Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Allah tidak mencintai orang-orang yang berlaku khianat

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 Maret 2008

Allah ta’ala berfirman :

 “ Sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang yang berlaku khianat “ (Surah al-Anfal : 58).

Allah ta’ala berfiman :

 “ Sesungguhnya Allah tidak mencintai setiap orang yang berlaku khianat lagi ingkar “ (Surah al-Hajj : 38).

            Khianat : Tiada lain adalah perbuatan curang, licik, dan menyembunyikan sesuatu. Dan sifat ini adalah kebalikan dari sifat amanah.

            Orang-orang yang berlaku khianat : Adalah orang-orang yang berlaku khianat kepada Allah dan Rasul-Nya. Berlaku kianat apabila mereka diberi kepercayaan baik amanah ilmiyah ataukah amanah-amanah lainnya dan lain sebagainya. Mereka menyebarkan rahasia orang lain, mengakui sesuatu dengan dasar kedustaan, berlaku curang dalam setiap interaksi mereka dan dalam setiap perdaganan mereka. Mereka melanggar segala bentuk perjanjian, menyalahi setiap kesepakatan yang telah mereka sepakati, dan mereka  mereka menarik kembali setiap janji-jani mereka. Orang-orang yang berlaku khianat adalah orang-orang yang berlaku curang dalam setiap hukum, atau kepada rakyat dan keluarga mereka dan kepada setiap bawahan mereka, Mereka seperti yang tercnatum didalam sebuah hadits :

 “ Sesungguhnya sepeninggal kalian akan datang suatu kaum yang mereka berlaku khianat dan tidak dapat dipercaya. Mereka bersaksi namun persaksian mereka tidak dapat dipersaksikan , mereka bernadzar namun tidak menepatinya.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari didalam Kitab asy-Syahadaat, bab. Laa Yasyhad ‘ala Syahadah juurin idzaa Usyhida).

            Pada sebuah hadits disebutkan :

 “ Barang siapa yang mengisyaratkan kepada saudaranya suatu perkara, namun dia mengetahui kalau yang lurus adalah selain perkara tersebut, sunguh dia telah berlaku khianat “ (Shahih Sunan Abu Daud no. 3105).

Orang-orang yang berlaku khianat adalah orang-orang yang menjadi penjaga saudara-saudara mereka, karib kerabat, tetangga mereka pada keluarga dan istri-istri mereka, namun mereka mengkhianatinya. Dan mengkhianati semua rekan-rekan kerja mereka atau yang orang-orang yang mengerjakannya. Orang-orang yang berlaku khianat adalah orang-orang yang menkhususkan doa hanya untuk diri mereka tanpa menyertakan makmum, mereka melirik kepada kaum wanita, dan mengkhianati istri-istri mereka, Dan juga kaum wanita yang mengkhianati suami-sumi mereka. Mereka berdusta kepada orang lain disetiap perbincangan mereka padahal orang-orang selain mereka yangmendengarkannya memebenarkan ucapan mereka.

            “ Seorang yang berlaku khianat adalah seseorang yang tidak tersembunyi ketamakannya walau itu sekecil apapun kecuali dia akan mengkhianatinya. Dan seseorang yang tidaklah dia menjalani pagi dan sorenya kecuali dia menipu daya engkau pada keluarga dan hartamu “ (Diriwayatkan oleh Muslim didalam Kitab al-Jannah, bab. Ash-Shifat alatii Yu’rafu bihaa fii ad-Dunya Ahla al-Jannah wa Ahlu an-Naar).

Allah ta’ala berfirman :

            “ Sesunguhnya Allah tidak mencintai siapa saja yang berlaku khianat lagi pendosa “ (Surah an-Nisa : 107).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: