Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Trovants: Fenomena Batu Tumbuh di Rumania

Posted by Abahnya Kautsar pada 3 Mei 2015

Judul di atas tidak menipu tapi ini adalah fakta dan realita dan bisa dikonfirmasi ke siapapun yang pernah kesana, walaupun kesannya memang aneh jika dinalar.

Trovants adalah batu yang luar biasa yang tumbuh dan berkembang biak dan Anda dapat menyaksikan batu-batu ini di Rumania.

Batu-batu yang tumbuh dari Rumania, Trovants, tidak hanya unik karena kemampuannya untuk berkembang biak. Batuan ini terdiri terutama oleh inti batu keras dan sisanya terdiri dari pasir yang membentuk sekitar inti sebagai cangkangnya. Trovants hanya dapat terbentuk oleh akumulasi pasir yang sangat berpori dan deposit pasir yang disemen oleh perairan yang kaya akan kalsium karbonat. Nama “Trovant” (trovanti) dibuat dan diperkenalkan oleh naturalis Gh. M. Murgoci dalam karyanya“The Tersier di Oltenia”.


Pertanyaannya adalah: Apa yang menyebabkan batu-batu ini berkembang biak?

Jawab: Seperti yang Anda baca sebelumnya, air kaya akan kalsium karbonat sangat penting dalam membentuk Trovant, dan yang juga merupakan kunci untuk membuat batu tumbuh di hadapan air hujan. Setelah setiap hujan deras, Trovants menyerap mineral hujan ini. Mineral yang dikombinasikan dengan bahan kimia sudah ada di batu itu sendiri yang kemudian menciptakan reaksi dan tekanan di dalam. Tekanan spontan membuat batu tumbuh dari pusat ke margin dan berkembang biak, dengan laju deposisi dari sekitar 4-5 cm dalam 1000 tahun.



Trovants biasanya terlihat dalam bentuk yang halus dan tidak bersudut. menonjol bulat seperti bola. Trovants mengembangkan bentuk-bentuk yang tidak konsisten saat mereka tumbuh dan berkembang biak karena sekresi semen tidak teratur. Anda dapat melihat formasi tersebut tumbuh dari beberapa milimeter, atau paling besarnya adalah 10 meter.

Trovants tidak hanya aneh karena struktur dan kemampuan untuk tumbuh dan berkembang biak mereka, akan tetapi mereka juga bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, mereka juga memiliki ekstensi akar-seperti cincin yang menunjukkan usia yang dapat terlihat saat Anda memotong batu itu, dan para ilmuwan sampai sekarang belum mampu mengetahui dan memberikan penjelasan tentang keunikannya ini.

Konon, batuan ini muncul karena gempa yang terjadi enam juta tahun yang lalu.


Jika Anda tertarik ingin melihat batu-batu ini dari dekat, datanglah langsung ke Valcea County di Rumania. Anda dapat pergi di sebuah tambang pasir desa Costesti, atau di sepanjang sungai di Wilayah Gresarea Brook dekat Oteşani, sekitar 15 km dari Horezu. Anda juga dapat melihat Trovants di “Trovants Museum” Natural Reserve dikelola oleh asosiasi Kogayon yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang melindungi lingkungan. Museum ini terletak di dalam desa Costesti dilindungi oleh UNESCO.

Dengan karakteristik gabungan dari tanaman dan batu, benar-benar membingungkan, Trovants ini harus dikategorikan sebagai makhluk hidup atau makhluk non-hidup. Apapun itu, batu tumbuh ini pasti menarik untuk dilihat dan diteliti.

Di sana, batu ini populer sebagai bahan bangunan untuk batu nisan, selain itu penduduk setempat juga menjadikannya sebagai souvenir.

Dan ternyata batu ini tidak hanya terdapat di Rumania, Anda juga melihat batu-batu yang tumbuh di Rusia, stepa Kazakhstan, Republik Ceko, dan tempat-tempat lainnya.

Sumber: whenonearth.net

Indonesia tidak ada ya?
Berminat melihatnya langsung??

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: