Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Manusia yang paling Allah cintai : Imam yang Adil

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 Maret 2008

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 “ Sesungguhnya golongan manusia yang paling dicintai disisi Allah ‘azza wajalla pada hari kiamat dan yang paling dekat kedudukannya kepada Allah adalah Imam/penguasa yang adil. “ (Musnad Ahmad no. 11117, Hamza Ahmad az-Zain mengatakan : Sanadnya hasan)

          Imam/penguasa yang Adil –Lihat didalam Syarh Shahih Muslim karya an-Nawawi 7 / 121 dan 12 / 212 dan Fathul Baari karya al-‘Asqalaani 2 / 145 : Yaitu setiap pemimpin dan penguasa yang memberi perhatian pada satu dari sekian banyak mashlahat bagi kaum muslimin, lalu berbuat adil dalam hal itu. Dan dialah yang mengikuti perintah Allah untuk meletakkan  segala sesuatu pada tempatnya tanpa berlebihan atau menguranginya. Dan dialah yang selalu memberi nasihat bagi setiap hamba-hamba Allah dan mengarahkan mereka kepada hal-hal yang wajib bagi mereka dalam perkara-perkara agama mereka ataukah kehidupan duniawi mereka. Dan menegakkan segala hal yang perlu baginya untuk ditegakkan berupa penjagaan syari’a-syari’at Allah bagi mereka, menjaga setiap hak-hak mereka, melindungi  hak milik mereka, berjihad melawan musuh mereka, dan menghalau dari mereka setiap pelaku kerusakan, dan menegakkan hukum-hukum Allah ditengah-tengah mereka.

          Imam/penguasa yang adil memiliki beberapa derajat yang tinggi dan kedudukan yang sangat tinggi di akhirat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  telah memberi kabar gembira dengan mengabarkan akan balasan yang sangat baik bagi mereka yang berbuat adil dalam penetapan hukum mereka dan bagi orang-orang yang berada dalam pengayoman mereka, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

“ Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil disisi Allah akan berada diatas minbar-minbar yang terbuat dari cahaya berada di bagian –tangan – kanan ar-Rahman ‘azza wajala, dan kedua tangan Allah keduanya kanan, merekalah yang berbuat adil dalam hukum mereka, terhadap keluarga mereka dan kepada orang-orang yang berada didalam pengurusan mereka “ (Diriwayatkan oleh Muslim didalam Kitab al-Imarah, bab. Fadhilah al-Amir al’Adil wa ‘uqubah al-Jaair wal-hatstsu ‘ala ar-rifq).

Dan keutamaan ini hanyalah bagi yang berlaku adil dengan segala yang dibebankan kepadanya berupa : Khilafah, kekuasaan, qadha’/hukum, pengurusan atau pengawasan anak yatim, zakat atau wakaf, dan hal-hal yang menjadi keharusan baginya berupa hak-hak keluarga, anak-anaknya dan lain sebagainya. (An-Nawawi : Syarh Shahih Muslim ( II / 212 )).

          Imam yang adil juga termasuk diantara tujuh kalangan yang akan mendapat naungan dari Allah dibawah naungan-Nya, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 “ Ada tujuh kalangan yang Allah menaunginya dibawah naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan selain naungan dari Allah : Imam/penguasa yang adil … “. (Diriwayatkan oleh al-Bukhari didalam Kitab al-Adzan, bab. Man jalasa fil-masjid yantadhziru ash-shalat wa fadhlu al-masaajid).

          Dan Allah memulai menyebutkan perihal penguasa adil ini sebelum menyebutkan enam kalangan lainnya, karena banyaknya kebaikan dan manfaatnya yang meluas.

          Dan diantara keutamaan Allah ta’ala didunia bagi seorang penguasa yang adil  bahwa doanya tidak akan tertolak apabila dia berdoa. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda :

 “ Ada tiga kalangan yang tidak akan tertolak doa mereka : Penguasa yang adil, seorang yang berpuasa hingga dia berbuka, dan doa seorang yang didhzalimi “ (Shahih Sunan at-Tirmidzino. 2050).

Dan pada hadits ini, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam  mengedepankan dan mendahulukan imam yang adil dari pada dua lainnya, dikarenakan imam yang adil akan memberikan manfaat yang menyeluruh mencakup semua yng berada didalam pengawasan hukumnya atau kaum manusia yang berada diwilayah hukumnya.

Iklan

Satu Tanggapan to “Manusia yang paling Allah cintai : Imam yang Adil”

  1. Viantra said

    semoga kita bisa berbuat adil terhadap apa-apa yang kita pimpin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: