Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Penyakit TBC Perlu Dikenali Bukan Ditakuti

Posted by Ummu Kautsar pada 9 Februari 2008

1. Apakah tanda-tanda bahwa seseorang terkena penyakit TBC?

Tanda-tanda orang yang dicurigai terkena penyakit TBC yaitu secara umum dapat dilihat dari gejalanya terlebih dahulu yaitu, demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Penurunan nafsu makan dan berat badan. Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah). Perasaan tidak enak (malaise), lemah. Dan untuk memberikan kepastian maka orang tersebut harus diperiksa lebih lanjut, jadi tidak selalu bahwa orang batuk-batuk lama pasti menderita TBC, harus dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium dan foto rontgen.

Apakah setiap orang yang mengalami batuk berdarah berarti menderita TBC?

Belum tentu, karena batuk berdarah dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, bisa karena penyakit paru-paru lainnya, karena adanya perdarahan di daerah hidung bagian belakang yang tertelan dan pada saat batuk keluar dari mulut atau karena anak batuk terlalu keras sehingga menyebabkan lukanya saluran nafas sehingga mengeluarkan darah.

TBC menular melalui media apa saja? Dan rata-rata berapa lama gejala timbul setelah orang terpapar kuman TBC?

Pada umumnya adalah melalui percikan dahak penderita yang keluar saat batuk (beberapa ahli mengatakan bahwa air ludah juga bisa menjadi media perantara), bisa juga melalui debu, alat makan/minum yang mengandung kuman TBC. Kuman yang masuk dalam tubuh akan berkembangbiak, lamanya dari terkumpulnya kuman sampai timbulnya gejala penyakit dapat berbulan-bulan sampai tahunan.

Apakah kena udara pagi terus menerus dan merokok dapat menyebabkan TBC?

Kena udara pagi terus menerus tidak terlalu bermasalah dalam hal penularan TBC, sedangkan merokok dapat menurunkan daya tahan dari paru-paru, sehingga relatif akan mempermudah terkena TBC.

Apakah penyakit TBC itu diwariskan secara genetik?

Penyakit TBC tidak diwariskan secara genetik, karena penyakit TBC bukanlah penyakit turunan. Hanya karena penularannya adalah melalui percikan dahak yang mengandung kuman TBC, maka orang yang hidup dekat dengan penderita TBC dapat tertular.

Mengapa pengobatan TBC memerlukan waktu yang lama?

Karena bakteri TBC dapat hidup berbulan-bulan walaupun sudah terkena antibiotika (bakteri TBC memiliki daya tahan yang kuat), sehingga pengobatan TBC memerlukan waktu antara 6 sampai 9 bulan. Walaupun gejala penyakit TBC sudah hilang, pengobatan tetap harus dilakukan sampai tuntas, karena bakteri TBC sebenarnya masih berada dalam keadaan aktif dan siap membentuk resistensi terhadap obat. Kombinasi beberapa obat TBC diperlukan karena untuk menghadapi kuman TBC yang berada dalam berbagai stadium dan fase pertumbuhan yang cepat.

Bagaimana bila penderita TBC tidak mengkonsumsi obat secara teratur?

Hal ini akan menyebabkan tidak tuntasnya penyembuhan, sehingga dikhawatirkan akan timbul resistensi bakteri TBC terhadap antibiotika sehingga pengobatan akan semakin sulit dan mahal.

Bisakah penyakit TBC disembuhkan secara tuntas? Bagaimana caranya?

Penyakit TBC bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran tenaga kesehatan untuk minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Apakah orang yang telah sembuh dari penyakit TBC dapat terjangkit kembali?

Dapat, karena setelah sembuh dari penyakit TBC tidak ada kekebalan seumur hidup. Jadi bila telah sembuh dari penyakit TBC kemudian tertular kembali oleh kuman TBC, maka orang tersebut dapat terjangkit kembali.

Apakah flek kecil di paru-paru pada anak balita sudah dapat dikatakan TBC?

Flek kecil di paru-paru balita pada umumnya memang disebabkan oleh TBC. Oleh karena itu perlu diteliti apakah ada gejala-gejala klinis penyakit TBC atau tidak. Bila tidak ada berarti pernah tertular penyakit TBC tapi karena daya tahan tubuhnya tinggi sehingga tidak bergejala. Atau saat ini anak tersebut sudah sembuh dari penyakit TBC dan hanya meninggalkan bekasnya saja di paru-paru.

Mungkinkah terkena penyakit TBC bila kita hidup di lingkungan yang bersih?

Kemungkinan kita tertular akan tetap ada, karena kita hidup tidak hanya di lingkungan sekitar rumah kita saja, bisa saja suatu saat kita berada di sekolahan, bioskop, kantor, bus yang belum tentu terbebas dari kuman TBC. Hidup di lingkungan yang bersih memang akan memperkecil risiko terjangkit TBC.

Bagaimana efek terhadap janin bila ibu hamil sedang mengidap penyakit TBC?

Biasanya keadaan gizi penderita TBC kurang baik, sehingga hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bagi janin dalam kandungan. Ibu hamil tetap harus diberikan terapi dengan obat TBC dengan dosis efektif terendah. Obat TBC yang diminum oleh ibu dapat melewati plasenta dan masuk ke janin dan berdasarkan beberapa kepustakaan disebutkan tidak memberikan efek yang terlampau berbahaya, akan tetapi pemantauan ketat pada perkembangan janin harus tetap dilakukan. Setelah bayi dilahirkan dapat dipisahkan terlebih dahulu dari ibu selama TBC masih aktif.

Bagaimana sikap kita bila di rumah terdapat anggota keluarga yang menderita penyakit TBC?

Bawa pasien ke dokter untuk mendapatkan pengobatan secara teratur, awasi minum obat secara ketat dan beri makanan bergizi. Sirkulasi udara dan sinar matahari di rumah harus baik. Hindarkan kontak dengan percikan batuk penderita, jangan menggunakan alat-alat makan/minum/mandi bersamaan.

Pola hidup bagaimana yang harus kita miliki agar terhindar dari penyakit TBC?

Pola hidup sehat adalah kuncinya, karena kita tidak tahu kapan kita bisa terpapar dengan kuman TBC. Dengan pola hidup sehat maka daya tahan tubuh kita diharapkan cukup untuk memberikan perlindungan, sehingga walaupun kita terpapar dengan kuman TBC tidak akan timbul gejala. Pola hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup kita, rumah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup (tidak lembab), dll. Selain itu hindari terkena percikan batuk dari penderita TBC.

Apakah TB berbahaya?

TB pada anak umumnya tidak berbahaya, namun dapat memengaruhi pertumbuhan mereka. Pada kasus yang jarang, anak-anak yang berusia di bawah 4 tahun dapat mengembangkan infeksi TB yang menyebar ke seluruh tubuh sehingga membahayakan jiwa. Anak yang lebih besar (usia 13-14 tahun ke atas) bisa mengembangkan infeksi TB dewasa yang merusak paru dan menular ke orang lain.

Apakah imunisasi BCG aman?

Keamanan suatu vaksin telah dipertimbangkan dengan sangat hati-hati oleh Pemerintah dan penyedia layanan kesehatan. Apabila suatu vaksin direkomendasikan untuk diberikan, berarti risiko bahayanya dianggap jauh lebih kecil dibandingkan risiko bahaya apabila vaksin tidak diberikan.

Tidak ada intervensi medis, termasuk vaksin, yang dijamin 100% aman untuk semua orang. Vaksin BCG (Bacille Calmette-Guerin) mengandung strain lemah bakteri TB yang mendorong tubuh anak untuk melawan TB bila terinfeksi dan membangun kekebalan. BCG dapat memiliki efek samping seperti abses (nanah) di tempat suntikan dan pembengkakan kelenjar getah bening, tetapi jarang yang fatal. BCG bisa berbahaya bila diberikan kepada anak dengan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Setelah imunisasi BCG, apakah anak dijamin aman dari TB?

Tidak ada vaksin yang memberi jaminan 100% perlindungan dari infeksi. BCG diperkirakan 80% efektif untuk melindungi anak dari infeksi selama maksimal 15 tahun. Artinya, 2 dari 10 anak yang diimunisasi BCG akan tetap terkena penyakit bila terinfeksi. Efektivitas BCG menurun di tempat-tempat di mana infeksi TB lebih umum.

Karena tidak ada jaminan bahwa anak yang telah diimunisasi BCG tidak mungkin memiliki TB, sebaiknya anak segera menemui dokter dan mendapatkan didiagnosis sedini mungkin apabila memiliki tanda-tanda infeksi TB.

Hasil ronsen paru negatif, anak saya juga kelihatannya sehat, tapi kenapa dokter memberikan obat TB?

Obat TB yang diberikan dokter untuk kasus tersebut adalah obat pencegahan (profilaksis). Dokter menilai anak Anda terinfeksi TB, tetapi tubuhnya mampu mengatasi sehingga tidak timbul gejala. Kondisi ini disebut TB laten. Anak-anak diberi obat pencegahan karena sistem kekebalan tubuh mereka belum berkembang sehingga lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit TB dibandingkan orang dewasa.

Anak saya disarankan dokter untuk tes Mantoux, apakah aman?

Tes Mantoux diberikan melalui injeksi kulit di area terbatas (6-10 mm) pada lengan. Respon di kulit berupa bentol merah (eritema) dan bintik-bintik (indurasi) yang terbentuk dalam 2-3 hari biasanya akan menghilang dalam beberapa hari. Untuk menghindari infeksi, usahakan area itu dijaga kebersihannya dan tidak digaruk. Pada kasus yang sangat jarang, pemberian tes Mantoux dapat memicu respon alergi parah yang disebut anafilaksis.

Apakah tes Mantoux adalah patokan utama?

Tes Mantoux adalah tes yang penting untuk diagnosis TB pada anak, tetapi hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati. Diagnosis TB tidak hanya dinilai dari hasil tes Mantoux saja, tapi dikaitkan dengan temuan lain dari riwayat kesehatan, risiko kontak dengan penderita TB dewasa, pemeriksaan fisik dan hasil ronsen. Indikasi positif TB lebih kuat bila hasil Mantoux >15mm. Namun, meskipun respon Mantoux hanya >5 mm apabila disertai pembesaran kelenjar limfa (benjolan yang teraba di leher, biasanya bergerombol berdekatan) atau flek yang konsisten pada hasil ronsen maka dapat dinilai positif juga. Sebaliknya, hasil Mantoux >10 mm belum tentu menunjukkan positif apabila hal-ahl lain tidak mendukung. Beberapa orang bereaksi terhadap Mantoux meskipun mereka tidak terinfeksi M. tuberculosis. Penyebab reaksi positif palsu ini antara lain adalah infeksi bakteri non-TB atau vaksinasi BCG sebelumnya.

Tes Mantoux juga bisa negatif palsu (memberi hasil negatif, padahal sebenarnya positif) apabila anak memiliki anergi kulit (ketidakmampuan untuk bereaksi terhadap tes kulit karena sistem kekebalan tubuh yang lemah), infeksi TB baru (periode 8-10 minggu setelah paparan), atau berusia muda (kurang dari enam bulan). Anak-anak yang kurang gizi seringkali memberikan hasil negatif palsu.

Apakah ada obat alernatif/alami untuk TB?

Tidak ada obat untuk TB selain obat primer/lini pertama yaitu INH (Isoniazid), Rifampisin, Pirazinamid, Etambutol dan Streptomisin dan beberapa obat sekunder (lini kedua). Gizi yang baik dan cara hidup sehat membantu pengobatan, namun tidak menggantikannya. Anak Anda perlu mengambil obat yang diresepkan dokter sampai tuntas. Obat anti TB efektif dan aman untuk membunuh semua bakteri TB apabila diambil sesuai petunjuk dokter.

sumber 1 | sumber 2 

Artikel terkait : Kumpulan Artikel Ibu, Bayi, dan Balita

About these ads

69 Tanggapan to “Penyakit TBC Perlu Dikenali Bukan Ditakuti”

  1. inay said

    saya sering mengalami sesak nafas dan pada malam hari bagian kaki merasa dingin,lalu badan saya lemah pakah itu gejala tbc?

  2. Tiyani said

    Ayah saya sudah bertahun-tahun menderita penyakit batuk berdahak,hal tersebut dikarrenakan dulu ayah saya perokok berat…di usianya kini hampir45 th batuk beliau semakin parah,batuk berdahak dengan riak kuning kental bahkan disertai keluarnya darah cair,nafas,dan keringat berbau tidak seda..Apakah itu penyakit TBC??tingkatan parahnya penyakit TBC sampai pada stadium berapa?
    Apakah ada obat herbal alami yang dapat menjadi alternatif pengganti obat kimia?
    Mohon Saran dan Jawabannya!
    Terimakasih

    terimakasih sebelumnya… pada awalnya saya tuliskan artikel itu adalah sebagai upaya agar saya tidak terkena tbc dengan mengenalinya.. berhubung saya sendiri bukanlah orang dari kalangan tenaga kesehatan, dan ibunya kautsar juga hanyalah lulusan bidan, jadi secara detail bagaimana dan bagaimana tentang tbc itu sendiri kami kurang tahu. mohon maaf sebelumnya, semoga Allah menyembuhkan penyakit bapak anda dan kita berlindung kepada Allah dari penyakit tbc. maaf anda mungkin bisa cari artikel lain melalui google atau selainnya. salam.

  3. TIN TON said

    Sy baru saja terjangkit virus TBC dan masih berobat secara medis. Apakah ada pengobatan alternatif (Ramuan atau apa gitu???) Mohon bantuan infonya bagi yg mengetahui. Terima kasih

    Wallahu a’lam, sepertinya pernah saya tulis kalau saya sertakan artikel ini adalah untuk menjaga diri agar tidak terkena dengan mengetahui tentang TBC tersebut, adapun mengenai obat-obatnya dapat anda cari di web search atau kepada orang yang berkompeten dalam hal tersebut. Semoga anda disembuhkan.

  4. ayu said

    Saya ayu bisa nggak beritahuan secara rinci mengenai sebab – sebab dari timbulnya penyakit TBC, ditunggu ya jawabannya sekarang juga…pleasesssssssssssssssssss

    Wah kayaknya kami harus lebih banyak berburu artikel atau banyak baca lagi nih…
    Sekali lagi kami katakan, kami tampilkan artikel di atas adalah sebagai sarana pembelajaran kami, adapun secara rinci sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih ahli dan kompeten di bidangnya.
    Artikel lainnya dapat Anda download di Kumpulan Artikel Ibu, Bayi, dan Balita.
    Thank before…

  5. ahmad fahrudi setiawan said

    mbak ayu tolong saya informasi tb yang lengkap
    di setiawan_s_kom@yahoo.co.id

  6. Harso said

    Apakah batuk berdahak jg mrpkn gejala tbc?
    Karena udah 3 hr g sembuh2 pdhl minum obat teratur…
    Perlu diketahui saya adalah perokok. Umur saya 21 th dan saya mulai merokok di usia 17 th.

    Saya tunggu jawabannya… Sebelumnya saya ucapkan terima kasih!

    terimakasih kunjungannya, sebenarnya telah berkali-kali saya jawab di blog ini dalam komen-komen sebelumnya, bahwa saya menulis artikel ini adalah agar saya bisa mengerti tentang tbc dan agar bisa terhindar darinya, sedangkan untuk detail tentang tbc tersebut silakan tanyakan pada orang yang berkompeten dalam hal tersebut, bisa dokter ataupun selainnya. maaf dan terimakasih.

  7. Anggoro said

    Istrisaya kemaren saya periksakan ke Rumah Sakit, disitu dilakukan biopsi ( semacam operasi kecil )karena di leher bawah telinga kanan & kiri terdapat benjolan2, kemudian benjolan2 itu dilakukan penelitian di laborat,hasil sudah keluar dari laborat..dengan dokter saya, dikatan ITU TBC kelenjar.. sehingga dilakukan pengobatan secara rutin selama 6 bulan, dan sebulan sekali kontrol, Yang saya tanyakan ada enggak obat alternatifnya..? apa TBC disertai dengan benjolan2 seperti itu..? bagai mana cara menjaga keadaan badan dan lingkungan untuk penderita TBC….dan pola makannya

    Trimakasih…

    • kautsar said

      Dari kami, Semoga penyakit istri bapak segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali seperti sediakala.
      Hanya saja, untuk keluhan bapak, kami menyadari bahwa kami bukanlah orang yang tepat untuk menjawabnya, karena kami tidaklah punya kompetensi / kemampuan dalam menjawab karena kurangnya ilmu pada kami, mohon maaf sebelumnya..

      Sebaiknya bapak ibu konsultasikan kembali kepada dokter yang berkompeten dalam ilmu tersebut sehingga didapatkan jawaban yang memuaskan disertai diagnosa yang tepat, cobalah konsultasi atau periksakan dengan dokter lainnya barangkali akan didapatkan jawaban yang berbeda, Allah-lah Yang Maha Tahu..

      Demikian jawaban kami, dan barangkali sudah beberapa kali kami jelaskan dalam komentar-komentar sebelumnya bahwa kami posting tulisan ini adalah agar kami terjaga dari penyakit yang tidak kami inginkan serta sebagai media informasi bagi siapapun yang membutuhkan. Sekali lagi kami mohon maaf dan terimakasih.

  8. Ridlwan said

    Teman sy trkna lula di paru2ny shingga mengeluarkan darah.kira dmna tmpat yg bisa menyembuhkan pnyakitny?

    • kautsar said

      Maaf, sebaiknya teman Anda segera dibawa ke Dokter, barangkali butuh Rontgen untuk kepastiannya.. Semoga lekas sembuh..

  9. Lara said

    Teman saya tdak menderita btuk dan gejala lainy tp beliau mengeluarkan dahak sering skali,menurut anda apakah bliau terkena tbc?

    • Kautsar said

      Dengan gejala tersebut belum tentu temen anda terkena TBC, untuk lebih pastinya, baiknya teman anda disuruh periksa ke dokter dan menjalankan pemeriksaan-pemeriksaan seperti pemeriksaan dahak, rontgen dan sebagainya, untuk memastikan dia terkena TBC atau tidak.

  10. feri said

    saya mau tanya..saya tidak batuk2 dan berdahak dari awal saya di vonis terkena tb.dan skrng sudah -+4bulan perawatan.berat bdan saya pun sudah kmbli normal..tp masi terasa sdkit skit d dada.adakah anjuran2 yg lain untuk mempercpt penyembuhan selain dr dokter dan apakah saya menularkan tb ini pd pacar saya bila saya berikan ciuman d skitar wajah atau bibir. .terimakasih..

  11. feri said

    bila ad kesempatan..mohon jawab pertanyaan saya..dan skrng sya sudah tak terlalu mrasakan skit d dada. .terimakasih mas.

    • Kautsar said

      baru sempat bales… waduh.. gak boleh dong cium pacar, yang boleh cium istri atau anak. Tapi secara medis, baiknya dihindari kontak mulut langsung karena ada kemungkinan tertular lewat air liur.

      Walaupun anda sudah merasa baikan/sembuh, anda tetap harus meneruskan minum obat sampai benar-benar sembuh. Kesembuhan anda bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan TB.

  12. Hadi said

    Bbrp hr lalu saya smpt batuk berdahak,n bs kluar lancar tiap kali batuk,ttpi sdh sktar 5hari ini dahak sulit keluar,tapi dada rasanya nyeri tiap kali batuk,br stlh agk membungkuk agk trs ringan,apakah ini tmsuk TB.trmksh pnjlsannya.

    • Kautsar said

      belum tentu TB, tapi baiknya ada memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemeriksaan yang disarankan dokter, untuk TB bisa diketahui dengan pemeriksaan sputum atau dahak, rontgen

  13. rendra said

    saya udah 4thn lalu sembuh dari TBC.yang saya khawatirkan kemarin pada waktu seleksi kerja ada tes ronsen juga.yang saya tanyakan apakah tes saya tersebut bisa lolos g?.mengingat saya sekarang uda tidak batuk/berdahak,setelah 6bulan jalani obat, januari-juni thn 2005.

    • Kautsar said

      Insya Allah, kalau anda sudah dinyatakan sembuh total, anda tidak akan kambuh lagi. Tapi sebaiknya anda menghindari orang yang positif TBC, tetap makan makanan yang bergizi, olahraga.

  14. rendra said

    melanjutkan soal kemarin:
    “Apakah jika sembuh total, bekas dari TBC tersebut yang 4 tahun lalu masih terlihat ktika di rontgen sekarang?
    soalnya saya brharap pada tes ini bisa lolos.
    terimaksaih atas informasinya.
    jazakallah khoiron

  15. indah said

    anak sy 3,3thn dirotgen positif tb paru, LED nya 31, batuk hmpr 1 bln lbh, tdk ad kelihan lain, makan bagus, bb nya 13,8 dn trn trs, lgs divonis dsa nya tb paru tanpa ada tes lg, makan obat slm 6 bln, apakah anak saya mmg sdh disimpulkan tb paru???

  16. etta novita said

    suami saya, terkena tbc apaa2 sja yg hrs dan tidak boleh saya lakukan terimakash..

    • KOnsultasikan ke dokter aja mbak.. biar mendapat penanganan yang tepat dan mungkin akan menjalani tes-tes tertentu, ikuti aja saran dokter, semoga lekas sembuh..

  17. ediwibowo said

    Assalamualaikum Wrr. Wb.

    Dokter, istri saya demam setiap Malam dan pagi mengalami panas dan disertai Batuk namun dahak Tidak keluar kalaupun keluar dahaknya sangat sedikit.

    Kami sudah ke dokter dan sudah di cek darah dan mantok serta cek Dahak, namun belum keluar hasilnya.

    Yang ingin saya tanyakan :

    - Apakah tanda diatas termasuk terkena TBC
    - Apakah penyakit TBC, dapat mengabung dengan penyakit lain.
    - Apaka TBC dapat menurunkan daya Imun (kekebalan Tubuh)

    Demikian Pertanyaan saya, Mohon dikomentari Oleh dokter

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Edi WIbowo

    • Wa’alaikumussalam..
      Sebaiknya Anda menunggu hasil tes mantok tersebut, sehingga akan diketahui hasilnya.
      TBC jelas menurunkan imun.
      Semoga lekas sembuh.

  18. Ella said

    jika TBC disebabkan bakteri, apakah dengan minum semacam yakult bisa membantu kesembuhannya? kan yakult mengadung bakteri yang melawan bakteri jahat?

    • Kautsar said

      Untuk pengobatan TBC tetap harus minum obat TBC yang diberikan dokter. Minum obatnya harus rutin tiap hari dan dalam jangka waktu tertentu. Untuk minuman prebiotik semacam yakult, mungkin hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  19. novi said

    slmt siang!sya brusan pulng dri rumh sakit,pertanyaan sya apkah infeksi paru-paru jga sama dinamakn TBC??????

  20. dinar said

    jika seseorang terkena penyakit TBC lalu ia berbicara dengan orang lain menggunakan masker apakah bisa menular atau tidak?

  21. ahmad tarmizi said

    Mohon pencerahannya,
    Ada orang yang sekitar 5 tahun yang lalu menderita TBC, setelah minum obat secara teratur menurut petunjuk dokter Spd selama 9 bulan berturut-turut dan dinyatakan sembuh total oleh dokter yang bersangkutan, tetapi dari hasil rontgen masih terdapat flek. Apakah orang ini masih di kategorikan penderita atau memiliki gejala TBC? Serta bagaimana cara menghilangkan flek tersebut?

    Terima kasih

  22. putri said

    saya mau bertanya, katanya jika kita minum susu beruang itu akan mengalami cepat pemulihan terhadap penyakit TBC, apakah itu benar…

    terima kasih..

    • yang saya tahu sih adalah untuk memulihkan kesehatan, ketika kita sembuh dari penyakit, dengan kata lain, sebagai obat agar tidak lemas atau sebagai vitamin bagi tubuh.
      untuk benar atau tidaknya silakan konsultasikan kepada dokter anda. terimakasih kembali.

  23. refi setiawan said

    bagaimana cara kita bisa melihat orang tbc dengan cepat, dan apa tanda2nya….?

  24. tgk bahlia said

    Assalamu’alaikum,saya divonis dokter terkena penyakit tbc.yang ingin saya tanyakan sebagai penderita tb bagaiman cara saya bergaul dengan anak dan istri saya adkan pembatasannya?thank

  25. Kuntara said

    Assalamu’alaikum Warrahmatullaah Wabarakaatuh.
    Saya pernah terkena TBC 3 tahun yg lalu, sampai harus di rawat di Rumah Sakit selama seminggu karena batuk darah. saya menjalani pengobatan selama 9 bulan lebih.dan sudah dinyatakan sembuh oleh dokter paru saya. saya trauma sekali jikalau tbc balik lagi. dulu waktu terkena tbc berat badan saya 60 kg (tinggi 177 cm), normalnya bb saya 65 kg. sekarang Alhamdulillaah sudah 73 kg. berhubung sekarang lg shaum, mungkinkah tbc menyerang disaat tubuh kita lemah karena shaum?
    Jazzakallahu Khoiron..

  26. ika said

    penderita TBC bisa dikatakan benar – benar bebas TBC setelah berapa bulan pengobatan? apabila sudah dikatakan sembuh dan sudah tidak konsumsi obat apa benar sudah tidak ada TBC di dalamnya?

  27. erviana said

    mohon di jawab,,,

    saya punya pacar,,saya gk tw kl ternyata pacar sy penderita tbc.
    saya pernah ciuman dg dy
    setelah beberapa hr cimuan dg dy,,,sy batuk berdahak tetapi tidak mengeluarkan darah.
    kekebalan tubuh menurun.
    demam.
    tapi setelah minum obat demam sy turun.
    demam hanya berlangsung 2 hr.
    mungkin kah sy sudah terinfeksi tbc..?????

  28. rahma arum said

    makasih atas infonya.
    dampak penyakit TBC apa saja?

  29. Andi said

    saya kerja di karaoke bagian operator kurang lebih 8 tahun.
    dan saya tidak merokok, namun 5 krew operator yg lain semua merokok di dalam ruangan ac dan tertutup yg luasnya cuma 2X5 meter.
    apakah saya dapat terkena tbc melihat kondisi seperti yang di atas ?
    mohon konfirmasinya ..mks.

    • Kautsar said

      Saran kami, jika memang keadaannya seperti yang Anda ceritakan, adalah sebaiknya Anda berpindah dari tempat tersebut, karena tentu akan banyak dampak negatifnya bagi Anda terutama dalam hal kesehatan Anda, cobalah dipahami, bahwa tempat kerja dan rezeki itu bukan dari semata apa yang ada saat ini, tapi tidak lain adalah hasil dari usaha kita dan itu bisa dari banyak jalan dan tempat.
      Kemudian melihat kondisi seperti yang Anda ceritakan, kemungkinan ada tetapi banyak kemungkinan lain yang dampaknya negatif jika Anda tetap bertahan di tempat tersebut.
      Demikian dari kami, mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat.

  30. enNa said

    Siang Dok,,
    Sayaa seorang ibu 26taun anak saya 19bulan,,
    dulu sewaktu saya duduk dikls2 smp saya pernah mengalami penyakit TBC lalu saya pun berobat say atdk tau pasti brplamanya tp selama saya hartus trus mengkonsumsi obt sampai beberapa bulan.
    nah yg saya tanyakan apakah penyakit tsb bisa terulang kembali,soalnya saya sdh 2minggu ini batuk2 trus dan berdahak,,nah sebelum itu saya mengeluarkan darah tp sebelumnya saya sakit batuk 2minggu ini.
    mohon jawabanya nya dok, dan apa anak saya akan tertular?

  31. Wahyu K said

    Assalamu’alkm?
    Saya mau tanya? Ayah saya sudah hmpir 5 tahunan kena TBC dan belum sembuh(tngl 20-10-2010 muntah darah lagi)! Periksa dokter rutin! Kadang masih sering batuk darah! Pertanyaan saya:
    1. Apa yg hrus saya/kami lakukan.?
    2. Bagaimana bisa penyakit tbc brsarang lbhkurng 5 tahunn?faktor.
    3. Apakah masih bisa diobati?

    • Kautsar said

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,
      1. periksakan ke dokter segera. sehingga segera terobati.
      2. Barangkali ada kesalahan waktu meminum obat? coba teliti lagi, karena penderita TBC dalam meminum obat harus kontinyu dan tidak boleh terlewat walau sekali.
      3. Insya Allah bisa, karena Allah menciptakan penyakit pasti ada obatnya, hanya saja mungkin kita belum tahu.

  32. darwis said

    aku batuk dahaknya disertai darah,apakah itu tbc?trus kalau berhubungan badan dengan istri apa berbahaya?mohon penjelasanya.trims

  33. elmina said

    Salam Sejahtera Dok,..

    1.anak saya berumur 4,9th, 1,5,tahun yg lalu terinfeksi TB, dan sdh terapi obat 11bln, setelah beberapa kali foto rongen dan cek darah laboratorium dokter sdh menyatakan sembuh.tapi sampai sekarang anak nya terus pilek(tanpa batuk) walaupun sudah pemberian obat pilek dari dr anak, dan berat badannya tdk juga naik meskipun porsi makannya sdh bertambah. Dok, apakah ini berarti Penyakit TBnya belum sepenuhnya tuntas?,tes apakah yang paling akurat dalam hal ini?

    2.Saat bersamaan saya juga positif penderita TB, dalam keadaan hamil.menjalani terapi obat selama 10bln,dan dinyatakan sembuh kemudian melahirkan anak ke 3 dgn brt badan 2,8kg. Padahal anak2 saya sebelumnya lahir dgn brt bdn 4 & 3,6kg. Dok,.. apakah ini menurun ke bayi saya, mengingat pertumbuhan berat badannya lambat (8kg/11bln), dan juga sering pilek(tdk ada batuk)? meskipun saya sudah mengatur makanannya dan ke dokter anak?

    Sebelumnya Terimakasih dok, mohon balasan analisa anda secepatnya.

  34. desti wibowo said

    tanya, sy pnya adik perempuan yg sekarang berumur 28th, dia saat ini di vonis terkena TB/TBC,
    awalnya dilakukan tes dari cairan yg di ambil dari paru2 dia, cairan itu berwarna merah seperti darah, awalnya donkter menduga dia terkena kanker paru2,karna cairan yg di ambil dari paru2 nya itu berwarna merah dan adanya benjolan di leher dan bawah ketiak, tetapi setelah hasil lab keluar ternyata dia dinyatakan hanya terserang TBC,

    pertanyaannya:
    1. Apakah perbedaan khusus dari ciri2 org yg terkena kangker paru2 dengan TBC , mengingat chiri yg saya baca hampir sama
    2. apakah cairan yg berwarna merah seperti darah yg berada di paru2 adik sy memang terjadi pada khasus kangker paru2 dan TBC

    mohon pencerahannya yah dok, karna saya takut kalao hasil lab yg keluar salah,

    • Kautsar said

      Coba disikusiakan dengan DSA, jika mendiagnosis TB harus sesuai dengan TB scoring.

      Utk mendiagnosi TB ada beberapa macam cara yang saling menunjang,
      1. Rontgen, biasanya hasil rontgent dapat terlihat bercak putih (infiltrat) pada foto rontgentnya. Tetapai dan masih tetapi, hasil rontgent ini tidak bisa sebagai diagnosi TB, harus diperlukan dasar penunjang yang lain
      2. Tes Tuberkolin/Mountox Test, utk anak seumuran Nayla, ini yang paling efektif dibandingkan Rontgent. Tetapi utk dewasa tidak akan efektif karena utk orang dewasa di negara kita yang endemi TB biasanya hasilnya positif. Biasanya
      utk orang dewasa dilakukan “Pemeriksaan Dahak”
      3. Test darah, seperti LED (Laju Endapan Darah) ataupun PCR dan serologis (PAP TB, Mycodot, ICT) dan lain-lain, mungkin dokter2 di sini bisah menambahkannya.

      Dari ketiga test ini, yang paling efektif tetap Test Mountox utk mendiagnosis, apakah si anak “terifeksi TB ataupun Sakit TB”

      Jadi jika positif, orang serumah juga harus juga diperiksa, karena pengobatannya akan percuma. Dan jangan segan-segan utk mencari second opinion dari DSA sub pulmonologi (ahli paru-paru).

  35. Iwan Partadisastra said

    Iwan berkata

    7 Desember 2010 pada 12:00

    Saya Iwan, istri saya saat ini sedang mengalami sakit TBC positif, saya sedang kesulitan dalam biaya pengobatan, istri saya saat ini sedang menjalani pengobatan di RSUD Kelet-Jepara,saya dikasih surat rujukan sama salah satu mantri RSUD Kelet untuk mengikuti pengobatan program DOTS, sampai saat ini pengobatan program DOTS belum terlaksana, saya tidak tahu apa sebabnya, saya mohon bantuannya pada siapapun, khususnya kepada RSUD Kelet-Jepara, terima kasih.

  36. insya allah dengan minum herbal xamthoneherbal penyakit nya insya allah smbuh .

    dgn klik link tersebut ..

    maav ikut promosi

  37. rika said

    bagaimana cara agar saya dapat tetap merawat suami saya yang terkena TBC dengan aman….?????

  38. boy rayan said

    Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,kanker,aids,tbc,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 02195252748

  39. surya said

    selamat pagi, saya mau bertanya,apakah orang yang sedang TBC boleh melakukan hubungan suami istri?

  40. ratna suma said

    saya minta informasi tentang obat tbc…

  41. sari said

    selamat pagi, saya sudah dinyatakan sembuh dari TBC, yang mau saya tanyakan, apakah orang yang sudah sembuh dari TBC akan berbekas flek nya pada paru-paru? dan apakah akan terlihat apabila di rontgent?

  42. Mayang Astuti said

    Assalamualaikum wr. wb.

    Adik saya sudah di periksa oleh puskesmas dan dinyatakan mengalami penyakit TBC, dia sudah berobat selama 3 bulan, karna waktu itu dia kurang informasi tentang TBC, dan waktu itu pula karna kesibukannya dia berhenti pengobatan. Dan sekarang penyakitnya kumat, dia baru menceritakan kepada saya, saya bilang penyakit tsb sangat berbahaya bila tidak segera di tangani. Lalu ia mulai berobat kembali ke puskesmas di tempat yang berbeda, blm ada sebulan berobat di tempat tersebut, dia mengalami muntah darah. Dan dia tanya ke dokter, kata dokter bila nanti telah di kasih obat tambahan, masih muntah, lemas dan panas dingin, harus segera di bawa ke rumah sakit.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah penyakitnya sudah parah? di jadwal TBnya terdapat bintang 2, apa maksudnya? apakah masih bisa di sembuhkan oleh puskesmas tanpa harus ke rumah sakit, mengingat kami hanya orang yang tak punya, yang tak mampu membayar rumah sakit??? sya mohon jawabannya segera. terimakasih banyak atas jawaban dan perhatiannya.

  43. apa kalo anak balita guru kena tbc perlu suntik moutox

  44. obat maag said

    ciri2 penyakit tbc apa gan>>??

  45. engla said

    saya mau nanya,, apa orang yg terserang batuk akut bisa di bilang terserang penyakit TBC..??

  46. hidayat said

    saya mau nanya …. apa saja sih makanan dan minuman yang dilarang bagi penderita penyakit TBC ..?

    dan apa saja makanan dan minuman yang baik untuk para penderita penyakit TBC..?

    tolong di jawab pertanyaan saya…?

  47. kristya said

    kk saya di vonis tbc stadium 3, apa ya maksudnya dan apakah dapat disembuhka, gejalanya sama persis dengan penjelasan diatas tapi sebelim dia terkena tbc dia sempat dirawat krn liver. mohon penjelasannya. terima kasih..

  48. Haposan said

    ayah saya dahulunya berpenyakit gula, truss menjadi TBC
    Yang mo saya tanyakan, di sini apakah ini akibat dari penyakit gula itu yang sebetulnya?
    kalau itu betul, apa yang dahulu penyakit yang disembuhkan dan apa obat yang bagus utuk diberikan?? trimakasi, mohon pejelasannya..

  49. ana said

    maaf saya mau tanya kalau seandai nya kt sudah lama berteman dgn orang penderita tbc tp kt bs tertular. egk ya? sedang kan selama ini kt baru tau kalau dia terkena tbc? antisipasinya gmn ya tidak mungkin kan kt menjauhinya?bagaimana ya silusinya nuhun

  50. ratna said

    Saya ratna ,,
    Kbetulan ayah dan kakak sayan kena pnyakit TBC,,
    Nah skrng pun sya jga mrasakan gejalah yg di tuliskan di atas ,,
    Dan akhrnya saya di suruh untuk tes dahak,,
    Tapi karna saya agak susah untuk mengeluarkan dahak,,
    Apakah dahak itu bisa di gntikan dengan ludah??
    mhon di bls yah dok,,
    Sblumnya terima kasih:)

  51. hi salam kenal sis,, saya mau nanya ni, saya punya teman ternyata dia mengidap penyakit tbc,dya sudah 2 bulan ini minum obat dr rumah sakit sampe 1 pelastik, saya gak tau,, dan saya pernah minum es nya, stik 1 gelas dan 1 sedotan dengan nya,,, apa kah saya akan tertular penyakit tbc,, mohon balasaya ya,, di tunggu,,,

  52. roysthea said

    Saya seorang lelaki, yg pernah berhubungan intim dgan seorang perempuan yg memiliki menyakit tersebut, apa saya bisa tertular?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.302 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: