilnya suami, jadi hanya disampaikan saja kalau besok saya disuruh masuk rumah sakit.

    Tempo hari saya juga langsung disuruh masuk rumah sakit setelah demam seminggu lebih, infus 1 kantong dan boleh pulang. Saya di rumah sakit hanya 5-6 jam saja. Tapi tempo hari saya tidak merasa sakit kepala dan mual2, justru selera makan saya memuncak.

    Saya tidak yakin karena tadi dokternya memperkirakan saya kena typus dan saya disuruh makan bubur, padahal saya tahu kalau pasien typus tidak perlu makan bubur. Saya makan bubur karena mungkin kebiasaan dari kecil, kalau sakit diberi bubur dan menurut saya bubur itu enak kok.

    Apakah ada cara lain diluar infus? Apa yang terjadi kalau saya menolak masuk rumah sakit? Saya biasanya cukup sehat, sarapan 1,5liter air, makanan sehat termasuk 1 botol juice tanpa gula tiap hari. Vitamin juga rutin, jadi saya pikir kalau masalah cairan sebenarnya tidak perlu infus.

    Tolong pendapatnya.

    Terima kasih.

  2. gusvan said

    info yang bagus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: