Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

BIASAKAN MENGKONSUMSI BUAH DAN SAYURAN HIJAU SETIAP HARI

Posted by Kautsar pada 15 Januari 2008

Bagi kita buah dan sayuran adalah bukan hal yang aneh ataupun asing, negeri kita alhamdulillah termasuk negeri yang subur yang dapat ditumbuhi oleh tanaman sayur maupun buah.

Buah terutama buah yang musiman, seperti mangga, jeruk, rambutan, dan sebagainya, adalah buah yang sangat kita kenal. Tahukah anda atau apakah pernah terbersit di pikiran anda, kenapa buah itu berbuahnya musiman –dengan tanpa menafikan bahwa ada teknologi yang mampu menjadikan buah itu bisa sewaktu-waktu berbuahnya- kenapa tidak sewaktu-waktu ada sebagaimana sebagian buah lainnya seperti : pisang, salak, dan lainnya.

Sebelum kita membahasnya, walaupun sesuai dengan kemampuan saya, karena saya bukanlah dokter ataupun peneliti, saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman hidup kepada anda sekalian. Telah diketahui bahwa sebagian pengetahuan itu akan didapat dari pengalaman hidup kita di masyarakat, bukan semata dari belajar walaupun sampai perguruan tinggi sekalipun, teringat ketika aku punya seorang teman, ia masih menempuh pendidikan dalam rangka meraih gelar Sarjana Pertanian, ia sudah pernah KKN, PKL, maupun penelitian dalam lingkup kampusnya, namun, suatu waktu ia berkunjung ke rumah dan bertemu dengan orang tuaku yang notabene adalah petani. Suatu ketika ibuku kesulitan dengan tanaman sayurannya yang ada di sawahnya, kemudian menanyakan kepada temanku tersebut banyak hal, pada awalnya ia begitu fasih menjelaskan segala hal terkait dengan pertanian, begitu lancar. Eh… kenapa ibuku tampaknya kurang paham ya meskipun telah berulangkali dijelaskan. Ternyata, ternyata, dan ternyata kata ibuku, penjelasanmu itu terlalu gimana gitu, udah deh yang praktis aja, prakteknya gimana jangan kebanyakan teori ini bisa diatasi dengan ini, ini begini dan au ah elap… intinya bahwa masyarakat itu butuh sesuatu pencerahan namun bukan yang teoritis seperti itu, tetapi yang praktis-praktis aja, nah dari pengalaman itu dapat diambil pelajaran bahwa sarjana bukanlah rekomendasi bahwa ia siap turun terjun ke sawah setelah lulusnya, walaupun banyak teori yang telah ia dapat di kampusnya, namun tetap saja pengalaman petani yang telah bertahun-tahun, setiap hari terjun ke sawah dengan berbahai persoalan hama dan sebagainya, petani tersebut lebih bisa menangani sebagian permasalahan tentang pertaniannya.

Kembali ke pembahasan kita setelah tersesat ke bahasan yang gak jelas…

Pernahkah anda merasakan sakit seperti flu atau penyakit ringan lainnya? Seberapa seringkah?

Buah yang kita konsumsi, buah berair maupun buah yang tidak, ternyata memiliki khasiat yang begitu memukau bagi tubuh kita. Pernahkah anda menanyakan kepada diri anda sendiri, Kenapa buah mangga, kelengkeng berbuahnya pada musim kemarau?

Mari kita sedikit menambah perbendaharaan pengetahuan kita, buah sebagaimana kita ketahui, banyak mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kita, seperti vitamin, dan juga zat penting lainnya. Rujuk dan lihatlah kembali artikel-artikel terkait dengan hal ini. Cari sendiri ya… bisa lewat google, atau search engine lainnya, wakakak….

Balik lagi ke bahasan kita,

Buah selain mengandung berbagai manfaat di atas, selain karena memang kandungannya seperti itu, namun juga yang perlu kita perhatikan dan cermati, bahwa buah itu berbuah pada musimnya tentu ada sesuatu yang sepantasnya kita tahu.

Ada seorang herbalis –maaf bukan dokter atau peneliti, walaupun mungkin ada- ia mengatakan bahwa buah yang berbuah pada musimnya dan kita senantiasa mengkonsumsi buah yang berbuah pada musimnya, ternyata bisa sebagai imun bagi tubuh kita dari penyakit. Orang yang selalu mengkonsumsi buah pada musimnya cenderung lebih kuat daya tahan tubuhnya daripada yang jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsinya. Misalnya beberapa waktu yang lalu adalah musimnya kelengkeng, jeruk, mangga, sekarang mulai banyak adalah rambutan.

Pada musim begini, di saat kita kepanasan karena teriknya matahari, terasa begitu nikmat dan menyegarkan ketika kita mengkonsumsi buah, subhanallah, Allahu Akbar. Sungguh di antara nikmat-Nya adalah dikaruniakan kepada kita buah berair itu pada saatnya, dan pasti ada suatu manfaat bagi tubuh kita selain sekedar menyegarkan, iya kan, walhamdulillah…

Begitupula buah yang bukan musiman, tetap pantas dan selayaknya kita konsumsi karena begitu banyak manfaat ketika kita rajin mengkonsumsi buah dan juga sayur, yuk… !

Segitu dulu deh gerak penaku tentang buah dan sayur, barangkali di waktu yang akan datang ada inspirasi lagi untuk menulis tentang buah yang tentunya lebih ilmiah dari tulisan ini, dan semoga bermanfaat bagi kita semua yang ingin ikhtiar hidup sehat dengan buah dan sayur.

Barangkali ada kesalahan, kelancangan silakan berikan masukan, untuk lebih menyempurnakan tulisan singkat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: