Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Tahukah Anda, Ternyata Bukan Suara Tulang Saat Anda Menggerakan Sendi Anggota Tubuh

Posted by Abahnya Kautsar pada 16 Mei 2011

Banyak orang beranggapan bahwa bunyi itu berhubungan dengan derak sendi yang sedang letih atau pegal-pegal, dan mempercayai bunyi itu disebabkan oleh tulang-tulang yang bergesekan. Sebenarnya bunyi berderak ini tidak disebabkan oleh pergesekan tulang, tetapi oleh gas diantara sendi yang ada pada tubuh kita.

Sendi kita mengandung sesuatu yang disebut sinovia, yang membantu melumasi sendi. Cairan sinovia mengandung gas oksigen, nitrogen, dan karbondioksida. Para Peneliti menunjukkan bahwa ketika menderakkan sebuah sendi, justru Anda menjauhkan tulang-tulangnya, dan kapsul yang mengelilingi sendi itu pun meregang.

Hal ini menyebabkan cairan sinovia menyemprot dari satu sisi buku, ke sisi buku yang lainnya. Cairan yang berpindah ini menciptakan ruang kosong, yang dengan cepat terisi dengan gas lagi. Perpindahan gas yang cepat inilah yang memunculkan bunyi letupan. Untuk kembali menderakkan buku jari yang sama, Anda harus menunggu sampai gasnya kembali ke cairan sinovia. Itulah sebabnya, kita tidak bisa menderakkan buku jari yang sama dua kali berturut-turur dengan cepat.

Konon jika sering melakukan hal ini, misalnya hal ini sering kita lakukan dijemari tangan, maka daya genggam pada sendi kita akan berkurang, dan akan menyebabkan pengapuran pada tulang atau sendi-sendi kita.

So…masih mau melakukan hal ini???

sumber

Iklan

7 Tanggapan to “Tahukah Anda, Ternyata Bukan Suara Tulang Saat Anda Menggerakan Sendi Anggota Tubuh”

  1. ritha said

    Ooh tidak, aku sudah kebiasaan seperti itu, bagaimana cara menanggulanginya ya?

  2. yang bener ni gan?,, ane hobi banget yang begituan.. serem ah

  3. athah said

    masa sih? kuk malah jawab ‘bingung juga’, daq jd tambah bingung duonkkk hehe

  4. ahmad.magelang said

    Trimakasih banyak atas informasinya..

  5. tapi kalo saya biasanya bukan d tangan ja lo…
    di tumit kaki,
    terus d bahu…
    dan tangan…
    anehnya,,
    saya cuma gerakkan sedikit aja kok malah sudah berbunyi-bunyi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: