Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

10 Seniman pahat pasir beserta karyanya yang menakjubkan

Posted by Abahnya Kautsar pada 15 November 2013

Bermain di pantai bagi sebagian orang hanyalah sebagai pengisi waktu luang atau liburan. Bermain ombak menulis di atas pasir atau sekedar menikmati deburan ombak sendirian ( ) atau ramai-ramai bersama teman ( )

Tetapi, ada beberapa orang yang mereka justru menghasilkan karya yang indah dari pantai, yaitu mereka memahat atau mengukir pasir menjadi bentuk-bentuk yang indah, ekstrim, dan unik. Mereka habiskan waktu mereka hanya untuk membuat karya hebat mereka. Karya mereka bisa berupa patung, bangunan kastil atau lainnya, sampai hanya sebatas pahatan di pasir datar dan hasilnya, wow.. amazing!!!

Di sini, akan kita lihat 10 orang pemahat pasir yang sangat terkenal dengan karya-karya mereka yang hebat.


1. Dan Belcher

Karya-karya lebih banyak berupa patung yang jika dilihat sekilas seperti tidak mungkin bahwa itu dibuat dari pasir. Tidak ada unsur batu dalam pahatannya, bahan yang digunakan hanyalah air dan pasir saja. Dan adalah pemenang pada tahun 2007 pada Solo World Champion perlombaan memahat pasir. Karya yang dibuatnya terdapat di sepanjang Amerika Utara, Australia, Jepang, Italia, dan Asia Tengah.

Berikut di antara karya-karyanya:




2. KingSand

KingSand merupakan sebuah kelompok pemahat pasir yang terdiri dari tiga orang (Dan Glover, Jeroen Meijer and Martijn Rijerse) yang telah menghasilkan karya yang menakjubkan dari bahan air dan pasir. Mereka bertiga juga telah berkeliling dunia dan memenangkan berbagai perlombaan dan kompetisi pembuatan patung dari pasir. Selain pahatan pasir, KingSand juga membuat karya dari es dan salju.

Berikut beberapa di antara karya-karya mereka:





3. Radovan Zivny

Radovan Zivny merupakan artis dari Ceko yang telah memahat sejak tahun 1999. Berpartisipasi dalam Kontes Pasir Internasional selama enam tahun, memenangkan sebagai juara dua dalam tahun 2007 pada PNE International Sand Sculpture Competition.

Berikut di antara karyanya:

4. Jim Denevan

Jim Denevan, ia lebih tepat disebut sebagai freehand drawing (pelukis di pasir) daripada sebagai pemahat pasir. Proses pembuatannya adalah dengan air yang telah surut, tongkat, dan perjalanan yang panjang. Masing-masing karyanya dihasilkan rata-rata dalam 7 jam, dan terkadang ia harus menempuh jarak 30 mil. Karyanya lebih kepada lukisan di pasir yang lebih mirip dengan crop circles.

Berikut adalah sebagian dari karya-karyanya:





5. Team Sandtastic

Mark Mason adalah sebagai ketua dalam Team Sandtastic, terdiri dari sekelompok pemahat yang mengerjakan karyanya hanya dari air dan pasir sehingga tercipta karya seni yang sangat detil. Tim ini termasuk dari rekan kerja dari American Express, Walt Disney, Jeep, and Delta.

Berikut di antara karya-karya mereka:





6. Helena Bangert

Seniman yang merupakan orang Latvia yaitu Helena Bangert adalah pemahat pasir yang memahat pasir sedikit keluar dari norma, karena biasanya karya pahatan pasir adalah berupa kastil/bangunan, akan tetapi dia membuat pahatan pasir berupa tokoh-tokoh semisal Pinhead dari film “Hellraiser”. Helena pernah belajar di Rietveld Art Academy di Amsterdam. Karya pertama yang dihasilkannya adalah ketika ia diundang dalam pameran pembuatan patung yang tidak jauh dari rumahnya di sebuah lokasi di pesisir pantai di Belanda.

Di antara karya-karyanya adalah:





7. Ilana Yahav

Ilana Yahav adalah seniman yang berbeda dari seniman-seniman lain. Ia mengerjakan karyanya dalam sebuah media, dan menggunakan jari-jarinya melukis di atas pasir. Ia membuat karyanya dengan gerakan tangannya.

Di antara karya-karyanya:



Dan ini adalah videonya:

 

8. Michel Lepire

Pemahat dari Quebec yaitu Michel Lepire telah memahat sejak tahun 1996, dan merupakan penyelenggara salah satu kompetisi patung pasir paling bergengsi di dunia, yaitu Les Internationaux de sculpture sur sable de Qubec, yang diadakan setiap bulan agustus di Kota Quebec.

Di antara karya-karyanya adalah:




9. Amazin Walter

Ia memulainya di pasir pantai selatan Pulau Padre, di Texas sejak tahun 1980-an, orang yang menyebut dirinya sebagai Amazin Walter adalah seorang perantau. Karyanya berupa ratusan kastil (bangunan) dari pasir yang berada di 6 negara dan juga di 13 tempat. Selain pemahat, dia juga seorang fotografer, kolektor perhiasan, badut, tukang sulap, dan juga musisi.

Di antara karya-karyanya:




10. Sandsational

Sandsational merupakan sekelompok pemahat profesional dengan latar belakang seni rupa, teknisi desain, dan penyelenggara seni. Sandsational membuat karya pahatan pasir sebagai ajang promosi merk-merk ternama seperti McDonalds and Harley Davidson.

Di antara karya mereka adalah:





Sumber: Diterjemahkan bebas dari: http://weburbanist.com/

Tinggalkan komentar