Kautsar

إن كنت لا تعلم فتلك مصيبة وإن كنت تعلم فالمصيبة أعظم

Benarkah Air Hujan Membawa Penyakit?

Posted by Abahnya Kautsar pada 16 November 2013

Musim hujan datang, banyak pula yang yang terserang flu, demam ataupun penyakit lainnya. Banyak yang mengira kalau penyebabnya karena kehujanan. Namun benarkah air hujan mengandung penyakit?

Sebenarnya sakit setelah kehujanan bukan disebabkan oleh air hujan tapi karena daya tahan tubuh yang menurun sehinga kondisi tubuh mengalami proses alamiah. Pada saat cuaca cerah suhu kita dalam kedaan normal, namun jika kehujanan tentu saja akan mengalami penyesuaian. Nah bagi kondisi tubuh yang prima dan daya tahan tubuhnya menunjang tentu tidak akan mengalami sakit, tapi bagi yang daya tahan tubuhnya sedang tidak stabil tentu akan mengalami sakit setelah basah diguyur hujan.

Jadi sebenarnya air hujan tidak mengandung sumber penyakit seperti yang Anda kira. Untuk menyesuaikan kondisi tubuh agar tidak sakit setelah kehujanan, cobalah tips berikut ini.

  • Saat hujan mengguyur dan membasahi anda, segeralah mandi air hangat, basahi seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk proses penyesuain suhu tubuh agar kembali normal.
  • Minumlah air hangat. Jika ada jahe itu lebih baik dan sangat dianjurkan agar suhu tubuh dapat menyesuaikan kembali setelah mengalami proses penurunan akibat dinginnya air hujan.
  • Jangan sampai perut anda kosong saat kehujanan, makanlah karena dengan mengkonsumsi kalori akan memperkuat daya tahan tubuh setelah kehujanan dan minumlah multi Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh menjadi prima.

Jadi sebenarnya air hujan tidak mengandung penyakit, yang perlu dijaga hanyalah kondisi tubuh agar tetap stabil.

Tinggalkan komentar