Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

  • Bookmark & Enjoy

    Bookmark and Share
  • Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Bergabunglah dengan 328 pengikut lainnya

  • Follow Kautsar on WordPress.com
  • Al Qur’an Kalamullah

  • Waktu Shalat Hari Ini

  • Radio Online

  • Kautsar’s Blog On Facebook

  • Y!M Status

    : admin1 : admin2
  • Follow | Kautsar On Twitter

  • Didukung Oleh :

  • Anda pendatang ke...

    • 2,031,073 kali
  • HTML hit counter - Quick-counter.net
  • 100 Blog Indonesia Terbaik
  • KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
  • Local Business Directory - BTS Local
  • TopOfBlogs
  • Personal Blogs - Blog Rankings
  • Blog directory
  • Blogger SMA Terbaik Indonesia
  • Top 10
  • Bloggerian Top Hits
  • Submit Blog
  • DigNow.net
  • Statistik

  • Kautsarku.wordpress.com website reputation
  • Taklim

    Tegar Di Atas Sunnah Dimasa Fitnah 02 Mp3

10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia

Posted by Abahnya Kautsar pada 23 Januari 2015

Ada banyak cara untuk mendekatkan buku dan perpustakaan kepada masyarakat hingga ke daerah-daerah. Salah satunya yaitu dengan membuat Perpustakaan Keliling. Berikut ini 10 Perpustakaan Keliling Terunik di Dunia sebagaimana dikutip dari ebookfriendly.com  [18/1/15]

Weapons of Mass Instruction (WMI di Argentina

Perpustakaan Keliling Unik di DuniaBentuk dari Perpustakaan Keliling yang disebut Weapons of Mass Instruction (WMI) ini memang sangat sangat unik. Keunikan dari perpustakaan keliling ini berbentuk seperti tank di masa perang. Perpustakaan Keliling ini berada di Argentina. Anda bisa menemukan perpusatakaan unik ini tepatnya ada di jalanan Buenos Aires, Argentina.

Ide dari Perpustakaan Keliling ini diciptakan oleh Ford Falcon yang menciptakan WMI. Konsep perpustakaan keliling yang banyak menarik perhatian masyarakat ini cukup sederhana, yaitu dengan cara menjadikan kerangka kendaraaan tersebut yang dijadikan rak buku sehingga buku-buku yang dimasukkan membentuk body mobil. Keren bukan?

Donkey Mobile Libraries

Donkey Mobile LibrariesApa yang anda ingat jika mendengar kata keledai? Mungkin sebagian banyak orang menganggap jika keledai selalu diasosiasikan dengan kebodohan. Namun di Ethopia, keledai justru dekat dengan buku dan pengetahuan. Hal ini dikarenakan salah satu perpustakaan keliling disini menjadikan keledai sebagai penarik dari layanan Perpustakaan Keliling.

Perpustakaan Keliling dengan keledai ini berlokasi di Ethopia, perpustakaan keliling ini diberi nama Donkey Mobile Libraries. Perpustakaan keliling ini mulai beroperasi sejak tahun 2006. Saat ini, perpustakaan keliling dengan keledai ini telah memiliki 6 cabang dan mengantarkan buku dari sekolah ke sekolah, desa ke desa di wilayah Ethopia.

The Floating Library

The Floating Library

Untuk Perpustakaan Keliling yang satu ini memang unik karena bentuknya seperti perahu kecil yang terapung. Dari bentuknya ini bisa dilihat jika perpustakaan keliling ini melayani wilayah-wilayah di perairan.

Logos Hope

Logos Hope.jpeg

Perpustakaan yang diberi nama Logos Hope ini berbentuk kapal yang terlihat sangat besar sehingga mampu menyimpan ribuan koleksi buku. Perpustakaan keliling ini dibuat untuk melayani masyarakat di kepulauan yang tidak terjangkau lewat daratan.

Digital Bookmobile

bookmobile

Untuk bentuk dari perpustakaan keliling ini tidak begitu aneh memang, namun dengan bentuknya yang begitu besar dengan fasilitas yang lengkap, perpustakaan keliling ini mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi masyarakat.

Tell a Story

Tell a Story

Bentuknya terkesan sangat sederhana, minimalis dan hampir sama dengan bentuk perpustakaan keliling di Indonesia, hanya saja ada yang membedakan yaitu dari segi bentuk mobil yang terkesan klasik serta bentuk rak bukunya yang juga memikat banyak perhatian masyarakat disana.

BiebBus

BiebBus

Bentuk dari Perpustakaan keliling ini hampir menyerupai bus pada umumnya, akan tetapi bentuknya sangat unik sehingga membuat orang tertarik datang.

Perpustakaan Keliling ini terdiri dari dua tingkat, yang bagian bawah seperti bentuk bus biasa, sedangkan pada bagian diatas mirip berbentuk peti kemas.

Bibioburro

Bibioburro

Perpustakaan Keliling Unik ini mirip dengan Donkey Mobile Libraries di Ethopia, perpustakaan keliling ini juga dibawa oleh keledai untuk mendistribusikan buku-buku ke desa-desa terpencil di Magdalena, Kolombia. Luis Soriano adalah seorang yang berada dibalik munculnya perpustakaan keliling ini. Dia ternyata juga seorang pustakawan sekaligus guru.

Saat sampai di sebuah desa, Luis akan menggelar seluruh barang bawaannya dan mendirikan semacam perpustakaan outdoor. Anak-anak yang memang haus akan pengetahuan selalu ramai mengunjungi perpustakaan Luis ini.

Tram Library

Tram Library

Berbeda dengan Perpustakaan Keliling sebelumnya, Sebuah tram tua di Brno, Republik Ceko, dimodifikasi menjadi sebuah perpustakaan keliling yang mengasyikkan. Perpustakaan tram menempuh perjalanan setiap hari sepanjang 70 km.

Selain buku cetak, perpustakaan keliling ini juga menyediakan buku elektronik. Dengan keunikannya, perpustakaan ini diberi penghargaan oleh IFLA (International Federation of Library Associations) sebagai perpustakaan yang paling inovatif dalam marketing tahun 2014.

Il Bibliomotocarro

Il Bibliomotocarro

Namanya Antonio La Cava, seorang pensiunan guru dari Ferrandina, Italia ini memutuskan untuk mendirikan perpustakaan keliling setelah dirinya pensiun. Perpustakaan keliling yang dibuatnya ini dibuat dengan memodifikasi Piaggio Ape milik pribadinya.

Perpustakaan keliling yang diberi nama Il Bibliomotocarro ini pada saat pertama kali beroperasi sekitar tahun 2003 dan saat itu hanya membawa sekitar 700 buku ke pedesaaan Italia di wilayah Basilicata. Saat datang ke sebuah tempat, Il Bibliomotocarro ini akan mengeluarkan suara mirip organ sehingga membuat orang tertarik datang.

Dengan dibuatkanya Perpustakaan Keliling yang unik tersebut, tentunya kita layak memberikan apresiasi bahwa mereka telah berusaha untuk lakukan berbagai inovasi dalam mengenalkan buku dan perpustakaan dengan cara mereka.

Kita berharap Perpustakaan Keliling di Indonesia juga bisa melakukan cara yang sama, tentunya dengan inovasi dan kreatifitas yang berbeda.

Semoga dengan cara ini semakin banyak masyarakat yang suka membaca sehingga masyarakatnya menjadi cerdas dan membuat maju bangsa melalui SDM masyarakatnya.

sumber: http://duniaperpustakaan.com/10-perpustakaan-keliling-terunik-di-dunia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: