Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

ANEKA NUTRISI OTAK

Posted by Ummu Kautsar pada 17 April 2009

Apa saja sih nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang otak si kecil?

Nutrisi otak sebenarnya sudah terdapat pada asupan makanan empat sehat lima sempurna yang kita berikan kepada anak setiap hari. Ibarat sebuah paket, makanan untuk otak sama dengan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Itu karena pertumbuhan fisik dan volume otak tak dapat dipisahkan dari pertumbuhan dan perkembangan tubuh seorang anak. Hanya saja, di dalam gizi seimbang empat sehat lima sempurna, ada beberapa zat gizi (nutrien) yang fungsinya secara spesifik dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Nah, berikut ini aneka zat gizi yang dibutuhkan oleh otak:

1. KARBOHIRDAT

Merupakan sumber energi yang diperlukan untuk berbagai proses metabolisme otak dan proses pembentukan simpai-simpai saraf pada otak bayi dan anak untuk proses berpikir. Terdapat pada makanan berbahan beras, terigu, jagung, sagu dan kentang.

2. PROTEIN dan ASAM AMINO

a. Asam folat berperan penting dalam pembentukan otak bayi sejak awal kehamilan. Kekurangan asam folat dapat menimbulkan kelainan berupa Neural Tube Defect (NTD) yang dapat menimbulkan dampak jangka panjang pada kehidupan bayi, bahkan sering kali menimbulkan kematian. NTD merupakan kelainan bawaan berat pada otak, tulang kepala dan sumsum tulang belakang yang dijumpai sebagai anensefalus, hidrosefalus, mikrosefalus dan spina bifida.

Setelah bayi lahir, asam folat tetap dibutuhkan untuk pembentukan selubung saraf otak agar otak berkembang optimal. Sumber asam folat terdapat pada hati ayam, kacang kedelai, bayam, kembang kol, brokoli, daging, gandum, telur, susu, dan keju.

b. Tyrosine dan Tryptophan berperan untuk menghasilkan neurotransmitter yang berfungsi menyerap pesan dan mengolahnya sehingga pesan dapat disampaikan lebih optimal. Terdapat pada telur, kacang-kacangan dan susu yang difortifikasi dengan kandungan ini.

c. Kolin, penting sebagai komposisi utama membran sel normal serta menjaga keutuhan membran sel dalam proses-proses biologi, seperti aliran/rangsangan informasi, komunikasi intrasel, dan bioenergi. Selain itu, kolin juga dapat membantu fungsi normal otak melalui pembentukan neurotransmitter asetilkolin, yaitu bentuk senyawa kolin yang sangat berperan pada fungsi otak. Sumber kolin bisa didapatkan dari ASI dan suplemen kolin.

3. LEMAK

AA—DHA, merupakan asam lemak esensial (ALE) yang dibutuhkan dari luar, karena tubuh tidak dapat membentuknya sendiri. Keduanya penting untuk pembentukan membran sel, terutama sel saraf otak dan sel saraf retina. Bisa didapat dari minyak ikan, aneka ikan (salmon, sardin, ikan lele, makarel, hering, dan tuna), sayuran hijau, minyak kanola, kenari, biji gandum dan kacang kedelai, serta masih banyak lagi. Khusus untuk AA terdapat juga pada kacang tanah, daging, unggas, susu, minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak kedele, dan kenari.

4. VITAMIN

a. Vitamin B1 (tiamin) merupakan gizi esensial untuk kesehatan otak dan sel saraf. Bisa dijumpai pada biji-bijian dan makanan yang telah diperkaya seperti roti, nasi, pasta dan sereal sarapan.

b. Vitamin B5 (asam pantotenat) merupakan bentuk koenzim yang dapat membantu mengantar rangsangan saraf. Sumber vitamin B5 ada pada daging, unggas, ikan, sereal biji-bijian, susu, sayur dan buah.

c. Vitamin B6 (piridoksin) membantu mengubah tryptophan menjadi seretonin, zat kimia otak yang bisa menimbulkan rasa tenang bagi tubuh. Rendahnya kadar seretonin umumnya akan membuat orang cepat stres, sulit tidur, dan depresi. Sumber vitamin B6 bisa dijumpai pada daging ayam, ikan, hati, sereal biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan.

d. Vitamin B12 (sianokobalamin) membantu mempertahankan jaringan saraf agar tetap sehat. Sumber vitamin B12 ada pada telur, daging, ikan, unggas, serta susu dan produk olahannya.

5. MINERAL

a. Zat besi (Fe) diperlukan bagi pembentukan selubung saraf dan mencegah gangguan kecerdasan. Bahan makanan sumber Fe adalah ASI, daging, hati, jantung sapi, daging ayam, ikan, kuning telur, kacang-kacangan, kedelai, sayuran berdaun hijau, serealia, dan lain sebagainya.

b. Zink (seng) berfungsi untuk kekebalan dan merupakan bagian dari lebih 200 jenis enzim. Oleh karena itu zink penting bagi berbagai fungsi, termasuk pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, fungsi sensori, perlindungan antioksidan dan stabilisasi membran otak. Sumber zink yang utama adalah daging, unggas, ikan laut, produk susu dan serealia.

c. Yodium merupakan komponen dari hormon tiroksin yang berperan meningkatkan laju oksidasi dalam sel-sel tubuh. Sangat berperan untuk perkembangan mental serta kecerdasan (IQ). Terdapat pada sayur, daging merah dan ikan laut. Untuk menambah pasokan yodium dalam tubuh, dapat pula menambahkan konsumsi garam beryodium yang dicampur pada makanan untuk anak setiap hari.

Gazali Solahuddin. nakita

Narasumber:

dr. Luciana B. Sutanto, MS. Sp.Gk.,

dari Departemen Ilmu Gizi FKUI

PENTING TIDAKNYA SUPLEMEN

Di pasaran banyak kita temui aneka nutrien dalam suplemen yang katanya bisa mengoptimalkan perkembangan otak anak, seperti DHA (Docosahexaenoic Acid), AA (Aracidonad Acid) dan LA (Linoleat Acid), omega, dan lain sebagainya. Semua nutrien tersebut memang dibutuhkan otak untuk optimalisasi pertumbuhan. Tapi mengonsumsinya secara berlebihan tidak akan menjadikan otak tumbuh dan berkembang lebih baik dari optimal, karena otak tidak akan bisa menyerap gizi tambahan jika kebutuhan gizinya sendiri sudah terpenuhi dari makanan. Malah jika dosisnya berlebihan bisa menimbulkan masalah pada organ lain. Misalnya saja, kelebihan DHA dan AA menyebabkan hilangnya daya imunisasi tubuh, sedangkan kelebihan zat besi (Fe) dapat menyebabkan anak mudah mual dan muntah.

Sejatinya, kata Luci, jika menu makanan yang dikonsumsi anak setiap hari sudah mencakup semua nutrien yang dibutuhkan lewat menu empat sehat lima sempurna, suplemen tidak lagi dibutuhkan. Suplemen hanya diberikan pada anak yang susah makan atau yang perkembangan dan pertumbuhannya di bawah rata-rata usia anak pada umumnya.

TIP MENYAJIKAN MAKANAN SEHAT

Kecerdasan otak dapat tercapai secara optimal bila asupan nutrisinya seimbang dalam jumlah dan kualitasnya. Syarat untuk menyajikan makanan terbaik bagi kecerdasan, antara lain:

* Menggunakan produk segar

Bahan segar dan berkualitas merupakan unsur utama dalam makanan sehat bagi otak. Karena itu pergunakan sebanyak mungkin produk segar seperti buah-buahan, sayuran, seafood, unggas, daging, dan produk lainnya. Produk olahan biasanya mengandung bahan aditif yang kurang baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Jika mungkin pilihlah produk segar yang organik karena akan memberi efek positif untuk kesehatan. Pemakaian pestisida berlebihan dalam produk sayuran dan buah segar bisa berdampak negatif untuk tubuh.

* Olahan variatif

Jika ingin merasakan manfaat optimal dari bahan segar yang sudah dipilih, gunakan cara memasak yang sehat seperti mengukus, mengetim atau menumis. Makanan gorengan dan bakar bisa disajikan sekali-sekali sebagai selingan saja. Usahakan untuk kreatif dengan mencoba menambahkan bahan makanan dengan citra rasa berbeda.

* Padu Padan

Untuk menghindari kebosanan rasa, ibu harus kreatif memadupadankan makanan bahan baku protein, karbohidrat, lemak, dan lain-lain. Usahakan sedapat mungkin untuk tetap menjaga rasa alami dari bahan-bahan segar.

* Menyajikan

Sebaiknya sajikan makanan sesegar mungkin, karena itu olah makanan sesaat akan disajikan. Dengan cara ini bukan hanya tekstur dan rasa yang terjaga tetapi juga kualitas nutrisinya. Sajikan makanan berbahan segar dengan pelengkap yang sehat. Umpama, sup krim dengan roti gandum, atau salad buah segar dengan taburan kacang sangrai.

* Sesuai takaran

Hidangkan sesuai takaran porsi. Mulailah dari porsi kecil dulu. Secara alami anak dapat mengukur porsi makanan yang dia butuhkan dan kita pun bisa melihat berapa banyak yang telah masuk. Usahakan si buah hati merasa bebas untuk menentukan menu pilihannya yang membuat dia berselera.

* Peralatan sehat

Hindari penggunaan wajan, panci, pengaduk, sendok penggoreng dan peralatan makan yang terbuat dari bahan-bahan berbahaya. Beberapa produsen alat masak terkemuka sudah memasangkan label food grade pada produknya yang berarti aman digunakan untuk mengolah makanan.

* Suasana menyenangkan

Umumnya nafsu makan anak akan lebih baik jika dalam suasana santai, sehingga anak dapat makan lebih banyak.

Santi/berbagai sumber (nakita)

Iklan

5 Tanggapan to “ANEKA NUTRISI OTAK”

  1. Andi Rokhman said

    wah trimakasih pak penjelasannya . bisa nambah ilmu 🙂
    ditunggu kunjungan balik ke blog saya pak

  2. Maharani said

    Terima kasih umi…
    sangat bermanfaat untuk anti..

  3. Otak merupakan pusat sistem saraf kita, tanpanya bagian lain dari tubuh kita akan terpengaruh. Jadi, sangat penting jika kita merawat otak kita.

  4. rifka said

    thanks umm sangat mmembantu infonya

  5. terima kasih, ini penting bangetssss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: