Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

MANFAAT LAIN DARI PIJAT BAYI / ANAK

Posted by Kautsar pada 29 Januari 2008

Pada beberapa keadaan tertentu, pijat bayi dapat memberikan keuntungan tambahan seperti dalam kasus-kasus berikut :

  1. Orang Tua Yang Masih Remaja (Teenage Parent)

Orang tua yang masih remaja, umumnya tidak/belum  siap untuk menjadi orang tua, karena mereka sendiri belum cukup dewasa. Pada kasus seperti ini, pijat bayi akan meningkatkan kepercayaan diri mereka, meningkatkan rasa penerimaan atas keadaaannya menjadi orang tua, dan meningkatkan harga diri mereka sebagai orang tua.

  1. Orang Tua Yang Rasa Keterikatan Dengan Bayinya Kurang

Hal ini biasanya terjadi pada kasus-kasus berikut :

          Kehamilan dan kelahiran anak yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan.

          Komplikasi kehamilan dan /atau kelahiran.

          Pemisahan ibu dan bayi untuk waktu tertentu, karena alasan keabsahan fisik/mental ibu, atau kesehatan bayi.

Pada keadaan di atas pijat bayi dapat mendekatkan hubungan orang tua dengan bayinya. Apalagi bila para orang tua tersebut mengikuti kelas pijat bayi bersama beberapa orang tua lain. Dalam kelas pijat bayi, mereka akan merasa mendapat dukungan dan perhatian, serta melihat bagaimana orang tua lain bergaul penuh kasih sayang yang lemah lembut tersebut. Akhirnya akan timbul rasa percaya diri dan keingian untuk mempunyai hubungan mesra dengan bayinya sendiri.

  1. Orang Tua Angkat

Oleh karena tidak pernah mengandung bayi yang diangkat, orang tua angkat tidak merasakan kedekatan dengan bayinya sebelum bayi ini dilahirkan. Pijat bayi akan membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat antara orang tua angkat dengan bayinya, mereka akan lebih cepat mengenal dan merasakan bahwa mereka saling terikat dalam satu keluarga.

  1. Bedah Caesar

Bayi yang dilahirkan dengan bedah caesar tidak pernah merasakan rangsangan taktil seperti halnya  bayi yang dilahirkan normal. Di samping itu, umumnya bayi iniakan kurang aktif/siaga karena pengaruh obat-obatan yang diberikan ke ibu. Untuk beberapa waktu ibu masih akan merasa sakit akibat operasinya, dan akan merasa tidak nyaman, sedangkan sang ayah kemungkinan akan merasa bersalah atau sedih karena istrinya harus mengalami operasi. Pijat bayi akan lebih cepat menyatukan orang tua dan bayinya, serta akan menolong mereka menghilangkan perasaan-perasaan negatif tadi.

  1. Sakit Perut (Colic)

Colic atau sakit perut pada bayi ditandai dengan suara tangis yang melengking. Penyebab kolik yang antara lain berupa gangguan pada mekanisme kontrol tidur/bangun atau terjadinya gangguan interaksi antara orang tua dan bayi. Kolik juga sering dihubungkan dengan adanya gangguan pada saluran pencernaan dan kesukaran makan.

Untuk mengurangi kolik dianjurkan para orang tua memijat bayinya pada waktu kolik berlangsung serta setiap kali sebelum bayi tidur. Para peneliti juga menemukan bahwa bayi-bayi yang dipijat, interaksi dengan orang tuanya menjadi lebih tenang, serta waktu tidur dan bangunnya teratur.

  1. Asma

Asma selain disebabkan oleh rangsangan fisik dari luar, seperti serbuk atau debu, juga dapat disebabkan oleh faktor psikologis seperti kegelisahan. Telah dibuktikan bahwa pijatan dapat melebarkan saluran napas yang menyempit pada asma.

Pijat adalah terapi umum untuk relaksasi. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa dengan pemijatan dilaporkan adanya penurunan perasaan gelisah dan depresi sehingga serangan asma akan berkurang.

  1. Bayi Dari Ibu Pecandu Kokain

Penelitian terakhir membuktikan bahwa bayi dari seorang ibu pecandu kokain yang dipijat, menunjukkan komplikasi kelahiran berkurang, kenaikan berat yang lebih baik, disamping itu tes perkembangannya menunjukkan hasil yang lebih baik.

  1. Bayi Dari Ibu HIV Positif

Pemijatan pada bayi dengan ibu HIV-positif ternyata dapat lebih menaikkan berat badan serta meningkatkan perkembangan motorik bayi.

  1. Bayi Yang Dirawat Di Rumah Sakit

Jarum suntik dan pemeriksaan-pemeriksaan yang menyakitkan di rumah sakit telah memberi kesan pada bayi adanya hubungan antara perabaan dan rasa sakit. Dengan pijat bayi mereka akan mengetahui bahwa perabaan dapat juga terasa menyenangkan, menenagkan, dan penuh kasih sayang. Perlu diingat bahwa sangatlah penting untuk peka terhadap keinginan-keingian bayi dan bayi hanya dapat dipijat atau diusap apabila ia menghendakinya.

  1. Bayi Kurang Bulan (Premature Infant)

Bayi prematur mengalami kehangatan dan kenyamanan dalam kandungan ibu dalam waktu yang singkat. Selain itu, mereka akan lebih sering disuntik dan mengalami pemeriksaan-pemeriksaan laboratorium yang menyakitkan. Dengan demikian mereka harus belajar sejak awal bahwa perabaan dapat pula merupakan sesuatu yang menyenangkan serta penuh kasih sayang. Kita hendaknya memberikan sentuhan kasih sayang yang sejuk sejak dari hari pertama.

 

Tips pijat bayi

  1. Kapan waktu terbaik untuk memijat bayi ?
    Ibu, pemijatan sebaiknya dilakukan pagi dan malam hari menjelang tidur.
    untuk pemiijatan malam hari, bayi cukup diseka dengan air hangat agr bersih dari minyak (baby oil)
  2. Setiap gerakan dapat diulang berapa kali ?
    setiap gerakan pada pijat bayi dapat diulang sebanyak 6 kali.
Iklan

Satu Tanggapan to “MANFAAT LAIN DARI PIJAT BAYI / ANAK”

  1. Badrus said

    Mksh

    Sama-sama, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: