Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Hukum Al-Qur`an Dijadikan Ring Tone

Posted by Kautsar pada 14 April 2009

Pertanyaan :

Telah tersebar di tengah-tengah kaum muslimin, penggunaan ring tone berupa bacaan ayat-ayat Al-Qur`an atau zikir yang lainnya. Akan tetapi tahukah anda apa hukumnya?

Berikut jawaban dari Asy-Syaikh Saleh Al-Fauzan -hafizhahullah- tatkala beliau ditanya dengan konteks pertanyaan sebagai berikut:

Apa pendapat anda mengenai orang yang menggunakan suara azan atau bacaan Al-Qur`an Al-Karim sebagai ring tone hp sebagai ganti dari ringtone musik?

Jawaban :

Ini adalah perbuatan merendahkan azan, zikir dan Al-Qur`an Al-Karim. Karenanya dia tidak boleh dijadikan sebagai ring tone, dia tidak boleh dijadikan sebagai ringtone.

Ada yang mengatakan: “Ini lebih baik daripada ring tone yang berupa musik.” Baiklah, tentang ring tone musik ini, apakah kamu dipaksa untuk memakainya?!! Tinggalkanlah (ring tone yang berupa) musik. Pasanglah ring tone yang tidak ada musik di dalamnya dan tidak pula ada bacaan Al-Qur`an di dalamnya. Cukup sebagai pemberitahu akan adanya panggilan masuk.

[Dari kaset yang berjudul: Liqa` Al-Maftuh ma’a Asy-Syaikh Al-Allamah Saleh bin Fauzan Al-Fauzan -hafizhahullah-, pada tanggal 23-10-1426H]

Diterjemah dari: http://www.sahab.net/forums/showthread.php?threadid=344588

Sumber Url : http://al-atsariyyah.com/?p=678

8 Tanggapan to “Hukum Al-Qur`an Dijadikan Ring Tone”

  1. venom said

    Sukron artikelnya, mohon ijin ikut nyebarkan di blog saya
    http://venomjeka.multiply.com/

  2. arif said

    akh..kalo a nee, di hape a ada ayat alquran, buat bangunin tidur, yang lainnya musiikk semua..n terbukti a bangun teruss, gimana yaaa….T_T

    antum sebagai orang terdidik dan terpelajar tentu bisa menyimpulkan sendiri dong.. بارك الله فيك

  3. arif said

    maksutnya buat bunyi alarmnya gituu

    Ringtones pada dasarnya berguna untuk membedakan nada dering hp yang kita pakai dengan hp lainnya, sehingga bila berada disuatu tempat yang umum dan ramai, sipemakai hp dengan nada dering spesifik dapat mengetahui bahwa hpnya lah yang sedang berbunyi. [http://www.total.or.id/info.php?kk=Ringtones]

    jelas kan pengertian ringtone, antum tentu bisa memahami. Dalam Islam ada kaidah “Dar’ul Mafasid Muqaddam ‘ala Jalbil Mashalih (menolak/menghindari mudharat lebih diutamakan daripada memunculkan manfaat). Maksudnya jika pada sesuatu itu ada dua efek; baik dan buruk, maka lebih baik dihindari..!
    Jadi, mungkin saja menggunakan ringtone Al-Qur’an itu ada manfaatnya, tapi kemungkinan buruknya juga ada, bahkan mungkin lebih besar kemungkinan terjadinya. Jadi, lebih baik dihindari.

    (tambahan) :

    Al-Mujamma’ Al-Fiqh Al-Islami (Pusat Kajian Fiqh Islam), yang menginduk kepada Rabithah ‘Alam Islami yang berpusat di Saudi akhirnya memfatwakan larangan (pengharaman) penggunaan ayat Al-Qur’an untuk nada panggil (ringtone). Alasannya, perbuatan tersebut secara tidak langsung merendahkan Al-Qur’an serta memutuskan bacaannya. Apalagi, ringtone tersebut bisa berbunyi di mana saja, termasuk di tempat-tempat yang tidak layak dibacakan Al-Qur’an. Fatwa tersebut dikeluarkan pada hari Rabu (7/11) kemarin, di saat Al Mujamma’ mengakhiri muktamar ke 19 nya di Mekah.

  4. arif said

    jazakalloh khoiron…wah, ntum cepet betul upgrade artikel2nya

    وإياكم
    Wah, antum rajin juga maen, kapan bikin blog?

  5. arif said

    a rajin karena ikut istri dikantornya, internetan ampe puass grtis….hehehe, a masih belajar bikin blog..doain ya akh…

    hati-hati akh, bukannya itu fasilitas untuk istri antum, apakah antum punya hak disana, ittaqillah… afwan.
    istri antum udah isi belum??

  6. yoenani said

    wah makasih infonya, mohon izin mo nyebarinnya via email, makasih sebelumnya

    Silakan disebarluaskan untuk kepentingan dakwah. بارك الله فيكم

  7. adalah situs web ini availible di English?

    Now in Indonesian only.

  8. satya said

    dapatkah tafsir Qur’an atau hadits bisa memanfaatkan psikologi? jelaskan!

Tinggalkan komentar